Puasa

Apa yang Terjadi pada Tubuh saat Berbuka Puasa? Ini Makanan yang Direkomendasikan!

April 21, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Ada berbagai hal yang terjadi di dalam tubuh ketika kamu berpuasa dan berbuka. Mulai dari penggunaan lemak sebagai sumber energi, hingga peningkatan gula darah ketika kamu berbuka.

Apa yang terjadi di dalam tubuh tentu saja dipengaruhi oleh absennya makanan dan minuman yang masuk ke tubuh. Ketika hal ini kembali terjadi saat kamu berbuka, ada respons yang dihasilkan tubuh.

Apa yang terjadi saat berpuasa?

Tubuh membutuhkan energi, sumber utama untuk memenuhi kebutuhan ini adalah glukosa yang biasanya berasal dari karbohidrat, buah hingga sayuran yang kamu makan. Ketika puasa, tubuh membutuhkan cara lain untuk mendapatkan sumber energi.

Setelah 8 jam kamu berpuasa, lever akan menggunakan persediaan terakhir glukosa yang dia simpan. Pada titik ini, tubuh memasuki fase yang disebut glukoneogenesis.

Fase ini membuat jumlah kalori yang kamu bakar meningkat. Karena ketika tidak ada karbohidrat yang masuk, tubuh menghasilkan glukosanya sendiri, paling banyak sumbernya dari lemak di dalam tubuh.

Baca juga: Tak Cuma Lapar dan Haus, Ini yang Terjadi pada Tubuh Saat Kamu Berpuasa

Respons tubuh ketika kembali makan

Pada dasarnya jika kamu tidak makan dalam waktu lama, baik karena puasa atau tidur di malam hari, gula darah atau glukosa yang dibutuhkan untuk membuat otot dan otak bertenaga sangat rendah.

Itu sebabnya, level glukosa akan meningkat kembali ketika kamu makan saat berbuka. Glukosa ini bersumber dari karbohidrat yang kamu konsumsi seperti nasi atau roti.

Selanjutnya level glukosa yang naik ini akan kembali normal setelah beberapa jam, karena insulin telah mengerahkannya ke tiap sel dalam tubuh.

Karena sudah ada asupan makanan, maka tubuh akan kembali bertransisi menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi.

Tubuh kembali terhidrasi

Ketika kamu berbuka, maka tingkat hidrasi tubuh pun akan kembali meningkat. Makanan dan minuman yang kamu konsumsi sangat berperan mengembalikan cairan di dalam tubuh.

Tingkat hidrasi yang menurun memang menjadi satu kondisi yang umum ditemui saat berpuasa. Itu sebabnya jika kamu terbiasa meminum minuman berkafein seperti teh atau kopi di siang hari, kamu akan mengalami sakit kepala atau kelelahan karena kekurangan kafein.

Yang harus diperhatikan ketika berbuka

Makan dalam jumlah banyak dan sesegera mungkin menghilangkan rasa lapar memang menjadi hal yang menggoda ketika berbuka. Meskipun demikian, kebiasaan ini tidak boleh terus kamu praktikkan.

British Nutrition Foundation menyebut kamu harus akan secara perlahan saat berbuka. Hal ini untuk membiasakan tubuh dengan masuknya makanan setelah seharian tidak diisi.

Kamu pun harus minum banyak cairan, karena itu minumlah air putih, minuman rendah lemak serta makan makanan kaya akan cairan. Karena memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi sangat penting agar kamu kuat menghadapi puasa di hari berikutnya.

Perubahan pola makan dan minum sepanjang hari ketika berpuasa bisa membuat beberapa orang terkena konstipasi. Oleh karena itu, pastikan kamu memakan makanan kaya serat dan kaya cairan ketika berbuka.

Apa saja makanan yang direkomendasikan untuk berbuka?

Ketika berbuka, segeralah minum air putih dan makan makanan yang mengandung pemanis alami. Berikut ini adalah rekomendasinya:

  • Minuman: Air, susu, jus buah atau smoothies. Air akan menjaga tingkat hidrasi tanpa ekstra kalori atau tambahan gula. Minuman dari susu dan buah akan memberikan gula alami dan nutrisi
  • Kurma: Buah kurma menjadi satu makanan yang baik untuk sumber energi ketika berbuka. Buah ini merupakan sumber mineral seperti potasium, zat tembaga dan serat yang baik
  • Buah: Buah-buahan mengandung gula alami yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh
  • Sup: Merupakan makanan enteng bagi tubuh ketika berbuka dan menyediakan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh

Setelah berbuka dan hendak mengonsumsi makanan berat, pastikan kamu memakan makanan dengan gizi seimbang, ya! 

Demikianlah berbagai penjelasan tentang apa yang terjadi ketika kamu berbuka di dalam tubuh. Selalu konsumsi makanan sehat selama kamu berpuasa, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. MedicalNewsToday, diakses 20 April 2021. What happens if you don’t eat for a day? Timeline and effects
  2. MedicalNewsToday, diakses 20 April 2021. Does it matter which foods you break a fast with?
  3. Harvard Health Publishing, diakses 20 April 2021. Breaking the fast – Harvard Health
  4. WebMd, diakses 20 April 2021. Blood Glucose (Blood Sugar): How It’s Made, How It’s Used, Healthy Levels
    register-docotr