Kesehatan Wanita

Ladies, Ini Cara Mengetahui Kapan Waktu Ganti Pembalut yang Ideal!

January 17, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Kebersihan organ intim menjadi satu hal yang harus dijaga, terutama pada perempuan karena harus melewati masa menstruasi setiap bulannya. Oleh karena itu, mengetahui kiat memilih pembalut dan kapan harus menggantinya adalah satu hal yang penting.

The American College of Obstetricians and Gynecologist menyarankan agar kamu mengganti pembalut setidaknya setiap 4 jam sampai 8 jam sekali. Namun, angka tersebut masih bersifat umum.

Sebab untuk mengetahui seberapa sering kamu harus mengganti pembalut akan tergantung dari seberapa sering darah menstruasi keluar, jenis dari pembalut yang kamu gunakan dan kenyamananmu sendiri.

Cara mengetahui kapan harus ganti pembalut

Pembalut harus diganti sebelum terasa penuh. Kamu dapat memantau seberapa penuh pembalut sembari kamu buang air kecil, atau dengan mengira-ngira. Jika kamu merasa pembalut sudah terlalu basah atau tidak nyaman, maka gantilah.

Intinya, kamu harus menggantinya sesering mungkin untuk mencegah bocor dan tidak nyaman. Tidak lupa pembalut pun harus diganti untuk mencegah bau menstruasi, karena wilayah kemaluan yang lembap dan dekat anus akan menghasilkan perpaduan yang tidak sedap.

Bau yang tidak sedap pun bisa disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di wilayah tersebut. Oleh karena itu, memastikan wilayah vagina tetap kering dengan sering mengganti pembalut adalah hal yang tepat dilakukan. Termasuk kamu pun bisa terhindar dari risiko infeksi.

Di satu sisi, ada pembalut yang didesain lebih tebal agar mampu menampung cairan lebih banyak dan memberikan kamu lebih banyak waktu luang antar periode penggantian pembalut ini.

Jadi berapa pembalut yang harus digunakan perhari?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini, karena beberapa faktor bisa memengaruhi waktu yang kamu butuhkan untuk mengganti pembalut. Situs kesehatan Healthline menyebut dalam hitungan kasar kamu membutuhkan 4-5 pembalut per hari.

Beberapa faktor berikut ini bisa jadi akan membuat kamu membutuhkan lebih banyak lagi pembalut:

  • Olahraga: Keringat dapat membuat wilayah kewanitaan lebih basah dan bau. Olahraga pun bisa membuat pembalut menjadi bergeser dan tidak sengaja terjepit
  • Udara yang panas: Seperti yang sudah dijelaskan, kalau kamu sebisa mungkin harus memastikan organ kewanitaan kering di masa menstruasi. Tantangan ini akan semakin berat saat udara panas yang membuat wilayah itu menjadi lebih lembap
  • Aktivitas harian: Apapun rencana dan aktivitas yang akan kamu jalani, ada baiknya kamu mengganti pembalut sebelum melakukan aktivitas tersebut. Misalnya, sebelum rapat atau berkendara jarak jauh
  • Darah haid sedang keluar banyak: Hari pertama dan kedua masa haid biasanya merupakan yang terberat dan banyak darah yang keluar. 

Tips memilih pembalut

Saat ini, tiap pembalut memiliki desain dan kelebihan masing-masing dengan tujuan dan situasi penggunaan yang berbeda. Pembalut pun memiliki perbedaan di lebar, panjang, kemampuan menyerap serta dengan atau tanpa sayap.

Beberapa perbedaannya sebagai berikut:

  • Reguler: Pembalut tipe ini biasanya memiliki kemampuan menyerap yang sedang untuk darah yang keluar antara sedang dan berat.
  • Maxi: Pembalut maxi biasanya tebal. Tipe pembalut ini digunakan untuk kamu yang memiliki darah haid sedang hingga banyak
  • Super: Memiliki kemampuan menyerap yang lebih tinggi daripada yang lain
  • Tipis atau ultra tipis: Dari namanya sudah terbayang kalau jenis yang satu ini lebih tipis daripada produk pembalut kebanyakan. Biasanya dipakai di akhir periode menstruasi
  • Ramping: Dari namanya sudah dapat ditebak kalau pembalut yang satu ini ramping. Cocok untuk kamu yang menggunakan pakaian dalam yang lebih sempit
  • Overnight: Pembalut ini lebih panjang serta tipis daripada tipe pembalut lain. Beberapa produk lebih lebar di bagian belakang. Tujuannya, mencegah kebocoran saat kamu tidur

Dari tipe-tipe pembalut di atas, kamu tinggal memilih saja mana yang lebih cocok untuk jenis kegiatan dan seperti apa menstruasi yang kamu alami. 

Demikianlah berbagai penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk ganti pembalut dan memilih pembalut yang tepat untuk kebutuhan kamu. Selalu jaga kebersihan area kewanitaan kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 15 Januari 2021. https://www.healthline.com/health/menstruation/how-often-should-you-change-your-pad
  2. American College of Obstetricians and Gynecologists, diakses 15 Januari 2021. https://www.acog.org/womens-health/faqs/your-changing-body-puberty-in-girls
  3. VeryWellHealth, diakses 15 Januari 2021. https://www.verywellhealth.com/choosing-tampons-and-pads-3520910

 

    Berita Terkait
    register-docotr