Kamus Obat

Pilihan Obat Sariawan di Apotik dan Alami yang Bisa Dipilih, Apa Saja?

January 15, 2021 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Muncul sariawan pasti membuat kamu tidak nyaman karena rasa sakit yang ditimbulkan. Untuk mengatasi rasa sakitnya, ada beberapa obat sariawan di apotik yang bisa jadi pilihan.

Beberapa obat ini mulai dari bentuk cair hingga tablet isap yang terbukti bisa meringankan sakit sariawan dan mengobati sariawan akibat infeksi bakteri.

Apa itu sariawan?

Sariawan atau yang dalam dunia medis disebut aphthous atau stomatitis aphthous adalah borok kecil yang menyakitkan di dalam mulut. Sariawan di lidah dan pada lapisan dalam pipi, sariawan di bibir, gusi sariawan dan tenggorokan juga mungkin terjadi.

Biasanya muncul dengan warna putih, abu-abu, atau kuning, dan di sekitarnya berwarna merah. Sariawan adalah jenis lesi oral yang paling umum.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mulut bisa sariawan, beberapa di antaranya seperti:

  • Cedera mulut ringan karena menyikat gigi, lidah tidak sengaja tergigit sehingga menyebabkan sariawan di lidah. Menyikat gigi, secara tidak sengaja juga dapat menyebabkan gusi sariawan
  • Sensitif terhadap makanan asam
  • Kekurangan mineral esensial, terutama vitamin B12, zinc, folat, dan zat besi
  • Respons terhadap bakteri mulut
  • Perubahan hormon selama menstruasi
  • Stres emosional atau kurang tidur
  • Menggunakan kawat gigi juga mungkin menyebabkan gusi sariawan, sariawan di bibir atau sariawan di lidah

Sariawan juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang lebih serius dan memerlukan penanganan medis. Beberapa waktu lalu sariawan juga sempat dikaitkan dengan pandemi. Sempat disebutkan jika sariawan gejala covid dan telah terjadi pada beberapa pasien

Namun masih menjadi pertanyaan apakah benar sariawan gejala covid, atau sariawan kebetulan terjadi di saat pasien sudah terinfeksi COVID-19. Masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan apakah sariawan gejala covid yang perlu diwaspadai. 

Bagaimana cara mengobati sariawan? 

Ada dua pilihan cara mengobati sariawan. Bisa menggunakan obat-obatan di apotik atau menggunakan pengobatan rumahan. Berikut daftar cara mengobati sariawan, baik menggunakan obat di apotik atau pengobatan rumahan.

Pilihan obat sariawan di apotik

Saat sariawan muncul, pasti rasanya sangat tidak nyaman dan membuat kita mengalami nyeri dan sakit ketika berbicara atau juga makan. Tentu kamu tidak ingin terus-terusan mengalami hal ini bukan? 

Sariawan sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya setelah 2-3 minggu, tapi ada beberapa obat sariawan di apotik yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi sariawan dengan mempercepat proses penyembuhan, di antaranya:

Obat kumur

Obat sariawan di apotik pertama yang bisa kamu pilih adalah jenis obat kumur, ada berbagai macam, seperti:

1. Diphenhydramine suspension

Obat kumur dengan kandungan diphenhydramine suspension tidak sulit untuk kamu dapatkan di apotik. Ia memiliki efek anestesi topikal pada jaringan mulut dan sariawan, sehingga dapat meredakan rasa nyeri karena sariawan.

Berkumurlah dengan cairan ini selama 30 detik sampai satu menit, lalu muntahkan, jangan menelannya.

2. Steroid dexamethasone

Untuk bisa menggunakan obat kumur steroid dexamethasone, kamu memerlukan resep dokter. Kamu bisa meminta dokter untuk meresepkannya sebagai obat sariawan.

Kandungan steroid dexamethasone punya kegunaan untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan atau lidokain untuk mengurangi rasa sakit. 

3.  Chlorhexidine

Ini dapat mencegah infeksi sekunder dengan mengurangi penumpukan bakteri yang ada di mulut. Agar hasil pengobatan efektif, berkumurlah dengan obat kumur 2 kali sehari.

Antibiotik tetrasiklin obat sariawan di apotik

Obat sariawan jenis antibiotik tetrasiklin harus dibeli dengan resep dokter, obat ini telah terbukti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan sariawan. 

Tapi jika kamu sedang hamil atau memiliki riwayat alergi tetrasiklin, sebaiknya jangan gunakan obat ini, ya. 

Pereda nyeri obat sariawan di apotik

Obat pereda nyeri seperti ibuprofen, acetaminophen, atau naproxen dapat digunakan untuk membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat sariawan. Pereda nyeri dapat digunakan sebagai obat sariawan anak. Namun pastikan memberikan dosis yang sesuai dengan usia anak.

Jika bisa digunakan untuk anak-anak, apakah bisa digunakan juga sebagai obat sariawan untuk bayi? Jawabannya adalah, beberapa pereda nyeri seperti ibuprofen bisa diberikan untuk bayi di atas 6 bulan.

Jika bayi mengalami sariawan belum mencapai usia tersebut, sebaiknya konsultasikan kondisi tersebut pada dokter sebelum memberikan obat sariawan untuk bayi.

