Kamus Penyakit

Agar Tidak Salah Mengira, Kenali Gejala Polip Hidung yang Serupa dengan Pilek

July 5, 2020 | Dani Kosasih | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Gejala polip hidung secara umum bisa dipantau apabila kamu mengalami kondisi hidung tersumbat, pilek, gangguan pada indera pengecap dan penciuman hingga rasa berat pada kepala.

Polip hidung sendiri merupakan benjolan lunak tanpa rasa sakit yang terjadi pada saluran atau jaringan mukosa hidung.

Baca Juga: Bintik Merah pada Kulit, Yuk, Kenali Jenis dan Penyebabnya

Gejala polip hidung

Pada gejala awal, polip hidung mungkin tidak menunjukkan gejala apapun karena ukurannya yang masih kecil. Secara umum, gejala polip hidung bisa serupa dengan gejala flu.

Namun, beberapa gejala baru akan muncul saat ukuran polip semakin membesar. Kondisi tersebut biasanya akan ditandai dengan beberapa ciri seperti:

gejala polip hidung
Kondisi hidung yang mengalami polip. Foto: https://www.slideshare.net

Hidung dengan produksi ingus yang berlebih

Pada kondisi ini, orang yang mengalami polip hidung akan merasa bahwa dia seolah-olah sedang mengalami pilek.

Kondisi polip yang ada dalam hidung membuat produksi mukus atau lendir menjadi lebih tinggi dan kental. Hingga akhirnya membuat hidung sering mengeluarkan air.

Postnasal drip

Postnasal drip merupakan kondisi di mana lendir terasa terus mengalir di bagian belakang tenggorokan. Postnasal drip terjadi ketika mukosa hidung memproduksi lendir secara berlebihan dan menumpuk di bagian belakang tenggorokan.

Saat hidung mengeluarkan air terlalu banyak dan lendir tertelan bersama air liur, maka mukus akan terasa menetes di tenggorokan. Postnasal drip dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan sakit tenggorokan kronis dan batuk kronis.

Gejala polip hidup ditandai dengan hidung tersumbat

Pada beberapa kasus, orang yang mengalami polip hidung mungkin juga akan mengalami kesulitan bernapas melalui hidung yang akhirnya menyebabkan masalah tidur.

Kondisi hidung tersumbat merupakan gejala polip hidung yang paling umum dan sering terjadi. Gejala hidung tersumbat ini biasanya akan berlangsung cukup lama hingga berminggu-minggu.

Mengalami anosmia

Anosmia merupakan gejala polip hidung yang juga umum dan bisa dirasakan saat kamu mengalami kehilangan ketajaman pada indera penciuman.

Kondisi anosmia biasanya tidak serius, tetapi dapat memiliki efek mendalam pada kualitas hidup seseorang. Kondisi ini baru akan membaik setelah polip hidung dirawat.

Orang dengan anosmia mungkin tidak dapat sepenuhnya mencicipi makanan dan mungkin akan kehilangan minat makan. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan berat badan atau kekurangan gizi pada seseorang yang mengalami anosmia.

Anosmia juga dapat menyebabkan depresi karena dapat merusak kemampuan seseorang untuk mencium atau merasakan makanan yang menyenangkan.

Gejala polip hidung yakni mendengkur

Mendengkur terjadi ketika aliran udara melalui mulut dan hidung terhalang secara fisik (tersumbat). Salah satu penyebab tersumbatnya aliran udara adalah kondisi polip hidung. Semakin sempit saluran napas kamu tersumbat, maka semakin nyaring suara dengkuran yang dikeluarkan.

Sleep apnea

Sleep apnea biasanya muncul setelah kamu mengalami kondisi mendengkur yang berulang ketika tidur. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang mungkin terjadi saat kamu mengalami polip hidung.

Sleep apnea bisa menjadi cukup berbahaya karena membuat kamu berhenti bernapas sebentar saat tidur. Momen sleep apnea dapat terjadi berulang kali sepanjang malam saat kamu tidur.

Gejala polip hidung ditandai dengan penglihatan ganda

Jika kondisi polip hidung kamu cukup parah, kamu akan mengalami kondisi penglihatan ganda. Gejala ini lebih mungkin akan muncul apabila kamu juga memiliki sinusitis jamur alergi atau fibrosis kistik.

Selain gejala-gejala di atas. Kondisi polip hidung juga bisa dipantau melalui beberapa gejala umum seperti:

  • Sakit kepala karena terjadinya tekanan pada wajah
  • Hidung berair terus menerus
  • Bersin-bersin
  • Mengalami sensasi yang dirasakan saat lendir turun ke kerongkongan

Baca Juga: Praktis Enggak Pakai Ribet, Begini Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Pengobatan untuk polip hidung

Ada dua cara untuk melakukan pengobatan terhadap kondisi polip hidung, yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan atau melakukan operasi.

Obat-obatan

Obat yang mengurangi peradangan dapat membantu mengurangi ukuran polip dan meredakan gejala hidung tersumbat.

Menyemprotkan steroid hidung ke dalam saluran hidung dapat mengurangi hidung meler dan sensasi penyumbatan dengan mengecilkan polip. Namun, jika kamu berhenti mengonsumsinya, gejala polip hidung mungkin akan cepat kembali.

Contoh beberapa steroid hidung yang bisa digunakan adalah:

  • Fluticasone (Flonase, Veramyst)
  • Budesonide (Rhinocort)
  • Mometason (Nasonex)

Steroid oral atau injeksi, seperti prednisone, dapat menjadi pilihan jika semprotan hidung tidak berfungsi.

Ini bukan solusi jangka panjang karena efek sampingnya yang serius, termasuk retensi cairan, peningkatan tekanan darah, dan peningkatan tekanan di mata.

Operasi

Jika gejala masih belum membaik, prosedur pembedahan dapat dilakukan untuk menghilangkan polip sepenuhnya. Jenis operasi tergantung pada ukuran polip.

Polipektomi adalah operasi rawat jalan yang dilakukan dengan alat isap kecil atau mikrodebrider yang memotong dan mengangkat jaringan lunak, termasuk mukosa.

Untuk polip yang lebih besar, dokter dapat melakukan operasi sinus endoskopi menggunakan endoskopi tipis dan fleksibel dengan kamera kecil dan alat kecil di ujungnya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. patient.info. Diakses 30 Juni 2020. https://patient.info/doctor/nasal-polyps-pro

2. medicinenet.com. Diakses 30 Juni 2020. https://www.medicinenet.com/chronic_rhinitis/article.htm#what_are_rhinitis_and_post-nasal_drip_what_are_the_symptoms_and_signs

3. medicalnewstoday.com (2017). Diakses 30 Juni 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/177020#symptoms

4. clevelandclinic.org. Diakses 30 Juni 2020. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15250-nasal-polyps

5. nhs.uk. Diakses 30 Juni 2020. https://www.nhs.uk/conditions/nasal-polyps/

6. clevelandclinic.org. Diakses 30 Juni 2020. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/15580-snoring/possible-causes

7. healthline.com (2018). Diakses 30 Juni 2020. https://www.healthline.com/health/nasal-polyps#symptoms

8. healthline.com (2019). Diakses 30 Juni 2020. https://www.healthline.com/health/sleep/central-sleep-apnea

9. healthline.com (2019). Diakses 30 Juni 2020. https://www.healthline.com/health/anosmia

10. mayoclinic.org. Diakses 30 Juni 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nasal-polyps/symptoms-causes/syc-20351888#:~:text=Nasal%20polyps%20are%20soft%2C%20painless,sensitivity%20or%20certain%20immune%20disorders.

    Berita Terkait
    register-docotr