Olahraga

Perut Buncit Bikin Enggak Percaya Diri? Yuk, Coba Olahraga Ini untuk Mengecilkan Perut!

August 22, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Memiliki perut buncit terkadang dapat mengurangi rasa percaya diri. Olahraga merupakan cara yang ampuh untuk mengatasinya. Selain tidak memerlukan biaya yang besar, olahraga juga mudah dilakukan. Yuk intip olahraga apa saja yang dapat membantu untuk mengecilkan perut di sini!

Olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya dapat membantumu mengatasi perut buncit saja, tetapi bisa bikin tubuh yang lebih sehat lho!

Baca juga: 6 Cara Mengecilkan Perut Buncit, dari Olahraga Hingga Makanan

Olahraga yang cocok untuk mengecilkan perut

Dari sekian banyaknya berbagai macam olahraga, ada beberapa olahraga yang sangat cocok dilakukan bagi kamu yang ingin mengecilkan perut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah olahraga yang cocok dan efektif untuk mengecilkan perut.

1. Berlari

Mungkin kamu akan berpikir apa hubungannya menggerakkan kaki dengan mengecilkan perut. Saat kamu berolahraga, termasuk berlari, kalori dibakar dan persentase lemak di dalam tubuh dapat menurun.

Jadi berlari tidak hanya dapat menurunkan lemak perut, melainkan juga dapat membuang lemak di area lain. Berlari merupakan adalah olahraga untuk membakar lemak yang paling baik untuk dilakukan. Tak hanya itu saja, kamu juga tidak perlu banyak peralatan untuk melakukan olahraga ini.

2. Berjalan

Selain berlari, olahraga terbaik lainnya untuk mengecilkan perut adalah jalan cepat. Jalan cepat dan olahraga aerobik lainnya sangat baik untuk membakar lemak perut bagian dalam, yang disebut lemak visceral.

Lemak visceral tak hanya berkontribusi pada lingkar pinggang kamu, tetapi juga dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Olahraga ini sangat berefek untuk mengurangi lemak visceral.

Terdapat dua kunci yang efektif untuk membakar lemak saat berjalan. Pertama, kamu perlu berjalan dengan kecepatan atau intensitas yang cukup untuk membakar lemak. Yang kedua, semakin lama kamu berjalan, semakin banyak pula lemak yang terbakar di dalam tubuh.

3. Bersepeda

Dilansir dari Timesnownews.com, bersepeda bukan hanya dapat meningkatkan detak jantung, tetapi juga memiliki kapasitas untuk membakar kalori dalam jumlah yang signifikan.

Melakukan olahraga ini setiap hari akan membantumu membakar lebih banyak kalori, yang berarti bahwa kamu dapat menghilangkan lemak yang tersimpan di dalam tubuh, termasuk lemak perut. Memiliki terlalu banyak lemak di sekitar pinggang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Lemak perut sendiri banyak dikaitkan dengan kondisi yang serius. Dengan berolahraga untuk mengurangi lemak perut, kamu dapat memulai hidup yang lebih sehat.

Bergantung pada kecepatan dan intensitas, rata-rata seseorang dapat membakar sekitar 250 hingga 500 kalori selama 30 menit bersepeda.

4. Berenang

Tak hanya dapat menyegarkan tubuh saja, berenang juga ternyata merupakan olahraga yang dapat membantu mengecilkan perut lho! Berenang secara rutin dapat membakar lemak tubuh sehingga membantu kamu untuk mengecilkan perut.

Memiliki lemak perut yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti diabetes atau penyakit kardiovaskular dini.

Berenanglah setidaknya selama 30 menit setiap hari atau sesuai dengan kemampuanmu. Jika kamu lelah, beristirahatlah selama 10 menit. Tingkatkan sesi latihan secara perlahan dari waktu ke waktu untuk meningkatkan potensi pembakaran lemak.

Kamu dapat melakukan gaya bebas, gaya dada, atau bahkan gaya kupu-kupu pada saat berenang. Jangan lupa ya melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berenang untuk menghindari cedera.

5. High-intensity interval training (HIIT)

Latihan HIIT mungkin lebih efektif dibandingkan dengan latihan kardio tradisional dalam mengurangi lemak perut. Jenis latihan kardiovaskular ini melibatkan periode singkat intensitas tinggi, seperti sprinting, bersepeda, atau lari, diikuti dengan renang intensitas rendah.

6. Yoga

Yoga dikenal luas memiliki manfaat untuk mengurangi stres, namun dibalik itu semua ternyata yoga juga dapat dilakukan untuk mengecilkan perut. Tak hanya itu saja, yoga juga dapat menurunkan lingkar pinggang lho!

Beberapa gerakan yoga yang dapat membantu mengecilkan perut di antaranya adalah, bhujangasana, dhanurasana, kumbhakasana, naukasana, ustrasana, dan lain sebagainya. Kamu dapat melakukan yoga dengan dibantu oleh instruktur atau melakukannya sendiri di rumah.

Baca juga: Gerakan-gerakan Yoga yang Ampuh untuk Mengatasi Perut Buncit

Nah, itulah beberapa olahraga yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut. Tak hanya dapat membantu mengecilkan perut, melakukan olahraga juga dapat membantumu meningkatkan kesehatan tubuh.

Jika ingin lebih efektif, yuk imbangi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat!

Punya pertanyaan lebih lanjut terkait masalah ini? Silakan chat kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

E Times (2017). Diakses pada 19 Agustus 2020. 8 Exercise That Burn Stomach Fat Fast 

Healthline (2018). Diakses pada 19 Agustus 2020. Reducing Your Waist Size the Healthy Way 

Livestrong.com. Diakses pada 19 Agustus 2020. A Swimming Exercise That Burns Belly Fat 

Medical News Today (2019). Diakses pada 19 Agustus 2020. 18 Ways to Get a Flat Stomach 

The Urban Guide (2019). Diakses pada 19 Agustus 2020. 6 Yoga Asanas to Help You Burn Your Belly Fat

Timesnownews.com (2018). Diakses pada 19 Agustus 2020. Three Ways Cycling Can Help You Lose Stomach Fat and Speed Up Weight Loss 

Very Well Fit (2020). Diakses pada 19 Agustus 2020. Are You Walking In The Fat-Burning Zone? 

    Berita Terkait
    register-docotr