Info Parenting

Kenali Penyebab dan Cara Menangani Gangguan Psikologis pada Anak!

April 4, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Di tengah proses tumbuh-kembangnya, ada ancaman gangguan psikologis pada anak yang bisa memengaruhi kehidupannya ketika dewasa kelak. Untuk itu, setiap orangtua harus paham seperti apa penyebab dan jenis gangguan ini.

Gangguan psikologis atau mental ini bisa terjadi pada setiap anak. Di Amerika Serikat saja, American Psychological Association mencatat ada 15 juta anak dan remaja yang bisa didiagnosis mengalami gangguan mental.

Baca juga: Jangan Sepelekan, Ini Peran Ayah dalam Mendidik Anak Perempuan Mandiri!

Apa saja jenis gangguan psikologis pada anak?

Berikut ini merupakan jenis gangguan mental yang bisa terjadi pada anak:

  • Anxiety disorder: Anak dengan gangguan ini akan merespons hal atau situasi tertentu dengan ketakutan dan kengerian, juga dengan tanda-tanda kecemasan dan kegelisahan serta detak jantung yang cepat dan berkeringat
  • Disruptive behavior disorder: Anak dengan gangguan ini cenderung menentang peraturan dan tidak patuh pada lingkungan terstruktur seperti di sekolah
  • Eating disorder: Gangguan ini biasanya melibatkan emosi dan sikap yang kuat, juga perilaku yang tidak biasa, terkait dengan makanan atau berat badan
  • Elimination disorder: Gangguan ini memengaruhi perilaku terkait kebiasaan membuang kotoran tubuh seperti buang air besar atau kecil
  • Affective disorder: Kondisi ini membuat anak mengalami depresi, perasaan sedih yang kuat atau perubahan mood atau suasana hati yang sangat cepat
  • Skizofrenia: Merupakan kelainan serius yang menyangkut persepsi dan pikiran yang terbelah
  • ADHD: Anak yang mengalami gangguan ini biasanya hiperaktif dan kesulitan mengontrol sifat impulsif dan perhatian mereka

Apa saja penyebab gangguan psikologis pada anak?

Penyebab gangguan psikologis pada anak tidak diketahui secara pasti. Namun, laman kesehatan WebMD menyebut kombinasi beberapa faktor seperti genetik, biologis, trauma psikologis dan tekanan dari lingkungan sangat berperan di sini.

Berikut penjelasannya:

Masalah genetik

Masalah kesehatan mental dan gangguan psikologis bisa terjadi karena ada riwayat gangguan serupa di dalam keluarga.

Itu sebabnya beberapa anak lebih rentan secara genetik terkena gangguan psikologis jika ada riwayat seperti bipolar disorder pada orangtua mereka.

Biologis

Beberapa gangguan psikologis dikaitkan dengan zat kimia khusus di otak yang dinamakan neurotransmitter. Neurotransmitter ini membantu sel saraf di otak untuk berkomunikasi dengan seluruh sel tubuh lainnya.

Jika terjadi ketidakseimbangan zat kimia atau jika zat kimia ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, maka pesan-pesan yang disampaikan dari dan ke otak tidak akan berjalan dengan baik. Akibatnya, akan timbul berbagai gejala gangguan psikologis.

Selain itu, beberapa kelainan atau cedera di satu area otak juga kerap dikaitkan dengan gangguan psikologi yang bisa timbul pada anak.

Trauma psikologis

Gangguan psikologis juga bisa dipicu oleh trauma yang terjadi pada si Kecil. Beberapa trauma yang bisa terjadi dan perlu kamu waspadai adalah:

  • Sakit yang berkepanjangan
  • Pindah rumah atau sekolah
  • Menderita perundungan
  • Melihat kekerasan dalam rumah tangga
  • Dikasari oleh orang dewasa
  • Perceraian atau perpisahan orangtua
  • Kematian orang terdekat mereka
  • Merasa diacuhkan atau kurang perhatian

Bagaimana menangani gangguan psikologis pada anak?

Seperti masalah kesehatan lainnya, kesehatan psikologis pun perlu penanganan khusus. Namun, menangani masalah psikologis pada anak tidak semudah pada orang dewasa.

Hingga saat ini, para pakar masih mengkaji lebih jauh penanganan apa yang tepat digunakan pada anak-anak. Berikut ini adalah penanganan umum yang biasa diberikan pada anak yang mengalami gangguan mental:

Pengobatan

Banyak masalah psikologis yang bisa diatasi secara efektif dengan obat yang dikombinasikan dengan terapi. Obat yang biasa dipakai untuk anak-anak termasuk antidepresan, anti-anxiety, stimulan, mood stabilizing hingga antipsychotic.

Psikoterapi

Jenis konseling ini akan menyasar pada respons emosional gangguan psikologis yang dialami oleh anak. Dalam hal ini pakar kesehatan mental akan melatih anak untuk berdamai dan menerima masalah psikologis yang dia miliki.

Terapi khusus

Beberapa terapi khusus seperti terapi seni atau terapi bermain bisa dipakai untuk mengatasi masalah mental yang diderita oleh anak-anak. Terutama jika mereka kesulitan mengomunikasikan perasaan yang meraka rasakan.

Demikianlah berbagai masalah gangguan psikologis yang bisa terjadi pada anak. Selalu pahami dan awasi pertumbuhan mereka, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. WebMd, diakses 31 Maret 2021. Child Mental Illness: Schizophrenia, Anxiety, Behavior Disorders, and More
  2. Children1st.org.uk, diakses 31 Maret 2021. Causes of Mental Health Issues in Children
  3. VeryWellFamily, diakses 31 Maret 2021. Teen Mental Health Causes and Dangers
  4. American Psychological Association, diakses 31 Maret 2021. Children and Trauma: Update for Mental Health Professionals
    register-docotr