Kamus Penyakit

Waspada! Ini yang Bisa Terjadi Jika Suhu Badan di Bawah 35 Derajat Celcius

August 6, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sekarang ini mengukur suhu tubuh adalah hal yang wajib dilakukan untuk menghindari risiko Covid-19. Tetapi apakah normal jika suhu badan di bawah 35 derajat? Berikut penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Suhu Tubuh Normal Tidak Selalu 37° Celcius Lho, Ini Penjelasannya

Apa artinya suhu badan di bawah 35 derajat?

Ternyata suhu tubuh di bawah 35 derajat bisa jadi berbahaya bagi kesehatan kamu lho. Suhu tubuh rendah seringkali disebut dengan hipotermia

Bahkan yang lebih parahnya, jika suhu badan di bawah 35 derajat dapat mengancam jiwa karena memperlambat sistem kerja saraf dan berujung pada kegagalan fungsi organ jantung dan pernapasan, serta kematian.

Selama terjadi paparan dengan suhu dingin, tubuh bisa kehilangan suhu panas hingga 90 persen melalui kulit dan proses pernapasan.

Seringkali banyak orang yang menganggap masalah ini adalah masalah yang biasa. Biasanya jika hipotermia terjadi ada orang dewasa, gejala yang akan dirasakan antara lain menggigil, bicara tidak jelas, pernapasan yang pendek dan pelan, serta perlahan-lahan hilang kesadaran. 

Sedangkan jika hipotermia terjadi pada bayi gejala yang terjadi adalah kulit dingin dan berwarna merah.

Penyebab suhu badan di bawah 35 derajat

Pada dasarnya suhu tubuh di bawah 35 derajat tidak boleh terjadi karena dapat menjadi masalah yang serius. Inilah beberapa penyebab suhu tubuh rendah, antara lain:

  • Terlalu lama berada di tempat yang sangat dingin
  • Menggunakan pakaian yang tipis saat cuaca dingin
  • Terlalu lama berada di dalam air
  • Terlalu lama menggunakan pakaian yang basah
  • Faktor usia, biasanya suhu badan rendah atau hipotermia sering dialami oleh bayi dan lansia

Jadi, jika kamu mengalami gejala-gejala di atas jangan sepelekan ya. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui apa yang kamu alami dan mendapat pertolongan dari dokter segera.

Jangan sampai terlambat menanganinya, karena jika diabaikan dapat membahayakan kesehatan kamu dan berakibat fatal. Jadi harus tetap waspada dan hati-hati ya!

Baca Juga: Suhu Tubuh Bayi Mendadak Naik atau Turun, Apa yang Perlu Dilakukan Moms?

Cara mengatasi suhu badan di bawah 35 derajat Celcius

Jika mengalami kondisi seperti ini, harus mendapatkan penanganan dan pengobatan segera agar tidak berakibat fatal. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Langkah awal yang dapat kamu lakukan dengan memindahkan orang tersebut dari tempat dingin ke tempat yang lebih hangat dan kering. 
  • Jika berada di luar ruangan atau tempat dingin, buatlah tenda untuk melindungi orang tersebut dari cuaca dingin atau angin kencang. Selain itu kamu juga bisa menempatkannya pada sleeping bag agar lebih hangat.
  • Jika pakaian dalam keadaan basah, bukalah pakaian yang basah, lalu robek bila perlu. Kemudian ganti baju dengan pakaian yang hangat.
  • Setelah itu bungkus badannya dengan selimut hingga kepala dengan hanya menyisakan bagian wajah yang terbuka.
  • Jika memungkinkan, kamu lakukan kontak kulit ke kulit (skin to skin) dengan cara bukalah baju kamu kemudian bungkus diri kamu bersama orang yang sedang mengalami hipotermia dengan menggunakan selimut. 
  • Jika dalam keadaan masih sadar, berikan minum hangat pada penderita hipotermia untuk menghangatkan tubuh. Tetapi harus diingat jangan sesekali memberikan minuman yang mengandung alkohol atau kafein.
  • Jika penderita hipotermia tidak sadarkan diri, lakukan prosedur CPR (cardiopulmonary resuscitation) sampai nadi kembali teraba atau hingga tenaga medis datang. Jika sudah sadar, berilah minuman hangat sesegera mungkin.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. mayoclinic.org (2020) diakses 4 Agustus 2020. Hypothermia. 4 Agustus 2020 pukul 16.30,
  2. betterhealth.vic.gov.au (2013) diakses 4 Agustus 2020. Hypothermia. 4 Agustus 2020 pukul 17.00.
    register-docotr