Kamus Penyakit

Nyeri Sendi Intens dan Muncul Benjolan di Kaki, Bisa Jadi Gejala Asam Urat!

July 21, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Asam urat dapat menyerang siapa saja dan biasanya terjadi di kaki. Gejala asam urat di kaki pun tidak boleh disepelekan dan harus segera diobati.

Ya, meski sebagian besar kasus asam urat terjadi di jempol kaki, namun jika didiamkan kondisi ini juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya. Termasuk seperti lutut, pergelangan kaki dan tangan, tangan, atau bahkan siku.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Gejala asam urat di kaki

Sama seperti penyakit pada umumnya, asam urat juga memiliki gejala khas yang dapat dirasakan oleh penderitanya. Gejala asam urat tergolong sangat menyakitkan.

Biasanya kondisi ini muncul dipicu oleh berbagai macam faktor, misalnya seperti konsumsi makanan tertentu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah gejala asam urat di kaki yang perlu kamu ketahui:

Baca juga: Punya Asam Urat? Stop Konsumsi Makanan Ini!

1. Nyeri sendi yang intens

Asam urat biasanya memengaruhi sendi besar pada jempol kaki. Akan tetapi yang perlu diingat adalah ini dapat terjadi pada sendi manapun. Adapun sendi lainnya yang sering terkena asam urat di antaranya adalah pergelangan tangan, lutut, siku, dan jari.

Rasa sakit yang lebih parah terjadi dalam 4 sampai 12 jam pertama setelah asam urat menyerang persendian.

2. Serangan nyeri terjadi secara tiba-tiba

Asam urat memang dapat terjadi karena dipicu oleh faktor tertentu. Meskipun demikian, serangan asam urat biasanya terjadi secara tiba-tiba. Misalnya saat tengah malam atau dini hari saat kamu tertidur.

Tak jarang, seseorang yang mengalami kondisi ini dapat terbangun secara tiba-tiba di malam hari dengan sensasi jempol terasa seperti terbakar. Sendi yang terkena juga dapat terasa panas, bengkak, serta lunak.

Gejala asam urat mungkin dapat datang dan pergi. Meskipun demikian, sebaiknya asam urat harus segera diobati agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius lainnya.

3. Peradangan dan pembengkakan

Ketika kamu mengalami asam urat, tanpa disadari kristal urat dapat menumpuk di sendi selama bertahun-tahun. Ketika ada banyak kristal di sendi, beberapa di antaranya dapat menyebar dari tulang rawan ke ruang sendi.

Kristal ini berbentuk kecil, keras, dan tajam, serta dapat bergesekan dengan lapisan lunak sendi yang disebut sinovium. Inilah yang menyebabkan banyak pembengkakan dan peradangan rasa sakit yang kita kenal sebagai serangan asam urat.

4. Sendi tampak merah dan terasa panas

Selain sendi dapat menjadi bengkak dan meradang, asam urat juga dapat membuat sendi yang terserang berwarna kemerahan. Tak hanya itu saja, sendi juga dapat terasa panas. Hal ini dapat mengurangi pergerakan sendi.

Keterbatasan sendi untuk bergerak dapat membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Bahkan setelah rasa sakit mereda, ketidaknyamanan masih bisa dirasakan. Keluhan ini dapat berlangsung dalam hitungan hari atau minggu.

Saat asam urat membaik, kulit di sekitar persendian yang terkena mungkin dapat terasa gatal dan mengelupas.

5. Muncul benjolan atau tofi

Jika tidak segera diobati, asam urat dapat menimbulkan komplikasi serius lainnya yang lebih parah. Misalnya saja muncul sebuah benjolan atau yang lebih dikenal dengan tofi.

Hal ini terjadi karena kristal urat dapat menumpuk di luar sendi, seperti di bawah kulit. Ini dapat membentuk benjolan yang kecil dan tegas yang disebut dengan tofi.

Area paling umum yang dapat mengalami kondisi tersebut di antaranya adalah:

  • Atas jari kaki
  • Bagian belakang tumit
  • Depan lutut
  • Punggung jari dan pergelangan tangan
  • Sekitar siku
  • Telinga

Tofi biasanya tidak menyakitkan, tetapi mereka dapat menghalangi aktivitas sehari-hari kamu. Tofi juga dapat tumbuh di dalam persendian dan menyebabkan kerusakan tulang, terutama tulang rawan.

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang lebih sering, setiap hari saat kamu menggunakan sendi yang sakit.

Sangat penting untuk memerhatikan gejala asam urat di kaki. Sebaiknya jangan abaikan serangan asam urat. Untuk menghindari komplikasi yang lebih serius, segeralah periksakan diri ke dokter.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 13 Juli 2020. Everything You Need to Know About Gout 

Healthline (2018). Diakses pada 13 Juli 2020. Symptoms of Gout 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 13 Juli 2020. Gout 

Medical News Today (2017). Diakses pada 13 Juli 2020. Everything You Need to Know About Gout 

Webmd (2020). Diakses pada 13 Juli 2020. Gout Symptoms 

Versus Arthritis. Diakses pada 13 Juli 2020. What Is Gout? 

    register-docotr