Kesehatan Pria

Tengah Merencanakan Punya Anak? Simak Cara Meningkatkan Kesuburan sang Suami

August 9, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Cara meningkatkan kesuburan pria sangat erat kaitannya dengan kondisi kualitas sperma yang baik. Sedangkan kualitas sperma yang baik sangat dipengaruhi oleh usia, gaya hidup hingga kondisi medis.

Sperma yang sehat membuat tingkat kesuburan seorang pria menjadi lebih tinggi. Jika tingkat kesuburannya tinggi, maka kemungkinan seorang pria untuk membuat wanita menjadi hamil juga akan tinggi.

Baca Juga: Punya Sperma Sehat Penting Bagi Kesuburan Pria, Apa Saja Ciri-cirinya?

Cara meningkatkan kesuburan pria

Bicara tentang kesuburan seorang pria, maka akan mengacu pada kemampuan seorang pria untuk bereproduksi. Oleh karena itu, mengetahui bagaimana cara meningkatkan kesuburan pria merupakan hal yang sangat penting.

Berikut beberapa cara meningkatkan kesuburan pria yang bisa kamu lakukan:

Rutin olahraga

Melakukan olahraga secara teratur memiliki kontribusi yang cukup besar untuk meningkatkan kualitas sperma sehingga tingkat kesuburan yang dimiliki pun juga akan meningkat.

Rutin olahraga juga membantu kamu agar tidak mengalami obesitas. Sedangkan obesitas merupakan salah satu kondisi yang mampu membuat kualitas sperma menjadi buruk.

Tidak perlu olahraga yang berat atau bahkan berlebihan. Kamu bisa memulainya dari jalan-jalan kecil selama 20 menit, melakukan push-up, atau melakukan aktivitas fisik seperti mengerjakan pekerjaan rumah.

Cara meningkatkan kesuburan pria dengan berhenti merokok

Rokok mengandung ribuan bahan kimia yang memiliki konsekuensi besar bagi kualitas sperma dan kesuburan seorang pria.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perokok memiliki kualitas dan jumlah sperma yang jauh lebih rendah dibanding orang yang tidak merokok.

Hindari mengonsumsi alkohol dan kopi

Setelah berhenti merokok, cara meningkatkan kesuburan pria selanjutnya yakni mengurangi minum kopi dan berhenti minum minuman beralkohol.

Sebuah penelitian pada 2017 yang melibatkan hampir dari 20.000 pria menunjukkan bahwa kafein yang terkandung dalam soda maupun kopi mampu merusak kualitas sperma.

Sedangkan penelitian lain menemukan bahwa mengonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu dalam satu minggu akan menurunkan jumlah sperma dalam satu kali ejakulasi.

Konsumsi makanan bernutrisi sebagai cara meningkatkan kesuburan pria

Kesuburan pria erat kaitannya dengan sperma yang berkualitas baik. Menjaga asupan makanan sehat dan penuh nutrisi sangat berpengaruh terhadap kualitas sperma.

Berikut beberapa jenis nutrisi yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesuburan pria:

Vitamin B-12

Vitamin B-12 mampu melindungi sperma dari peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas berbahaya di tubuh. Vitamin B-12 ini banyak ditemukan dalam daging, ikan, dan susu.

Vitamin C

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat menambah jumlah sperma menjadi lebih tinggi dalam beberapa bulan.

Protein dan omega-3

Protein merupakan bahan baku untuk membentuk seluruh sel dan jaringan tubuh, termasuk sperma. Sedangkan omega-3 memiliki manfaat untuk meningkatkan jumlah sperma.

Kamu bisa mendaptkan protein dan omega-3 dari ikan, telur, dan daging tanpa lemak.

Zinc

Manfaat zinc dipercaya mampu meningkatkan dan membuat pergerakan sperma menjadi lebih lancar. Kamu bisa mendapatkan zinc jika mengonsumsi makanan seperti daging, produk olahan susu, roti, kerang dan sereal.

Konsumsi suplemen penambah kualitas sperma

Mengonsumsi suplemen juga mampu menambah kualitas sperma. Sebuah studi penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi suplemen seperti D-aspartic acid (D-AA) mampu meningkatkan kadar testosteron.

Testosteron merupakan hormon yang memiliki peran penting dalam proses produksi sperma.

Cara meningkatkan kesuburan pria dengan hindari stres

Stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan akhirnya menghambat tingkat kesuburan. Para peneliti percaya bahwa kondisi stres berkepanjangan dapat meningkatkan kadar kortisol.

Kondisi ini memiliki efek negatif yang kuat pada hormon testosteron. Saat kortisol naik, kadar testosteron akan cenderung menurun.

Lakukan manajemen stres sederhana dengan liburan, bermeditasi, olahraga, atau menghabiskan waktu bersama teman.

Baca Juga: Lengkuas Tak Cuma Lezatkan Masakan, Bumbu Dapur Ini Bisa Tingkatkan Kesuburan Pria!

Ciri-ciri sperma sehat

Sperma yang sehat dan berkualitas memiliki ciri-ciri seperti:

Jumlah

Jumlah sperma yang sehat adalah sekitar 15 juta atau lebih untuk setiap mililiter (mL) sperma.

Semakin banyak sperma yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan sperma tersebut akan berhasil melalui sistem reproduksi wanita.

Gerakan

Gerakan atau motility sperma sangat berpengaruh pada kesuburan pria. Dibutuhkan sperma yang kuat dan sehat untuk bisa berenang dan bergerak dengan cepat menuju sel telur.

Bentuk

Sperma yang sehat memiliki bentuk seperti kepala yang bulat dan ekor yang panjang dan kuat. Sperma yang memiliki bentuk sempurna seperti itu lebih mungkin untuk mencapai sel telur.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. healthline.com (2018). Diakses 6 Agutus 2020. https://www.healthline.com/health/mens-health/mens-guide-healthy-fertile-sperm#definition-of-healthy-sperm

2. academic.oup.com (2006). Diakses 6 Agustus 2020. https://academic.oup.com/humrep/article/22/1/188/2939487

3. ncbi.nlm.nih.gov (2015). Diakses 6 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4639396/

4. nhs.uk. Diakses 6 Agustus 2020. https://www.nhs.uk/conditions/low-sperm-count/

5. liebertpub.com (2006). Diakses 6 Agustus 2020. https://www.liebertpub.com/doi/10.1089/jmf.2006.9.440

6. bmjopen.bmj.com. Diakses 6 Agustus 2020. https://bmjopen.bmj.com/content/4/9/e005462

7. ncbi.nlm.nih.gov (2017). Diakses 6 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5482951/

8. academic.oup.com (2005). Diakses 6 Agustus 2020. https://academic.oup.com/humrep/article/20/1/208/671585

9. healthline.com (2020). Diakses 6 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/boost-male-fertility-sperm-count#What-is-male-infertility?

10. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2015). Diakses 6 Agustus 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/26057063/

11. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2005). Diakses 6 Agustus 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16275242/

12. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2012). Diakses 6 Agustus 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22234399/

    Berita Terkait
    register-docotr