Kamus Penyakit

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

July 21, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Banyak orang menduga bahwa ketika merasakan sakit perut di sebelah kanan berarti menderita penyakit usus buntu. Padahal ada beberapa penyebab lainnya yang juga harus kamu waspadai. Berikut ini deretan faktor penyebab sakit perut sebelah kanan. 

Penyebab sakit perut sebelah kanan

Dilansir dari Healthline, perut sebelah kanan bawah adalah rumah bagi usus besar dan untuk sebagian wanita juga adanya ovarium.

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan kamu merasa sakit pada bagian tersebut, mulai dari yang ringan hingga parah.

Walaupun banyak orang membiarkannya begitu saja ketika merasa sakit di bagian tersebut, tetapi bagi kamu yang mengalami secara terus-menerus segera periksa ke dokter. 

Berikut ini beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan:

1. Hernia

Hernia terjadi ketika bagian tubuh atau organ dalam mendorong melalui jaringan atau otot yang menahannya. Ada beberapa jenis hernia, sebagian besar terjadi di perut. Setiap jenis penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah tertentu.

Gejala umum yang akan kamu rasakan seperti rasa sakit saat tertawa, menangis, batuk, atau mengejan, dan merasa kenyang atau sembelit. 

2. Gas perut 

Saat makanan tidak dicerna dengan baik oleh perut, biasanya gas akan menumpuk di usus. Kondisi tersebut tentunya akan menyebabkan rasa tidak nyaman, kembung hingga sakit perut yang parah. 

Pada umumnya ketika perut kamu sakit karena gas tersebut hanya akan berlangsung selama beberapa jam saja.

Namun, jika terjadi lebih dari hitungan minggu, dan perut sebelah kananmu masih terasa sakit bisa jadi itu adalah sakit yang disebabkan oleh intoleransi laktosa. 

3. Infeksi ginjal

Penyebab lainnya bisa jadi karena infeksi ginjal yang disebabkan oleh bakteri dari kandung kemih, ureter atau uretra. Satu atau kedua ginjalmu bisa terkena saja infeksi.

Meskipun kamu merasakan sakit di perut bagian bawah, rasa tidak nyaman akibat infeksi ginjal lebih sering terjadi di punggung, bagian samping, atau pangkal paha.

Gejala lain yang termasuk infeksi ginjal selain sakit perut sebelah kanan, yaitu: 

  • Demam
  • Panas dingin
  • Mual 
  • Muntah
  • Sering buang air kecil 
  • Rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil 
  • Nanah atau darah dalam urine Anda
  • Urine yang keruh atau bau

Ketika kamu mengalami beberapa tanda di atas, sebaiknya segera mendapatkan penanganan yang tepat. Hal tersebut karena jika tidak diobati, infeksi ginjal dapat menyebabkan kerusakan permanen. 

Baca juga: Cara Mencegah Batu Ginjal: Mulai dari Jaga Pola Makan hingga Tubuh Cukup Terhidrasi

4. Batu ginjal

Penyakit ini terjadi karena adanya penumpukan mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal.

Pada awalnya kamu mungkin tidak merasakan sakit apa pun, sampai batu ginjal tersebut mulai bergerak atau mengalir ke dalam tabung yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih.

Ketika ini terjadi, kamu akan merasakan sakit yang parah di punggung dan  di bawah tulang rusuk. Tak hanya itu saja, kamu juga akan merasakan sakit yang luar biasa pada bagian perut dan pangkal paha. 

Intensitas dan lokasi rasa sakit dapat berubah ketika batu ginjal bergeser dan bergerak melalui saluran kemih. Gejala lain yang akan timbul jika kamu menderita penyakit batu ginjal adalah: 

  • Buang air kecil terasa menyakitkan
  • Urine berwarna merah muda, merah, atau coklat
  • Urine yang keruh atau bau
  • Mual
  • Muntah
  • Sering buang air kecil
  • Demam dan kedinginan, jika ada infeksi

5. Radang usus buntu 

Kondisi ini sering disebut juga apendisitis. Radang usus buntu biasanya terjadi ketika terdapat penyumbatan pada usus buntu karena infeksi. 

Hal itu tentu akan menimbulkan pembengkakan yang perlu diatasi secepatnya. Radang usus buntu ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kanan bawah yang diiringi dengan mual, muntah, kembung, sembelit, dan demam.

Jika sudah mengalami sakit perut di sebelah kanan secara terus-menerus sebaiknya segera periksa ke dokter agar bisa diobati sesuai dengan diagnosis yang benar. 

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses 16 Juli 2020. What’s Causing Pain in My Lower Right Abdomen?
  2. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 16 Juli 2020. What is this pain in my lower right abdomen?
  3. Webmd.com (2019) diakses 16 Juli 2020. Understanding Appendicitis — Symptoms

 

    register-docotr