Info Parenting

Anak Picky Eater? Jangan Khawatir, Ikuti Tips Berikut Ini

June 15, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Berhadapan dengan anak picky eater adalah hal yang lumrah. Moms tidak perlu khawatir, ada kiat-kiat yang bisa Moms jalani untuk mengatasi hal ini.

Picky eater terjadi ketika anak tidak suka terhadap rasa, bentuk, warna atau tekstur dari makan-makanan tertentu. Biasanya sifat pilih-pilih makanan ini akan hilang seiring anak beranjak dewasa.

Jadi bisa dikatakan kalau picky eater ini adalah bagian dari perkembangan anak. Ini juga terjadi karena selera makan anak naik-turun, tergantung dari seberapa jauh anak berkembang dan seberapa aktif mereka.

Berikut ini adalah kiat yang bisa Mom ikuti untuk mengakali anak picky eater:

Buatlah waktu makan senyaman mungkin

Biasanya suasana dan kondisi akan memengaruhi keinginan anak untuk makan. Berikut ini tips untuk membuat suasana yang menarik minat makan anak:

  • Atur jadwal makanan utama dan makanan selingan (snack) yang teratur yaitu tiga kali makanan utama dan dua kali makanan kecil di antaranya. Susu dapat diberikan dua – tiga kali sehari (500-600 ml/hari).
  • Buat suasana makan menyenangkan dan hidup: jangan khawatir terhadap ceceran makanan dan minuman di lantai
  • Mulai dari yang kecil: Moms bisa mulai dengan bujuk anak untuk menjilat makanan terlebih dahulu, setelah itu usahakan agar bisa masuk ke mulut satu sendok dan beri apresiasi atas usaha mereka
  • Jangan paksa anak untuk mencoba makanan: jangan khawatir, di usia mereka, mereka memiliki banyak waktu untuk mencoba banyak makanan
  • Jangan hiraukan sikap pilih-pilih anak: jangan beri perhatian khusus terhadap perilaku ini, karena hanya akan membuat mereka berani dan terus memelihara sikap pilih-pilih ini
  • Buat makanan sehat menjadi menyenangkan: bisa dimulai dengan membentuk makanan semenarik mungkin. 
  • Matikan TV saat makan: supaya suasana makan menjadi lebih hidup ketika semua anggota keluarga berkumpul dan saling memperhatikan
  • Beri batasan waktu: usahakan waktu makan tidak lebih dari 30 menit. Karena sesuatu yang terlalu lama tidak menyenangkan

Moms bisa coba untuk mengombinasikan ragam makanan bernutrisi dalam setiap waktu wakan. Ajak anak untuk mengetahui jika Moms sedang mencoba makanan-makanan baru supaya mereka juga suka.

Makanan yang sehat dan suasana makan yang dapat mendorong keinginan untuk makan dengan menyenangkan adalah awal yang baik untuk anak.

Ajak anak menyiapkan makanan

Memaksa anak picky eater untuk makan adalah hal yang sulit. Tapi cobalah untuk mengajak mereka menyiapkan makanan dan sayur-sayuran sehat yang akan mereka makan.

Moms bisa mulai dari langkah kecil ini:

  • Ajak anak untuk memilih resep makanan
  • Ajak anak untuk mengeluarkan makanan dari kulkas
  • Ajak anak untuk mencuci sayur dan buah

Dengan mengajak anak menyiapkan makanan mereka, maka mereka akan menjadi bangga atas pencapaian tersebut dan lebih berkeinginan untuk memakan apa yang sudah mereka bantu untuk buat.

Terus coba dan bujuk

Beberapa anak mungkin butuh waktu untuk mencoba makan, mungkin butuh waktu 8, 10 atau bahkan 15 kali untuk bisa benar-benar menyukai makanan itu. 

Hindari memaksa anak makan, apalagi sampai memarahinya. Jangan membiasakan anak makan sambil melakukan aktivitas lain seperti bermain, menonton televisi, berjalan-jalan atau naik sepeda.

Jadi, bersabar dan sesekali ajak untuk mencoba makanan yang pernah mereka tolak selama itu bukan alergen mereka.

Jangan emosional

Terkadang penolakan yang diberikan anak dilakukan hanya untuk melihat reaksi atas Moms. Anak bahkan belum merasakan tapi sudah menolak makanan.

Karena itu, jangan sesekali bereaksi secara emosional terhadap penolakan yang diberikan oleh anak, karena bahkan anak usia 1 tahun bisa mengetahui adanya pengaruh yang mereka miliki terhadap Moms.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Raisingchildren.net.au (2019) diakses 11 Juni 2020. https://raisingchildren.net.au/toddlers/nutrition-fitness/common-concerns/fussy-eating
  2. Webmd.com (2018) diakses 11 Juni 2020. https://www.webmd.com/parenting/baby/picky-eater#1
  3.  IDAI. (2015) Diakses 11 Juni 2020. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/gerakan-tutup-mulut-gtm-pada-batita
    register-docotr