Kesehatan Seksual

Yuk, Kenali Apa itu “Sexual Performance Anxiety” dan Cara Mengatasinya

September 22, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Sexual performance anxiety atau kecemasan kinerja seksual umumnya memengaruhi pria dari segala usia. Hal inilah yang kemudian menyebabkan masalah lain, mulai dari ejakulasi dini hingga disfungsi ereksi.

Kondisi ini biasanya menyebabkan seorang pria merasa gugup, cemas, atau tidak nyaman sebelum dan selama melakukan aktivitas seksual. Nah, untuk lebih jelasnya berikut penjelasan dan cara mengatasi sexual performance anxiety.

Baca juga: Bergairah di Saat Tidak Tepat? Begini Tips Mudah untuk Menahan Hasrat Seksual!

Apa itu sexual performance anxiety?

Kecemasan kinerja seksual adalah perasaan gugup sebelum dan selama berhubungan seksual dimana biasanya memengaruhi pria dari berbagai kalangan usia atau latar belakang.

Dilansir dari Webmd, emosi ada hubungannya dengan fokus pada seks sehingga menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa bergairah. Banyak kekhawatiran berbeda yang dapat menyebabkan masalah kecemasan kinerja seksual.

Beberapa hal yang memengaruhi, antara lain takut jika tidak bisa tampil memuaskan pasangan di tempat tidur, citra tubuh buruk, masalah dalam hubungan, serta kecemasan karena sulit orgasme.

Gugup tentang aktivitas seksual secara umum mungkin akan menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak hormon stres seperti epinefrin dan norepinefrin. Bagi banyak pria, hal ini bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan membuat aktivitas seksual menjadi lebih sulit dan kurang memuaskan.

Terkadang, kecemasan kinerja seksual atau sexual performance anxiety bisa memburuk seiring waktu. Hal ini dipicu karena satu pengalaman buruk akan menciptakan lebih banyak kecemasan dan stres tentang aktivitas seksual.

Satu studi tahun 2005 menunjukkan bahwa kecemasan kinerja adalah salah satu faktor paling terkait erat dengan disfungsi seksual baik pada pria maupun wanita.

Sementara, sebuah studi yang lebih baru tahun 2020 juga menemukan bahwa kecemasan kinerja seksual menyebabkan disfungsi seksual.

Bagaimana cara mengatasi sexual performance anxiety?

Kecemasan kinerja seksual atau sexual performance anxiety dapat terjadi karena berbagai alasan sehingga biasanya pengobatan berfokus pada faktor penyebab.

Terkadang, kecemasan akan kinerja seksual dapat teratasi dengan sendiri ketika kamu menjadi lebih akrab dan nyaman dengan pasangan.

Dalam kasus lain, kecemasan kinerja seksual mungkin hilang ketika kamu dapat mengidentifikasi dan mengelola sumber stres yang menjadi penyebab utama. Beberapa pilihan pengobatan yang bisa diberikan dengan seorang penderita sexual performance anxiety, yakni:

Bicarakan dengan terapis

Jika kamu mengalami kecemasan kinerja seksual, maka menemui dokter atau terapis merupakan pilihan tepat. Biasanya, dokter akan memeriksa dan melakukan beberapa tes untuk memastikan kondisi kesehatan.

Selama pemeriksaan, dokter juga akan menanyakan tentang riwayat seksual untuk mengetahui berapa lama masalah sudah terjadi dan penyebab utama yang mengganggu kehidupan seks.

Konseling dan terapi seks bersama dokter ahli biasanya sangat membantu dalam mengatasi masalah yang dialami.

Bersikaplah terbuka dengan pasangan

Bersikap terbuka, seperti membicarakan tentang masalah kecemasan dengan pasangan dapat membantu meredakan beberapa kekhawatiran.

Ketika kamu mencoba mencari solusi bersama, maka hubungan dengan pasangan bisa lebih dekat dan dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual.

Memberikan pijatan sensual

Kecemasan kinerja seksual bisa diatasi dengan mempelajari bagaimana menjadi intim tanpa hubungan seksual. Salah satu yang bisa dilakukan adalah memberikan pasangan pijatan sensual atau mandi dengan air hangat bersama.

Konsumsi obat

Obat ejakulasi dini, seperti sildenafil, tadalafil, dan vardenafil bisa digunakan dalam pengobatan kecemasan kinerja seksual. Obat ini akan memberikan kepercayaan diri lebih bagi pria dengan masalah kinerja seksual.

Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan ini maka ada baiknya untuk mendiskusi dahulu dengan dokter.

Alihkan perhatian

Masalah kecemasan kinerja seksual bisa diatasi dengan mengalihkan perhatian, seperti memutar musik romantis atau menonton film seksi saat berhubungan seksual. Mengalihkan pikiran dari kinerja seksual dapat menghilangkan kekhawatiran yang membuat kamu tidak bersemangat.

Perlu diingat, jangan menyalahkan diri sendiri tentang penampilan atau kemampuan di tempat tidur.

Hal paling tepat untuk masalah ini adalah mencari bantuan dengan dokter ahli untuk mengatasi kecemasan kinerja seksual sehingga kamu bisa kembali menjalani kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan.

Baca juga: Apa Penderita PCOS Bisa Hamil? Ketahui Efek Samping dan Komplikasinya

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd (2020), diakses 21 September 2020. Sexual Performance Anxiety
  2. Forhims.com, diakses 21 September 2020. Sexual Performance Anxiety and ED: What You Need to Know
    Berita Terkait
    register-docotr