Sariawan biasanya terjadi pada balita dan anak usia sekolah. Sementara bayi terbilang jarang mengalaminya. Karenanya, sebaiknya tidak sembarangan memberikan obat sariawan untuk bayi.

Suplemen nutrisi

Salah satu penyebab munculnya sariawan adalah kurangnya zinc atau vitamin B12 dan vitamin C. Kamu juga bisa mengobati sariawan dengan suplemen nutrisi yang berbentuk tablet isap, yang biasanya tersedia di apotik dengan berbagai rasa.

Produk topikal obat sariawan di apotik

Produk-produk yang dijual bebas baik dalam bentuk gel, pasta, krim, atau cairan dapat membantu menghilangkan rasa sakit sariawan di bibir atau di lokasi lainnya dan mempercepat penyembuhan. Ada beberapa obat yang mengandung bahan aktif, seperti:

  • Benzocaine
  • Fluocinonide
  • Hydrogen peroxide

Ada banyak produk topikal lainnya untuk mengatasi sariawan, termasuk yang tanpa bahan aktif. Mintalah saran dokter atau apoteker yang paling sesuai untuk kamu. Kamu juga bisa bertanya pada dokter mengenai keamanan produk topikal jika ingin menggunakannya untuk obat sariawan anak.

Obat antiinflamasi topikal

Obat steroid seperti triamcinolone acetonide atau fluocinonide dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi sariawan dan peradangan yang terjadi. Obat-obatan ini biasanya memerlukan resep dokter dan harus digunakan tepat seperti yang diperintahkan dokter.

Antibiotik topikal

Jika ternyata sariawan yang kamu alami terinfeksi bakteri, jenis obat sariawan di apotik yang bisa kamu pilih yaitu anitbiotik topikal. Mintalah dokter untuk memasukannya ke dalam resepmu.

Tanda-tanda sariawan yang terinfeksi bakteri sendiri biasanya kemerahan, pengerasan kulit, pengeluaran nanah, dan disertai demam.

Jika terjadi pada anak, anak biasanya menjadi tidak nyaman karena rasa sakit dan untuk menentukan obat sariawan anak, kamu bisa memastikannya terlebih dahulu kepada dokter. 

Pilihan pengobatan sariawan rumahan

  • Kumur-kumur dengan air garam. Menggunakan air garam atau soda kue yang dilarutkan dengan air hangat dan digunakan untuk berkumur dapat kamu gunakan untuk menyembuhkan sariawan loh.
  • Menggunakan susu magnesia. Mengoleskan susu magnesia pada sariawan beberapa kali sehari dapat menjadi cara rumahan untuk menyembuhkan sariawan.
  • Hindari makanan asam atau pedas. Makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi sariawan. 
  • Mengompres dengan es. Mengompres sariawan dengan es sampai perlahan larut dapat membantu menyembuhkan sariawan. 
  • Mengoleskan madu. Madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Sebuah studi mengungkapkan, penggunaan madu efektif mengurangi nyeri sariawan. Pemakaiannya cukup oleskan madu di bagian yang sakit empat kali sehari. 
  • Minyak kelapa. Kemampuannya sebagai antimikroba dapat membantu menyembuhkan sariawan dan mencegahnya menyebar. Oleskan beberapa kali sekali ke sariawan, ini akan membantu menyembuhkannya. 
  • Kumur cuka sari apel. Campur satu sendok teh cuka sari apel dengan satu cangkir air dan gunakan untuk berkumur sekitar 30 detik hingga 1 menit untuk membantu mengatasi sariawan.

Bagaimana tanda sariawan akan sembuh? 

Meski berbeda-beda pada setiap orang, tapi waktu penyembuhan sariawan biasanya terjadi dalam jangka 2 minggu tanpa pengobatan. Bisa lebih cepat jika dengan pengobatan. 

Sementara itu, dari awal muncul sampai akhirnya sembuh, orang yang mengalami sariawan akan mengalami beberapa tahapan. Tahapan tersebut yaitu:

  • Tahap prodromal. Ini adalah tahap awal kemunculan sariawan. Biasanya berlangsung selama 1 hingga 3 hari. Di tahap ini kamu akan merasakan sensasi terbakar atau perih dan area munculnya sariawan akan terlihat kemerahan.
  • Tahap terbentuk luka. Saat luka muncul, rasa sakit akan semakin menjadi. Luka akan terlihat berwarna kuning abu-abu, khas sariawan. Ini bisa berlangsung selama 3 hingga 6 hari.
  • Baru kemudian tahap penyembuhan. Tanda sariawan akan sembuh terlihat dari luka yang mulai menutup. Tanda sariawan akan sembuh lainnya, terlihat jaringan sehat yang mulai menutup luka tersebut. Lamanya waktu penyembuhan ini berbeda-beda pada setiap orang.

Itulah beberapa obat sariawan di apotik yang bisa jadi pilihan kamu untuk mempercepat proses penyembuhan. Selalu perhatikan instruksi dari dokter dan apoteker, serta perhatikan aturan minum pada kemasan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Medicine Net (2019). Diakses pada 08/07/20. Canker Sores (Causes, Home Remedies, Treatment, and Prevention)

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 08/07/20. Canker sore

Health Navigator (2019). Diakses pada 08/07/20. Medication for mouth ulcers

Medical New Today (2019).  Diakses pada 08/07/20. Nine ways to treat canker sores

    register-docotr