Hidup Sehat

Unik dan Ampuh! Yuk Coba 7 Tips Hidup Sehat ala Korea Selatan Ini

September 9, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Jika selama ini di benakmu citra Korea Selatan hanya berkaitan dengan drama atau tren perawatan wajah tertentu, kali ini sudah saatnya menambah kata ‘kebiasaan hidup sehat’ untuk Negeri Ginseng tersebut.

Ya, Korea Selatan juga memiliki beberapa kebiasaan sehat yang patut dicoba. Simak ulasannya berikut ini!

Tips hidup sehat ala Korea Selatan

Dilansir Koreafood, di antara negara-negara berkembang yang tergabung dalam OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development), Korea Selatan adalah negara yang memiliki tingkat obesitas terendah di dunia.

Nah, berikut kebiasaan hidup sehat yang banyak diterapkan di Korea Selatan:

1. Makan banyak sayuran

Di Indonesia, makanan Korea sangat identik dengan menu daging seperti bulgogi dan sejenisnya. Padahal menu seperti itu bukan sajian yang terhidang sehari-hari di meja makan orang Korea.

Harga daging di Korea Selatan sendiri terbilang mahal. Jadi sehari-hari mereka lebih banyak mengonsumsi sayuran dalam jumlah yang banyak dan beragam.

Orang Korea Selatan juga dikenal memiliki berbagai cara mengolah sayuran agar tidak terasa membosankan saat dimakan. Ini adalah salah satu faktor mengapa tubuh mereka sehat dan tidak mudah sakit.

Baca juga: Praktis dan Mudah Diolah, Apa Kandungan Gizi yang Dimiliki Telur?

2. Gemar makan sajian yang berasal dari laut

Selain karena harga daging yang realtif mahal, kondisi geografis Korea Selatan yang dikelilingi beberapa lautan juga membuat negara ini kaya akan produk laut.

Tak heran jika ikan, kerang, udang, cumi, dan sejenisnya adalah salah satu menu utama harian penduduknya setiap hari.

Seperti yang kita tahu, produk sajian laut alias seafood memiliki kadar protein dan mineral tinggi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

3. Memanfaatkan proses fermentasi dalam olahan makanan

Salah satu makanan yang menjadi ciri khas Korea Selatan dan berhasil mendunia ke berbagai negara adalah kimchi.

Ya, makanan yang terbuat dari sawi ini melewati proses fermentasi dengan berbagai bumbu dan rempah, sampai menghasilkan cita rasa asam yang menggugah selera.

Kimchi sendiri merupakan jenis makanan yang bisa membantu sistem pencernaan menjadi seimbang. Ini karena kimchi dapat membantu menambah jumlah bakteri baik di dalam usus.

Dengan lebih dari 200 variasi, makanan ini memiliki rasa yang segar dan bertekstur renyah. Jadi akan sangat cocok dijadikan hidangan sampingan bersama makanan apapun.

4. Tak sembarangan memilih camilan

Meski ada banyak gerai makanan cepat saji, namun masyarakat korea terbilang jarang mengonsumsinya.

Kudapan favorit mereka umumnya adalah makanan-makanan tradisional seperti siomay, kimchi, dan jajanan yang terbuat dari tepung beras.

Kebiasaan ini tentu sedikit banyak ikut berkonstribusi dalam mendukung gaya hidup sehat yang diterapkan di sana.

Mereka jadi tidak banyak mengonsumsi lemak jahat, gula, dan zat-zat pewarna berbahan kimia yang membayahakan kesehatan.

Baca juga: Cara Tepat Gunakan Candesartan, Obat untuk Tekanan Darah Tinggi

5. Makan pagi dalam porsi kecil

Meski jenis makanannya beragam, orang Korea Selatan memiliki kebiasaan sarapan pagi dengan porsi yang sedikit atau secukupnya.

Jadi meski di meja makan terjadi nasi, telur, sayuran, dan daging, mereka hanya akan mengonsumsinya dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Rutinitas seperti ini tidak hanya membiasakan mereka untuk makan seperlunya, namun secara tidak langsung juga menjaga tubuhnya dari risiko kelebihan berat badan.

6. Senang berjalan kaki

Kondisi lalu lintas di Korea Selatan yang padat dan rentan macet membuat mereka lebih memilih menggunakan transportasi umum. Namun jika saat menggunakan transportasi umum mereka harus berdesakan, maka mereka akan lebih memilih untuk berjalan kaki.

Orang dewasa di Seoul rata-rata diketahui berjalan kaki sebanyak 10 ribu langkah sehari hanya untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Kebiasaan ini tidak hanya membuat otot dan tulang menjadi sehat, juga bisa menjadi sarana membakar kalori yang berlebihan.

7. Menikmati aktivitas di luar ruangan

Dilansir Huffington Post, orang Korea Selatan sangat suka melakukan aktivitas di alam terbuka. Misalnya melaukan beberapa jenis kegiatan seperti berkebun, berkemah, atau mendaki bukit.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kegiatan-kegiatan semacam itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan mental maupun fisik seseorang.  

Demikian informasi tentang kebiasaan hidup sehat ala warga Korea Selatan yang bisa kamu coba. Mana yang juga sudah sering kamu lakukan, nih?

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

8 Korean Lifestyle Tips to Lose Weight (and Keep It Off), https://www.huffpost.com/entry/south-korea-living-well_n_5a78c8c9e4b00f94fe940da5 diakses pada 8 September 2020

What South Korea Can Teach The World About Living Well, https://www.koreafoods.co.uk/8-korean-lifestyle-tips-to-lose-weight-and-keep-it-off/ diakses pada 8 September 2020

    Berita Terkait
    register-docotr