Kamus Penyakit

Lakukan Pencegahan Kanker Prostat Berikut Sebelum Terlambat

August 15, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Kanker prostat menjadi salah satu penyakit kanker yang mebayang-bayangi pria, terutama yang sudah lanjut usia. Pencegahan kanker prostat dapat dilakukan untuk mencegahnya berkembang lebih cepat.

Cara pencegahan ini juga sebaiknya dilakukan oleh mereka yang memiliki risiko tinggi terkena kanker prostat. Apa saja cara yang bisa dilakukan? Simak di bawah ini!

Apa itu kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada kelenjar prostat. Prostat adalah kelenjar kecil yang ditemukan di perut bagian bawah pria. Itu terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra. Prostat diatur oleh hormon testosteron dan menghasilkan cairan mani.

Penderita kanker prostat biasanya pria lanjut usia di atas 50 tahun, dan ditandai dengan gangguan buang air kecil. Perkembangan kanker ini berlangsung secara perlahan namun dapat agresif dan menyebar dengan cepat juga.

Kanker prostat menjadi kanker yang paling sering dialami pria. American Cancer Society (ACS) mengestimasi setidaknya 174.650 pria akan di diagnosis dengan kanker prostat di tahun 2019. Pencegahan kanker prostat sedini mungkin dapat membuat kanker tidak berkembang menjadi ganas dan keberhasilan pengobatan yang di lakukan akan lebih tinggi.

Faktor risiko kanker prostat

Kanker prostat bisa dialami oleh semua pria, tapi ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko kamu mengalami kanker prostat, seperti:

  • Telah lanjut usia.
  • Riwayat keluarga yang menderita kanker prostat.
  • Obesitas.
  • Ras kulit hitam

Tempat tinggal juga bisa meningkatkan risiko kamu mengalami kanker prostat.

Gejala kanker prostat

Kamu mungkin saja tidak merasakan gejala pada tahap awal kanker prostat. Tapi ketika sudah tahap lanjut, mungkin kamu akan merasakan beberapa gejala, meliputi:

  • Kesulitan buang air kecil.
  • Darah di air mani.
  • Ketidaknyamanan di area panggul.
  • Sakit tulang.
  • Disfungsi ereksi.
  • Aliran urine melemah.

Pencegahan kanker prostat

Seperti yang sudah dijelaskan, kanker prostat tumbuh secara perlahan namun punya sifat yang agresif. Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai kemungkinan komplikasi bahkan berujung pada kematian.

Pencegahan kanker prostat dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kanker prostat menjadi ganas. Berikut ini langkah pencegahan kanker prostat yang bisa kamu coba:

1. Pencegahan kanker prostat dengan pilih pola makan sehat

Mulailah pola makan yang sehat dengan makan sayur dan buah-buahan, terutama buah yang tinggi antioksidan dan kandungan mineralnya.

2. Jaga berat badan stabil

Obesitas dapat menjadi faktor risiko berkembangnya kanker prostat yang lebih agresif.

Secara umum, menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat seiring bertambahnya usia dapat membantu mengurangi risiko kanker dan banyak masalah kesehatan lainnya.

3. Lakukanlah olahraga rutin

Olahraga secara rutin membantu kamu untuk menjaga berat badan stabil dan terhindar dari obesitas yang jadi faktor kanker prostat. Apalagi ketika sudah lanjut usia, membuat badan tetap aktif bergerak dapat membuat tubuh tetap bugar.

Cobalah beberapa olahraga ringan seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang. Lakukan lah secara rutin setiap minggunya.

Konsultasi dengan dokter juga membantu mencegah kanker prostat, apalagi jika kamu memiliki risiko tinggi sehingga kamu bisa memertimbangkan perawatan dan pengobatan untuk mengurangi risiko.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 09 Agustus 2020. Prostate cancer

Medical News Today (2019). Diakses pada 09 Agustus 2020. What to know about prostate cancer

Healthline (2019). Diakses pada 09 Agustus 2020. Everything You Want to Know About Prostate Cancer

 

    Berita Terkait
    register-docotr