Kamus Penyakit

7 Langkah Mengatasi Flu saat Musim Hujan, Nomor 6 Paling Nikmat

April 29, 2020 | Haekal | dr. Fahri Trisnaryan P.
no-image

Memasuki musim hujan, flu menjadi penyakit yang rentan menyerang.  Setidaknya ada tujuh langkah mudah bisa kamu terapkan untuk mengatasi flu di musim hujan.

Perubahan cuaca yang terjadi dengan drastis membuat daya tahan tubuh menurun, dan selama masa adaptasi, gejala-gejala flu seperti hidung tersumbat, pegal-pegal, radang tenggorokan, batuk, hingga demam panas dingin menjadi teman akrab banyak orang. 

Baca Juga: Mengenal Cacar Monyet, Penyakit Langka yang Harus Diwaspadai

Mengatasi flu di musim hujan dengan menerapkan tujuh langkah ini

Ada banyak cara mudah yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah untuk mengatasi gejala flu ringan hingga sedang.

1. Istirahat

mengatasi flu di musim hujan
Istirahat yang cukup saat flu. Foto: https://www.medicaldaily.com/

Tidur yang cukup dan istirahat total. Kamu yang mengenal tubuh sendiri, jadi sebaiknya kamu melakukan apa yang tubuh kamu butuhkan.

Reid B. Blackwelder, MD, dari East Tennessee State University di Kingsport mengatakan bahwa istirahat adalah cara lain untuk membantu kemampuan tubuh melawan infeksi. Jadi, sebisa mungkin jangan melakukan aktivitas fisik, meski itu aktivitas harian biasa.

2. Konsumsi banyak cairan

mengatasi flu di musim hujan
Saat flu di musim hujan, pastikan tubuh tetap terhidrasi. Foto: https://medicaldailyjournal.com/

Flu membuat kamu dehidrasi, apalagi jika gejalanya dilengkapi dengan muntah dan diare yang membuang banyak cairan tubuh. Sementara tubuh membutuhkan banyak cairan agar tetap terhidrasi.

Sumber cairan memang beragam, tapi pastikan kamu mengonsumsi cairan yang tepat seperti air putih, jus buah dan minuman berelektrolit.

Hindari minuman kafein yang bersifat diuretik karena akan membuat kamu lebih sering buang air kecil dan berujung membuang lebih banyak cairan. Teh herbal dengan madu bisa sekaligus mengurangi radang tenggorokan sambil menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Tanda kamu sudah terhidrasi dengan baik adalah dengan melihat warna urine. Jika urine berwarna bening atau kuning muda, berarti tidak kekurangan cairan tapi jika kuning gelap hingga sangat kuning, berarti kamu dehidrasi.

3. Hirup uap mengatasi flu di musim hujan

mengatasi flu di musim hujan
Menghirup uap bantu meredakan flu. Foto: https://www.webmd.com/

Menghirup uap panas dapat meringankan hidung tersumbat dan sakit akibat radang tenggorokan. Caranya beragam, menghirup uap dari segelas teh panas yang kamu buat, atau dari humidifier atau mesin uap vaporizer, atau sekadar mandi air hangat sudah cukup untuk membantu meringankan gejala flu. 

Cara lain yang lebih cepat untuk meringankan hidung tersumbat adalah menutup kepala dengan handuk menutupi ember berisi air panas, dan hirup uap air dari ember selama 30 detik. 

David Kiefer, MD, dari University of Washington School of Medicine in Seattle menyarankan untuk meneteskan satu-dua tetes minyak pepermin atau eukaliptus untuk menambah “daya gedor” dalam upaya membebaskan hidung tersumbat. 

4. Kompres air hangat

Ingat kompres dengan air hangat bukan air dingin. Foto: https://www.webmd.com/

Mengompres dahi dan hidung dengan kain hangat menjadi cara praktis untuk mengurangi sakit kepala dan hidung tersumbat.

5. Mengonsumsi obat

Minum obat ibuprofen. Foto: https://www.mayoclinic.org/

Obat-obatan yang mengandung ibuprofen dan acetaminophen dapat mengontrol gejala dan membantu kamu merasa lebih baik.

6. Makan sup ayam untuk mengatasi flu di musim hujan

Makan makanan berkuah seperti sup ayam. Foto: https://www.healthline.com/

Selain mengandung banyak cairan, sup ayam juga dikenal sebagai makanan dengan sumber kaya nutrisi seperti protein dan mineral. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh jurnal medis Chest mengatakan bahwa mengonsumsi sup ayam bisa jadi memberi efek anti peradangan yang dapat mengurangi gejala dari infeksi sistem pernafasan atas.

Baca Juga: Jangan Malas Makan Bawang Putih, Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan

7. Tingkatkan asupan zinc

Zinc penting untuk sistem imun kamu dalam upaya produksi sel darah putih yang melawan kuman dan virus flu sekaligus menghambat virus tersebut dari berkembang biak. 

Makanan yang kaya akan zinc termasuk di antaranya, kerang, kacang-kacangan, telur, dan lain-lain. Zinc juga bisa didapat dari suplemen.

Gejala flu yang dialami biasanya hilang dalam beberapa hari jika disiplin dalam beristirahat dan melakukan hal-hal yang dapat mengurangi gejalanya.

Hindari merokok karena dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Selain itu, hindari pula makanan-makanan seperti susu, keju, kafein, daging, makanan pedas, gorengan, makanan berlemak, dan alkohol.

Jika sudah terserang Anda bisa menemukan obat flu dan pilek di sini, Anda juga bisa melakukan tanya jawab dengan dokter profesional Good Doctor soal flu dan pilek 24 / 7!

Reference

WebMD. Diakses pada 15 Oktober 2019. Treating Flu at Home: 10 Natural Remedies.

CNN Health. Diakses pada 17 Oktober 2019. Does Chicken Soup Really Help Fight a Cold?

Healthline. Diakses pada 17 Oktober 2019. 10 Natural Remedies for Flu Symptoms.

    Berita Terkait
    register-docotr