Kamus Obat

Sering Merasa Gatal? Ini Sederet Obat yang Bisa Dipakai

January 25, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Gatal merupakan kondisi kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Gatal dapat membuat tidak nyaman karena memicu keinginan untuk menggaruk. Nah, untuk mengatasinya kamu dapat menggunakan obat gatal di apotek.

Gatal yang juga dikenal sebagai pruritus dan memiliki gejala yang terlokalisasi (terbatas pada satu area tubuh) atau digeneralisasi (terjadi di seluruh tubuh atau beberapa area yang berbeda.

Jika kamu mengalami kondisi ini kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa obat yang ampuh untuk mengobati gatal dan dapat kamu jumpai dengan mudah di apotek.

Lalu apa saja obat di apotek yang dapat mengobati gatal? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Penyebab kulit gatal

Kulit mempunyai fungsi yang vital sebagai penghalang yang melindungi bagian dalam tubuh. Kulit memiliki sel-sel khusus dari sistem kekebalan yang dapat melindungi tubuh dan kulit dari virus, bakteri dan ancaman lain yang tersembunyi.

Ketika sel kulit mendeteksi adanya zat yang mencurigakan, mereka memicu reaksi yang menyebabkan daerah menjadi meradang. Tenaga medis menyebut peradangan ini sebagai ruam atau dermatitis. Hal ini dapat menyebabkan gatal.

Gatal merupakan gejala umum dari banyaknya keluhan kulit. Penyebab gatal pun bermacam-macam dan tidak dapat disamakan satu dengan yang lainnya. Adapun penyebab gatal seperti yang dilansir Mayo Clinic adalah:

  • Kondisi kulit: Banyak kondisi kulit yang menyebabkan gatal, seperti kulit kering (xerosis), eczema (dermatitis), psoriasis, kudis, luka bakar, bekas luka, gigitan serangga, serta biduran.
  • Penyakit internal: Kulit gatal dapat menjadi gejala dari sebuah penyakit internal. Ini dapat termasuk penyakit hati, gagal ginjal, anemia defisiensi, masalah tiroid, kanker tertentu, serta dapat diakibatkan oleh multiple myeloma dan lymphoma.
  • Gangguan saraf: Gatal juga dapat disebabkan karena kondisi yang dapat memengaruhi sistem saraf, seperti multiple sclerosis, diabetes, dan herpes zoster.
  • Penyakit kejiwaan: Contoh penyakit kejiwaan yang dapat menyebabkan kulit gatal adalah kecemasan, obsessive-compulsive disorder, dan depresi.
  • Iritasi dan reaksi alergi: Wol, bahan kimia, dan zat lain dapat membuat kulit menjadi iritasi serta gatal. Terkadang, beberapa zat, seperti poison ivy, parasit, atau bahkan kosmetik dapat juga menyebabkan alergi.
  • Kehamilan: Selama kehamilan, beberapa wanita mengalami gatal.

Gatal memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang telah disebutkan di atas, akan tetapi terkadang penyebab gatal tidak dapat ditentukan.

Baca juga: Ternyata Inilah Penyebab Gatal-gatal Bentol Tanpa Sebab

Obat kulit gatal di apotek

Kamu tak perlu takut dan khawatir jika mengalami gatal, kondisi ini merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada banyak orang. Untuk mengobatinya, kamu dapat membeli obat gatal di apotek dengan mudah.

Berikut adalah obat gatal di apotek yang dapat kamu gunakan:

1. Antihistamin

Histamin merupakan bahan kimia dalam tubuh yang dapat menyebabkan gejala alergi, termasuk gatal. Obat ini dapat menyebabkan kantuk pada kebanyakan orang. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah obat ini sebelum tidur.

Beberapa contoh antihistamin yang dapat digunakan adalah diphenhydramine (Benadryl), hydroxyzine (Atarax), dan chlorpheniramine (Chlor-Trimeton dan lainnya).

2. Kortikosteroid

Obat gatal di apotek pertama yang dapat kamu gunakan adalah kortikosteroid. Kortikosteroid merupakan obat yang digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti ruam, dermatitis, gatal, eksim, dan psoriasis.

Kortikosteroid memiliki aksi anti-inflamasi yang kuat dan juga menekan respons imun. Jenis obat ini dapat digunakan sesuai dengan kondisi kulit yang sedang diderita, serta dapat digunakan untuk area tubuh tertentu.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan salep gatal, salah satu contoh salep gatal kortikosteroid adalah krim hydrocortisone.

3. Salep gatal

Kurap serta infeksi jamur lainnya dapat diobati dengan pengobatan anti jamur. Penyakit jamur seperti kurap lebih sulit diobati daripada infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan jamur memiliki lebih banyak sel rumit.

Untuk mengobati masalah ini, kamu dapat menggunakan salep gatal berupa krim antijamur.

Beberapa contoh salep gatal yang dapat kamu beli di apotik untuk mengobati masalah ini adalah clotrimazole (Cruex, Desenex, Lotrimin), miconazole (monistat-derm), ketoconazole (nizoral), serta terbinafine (lamisil).

4. Antidepresan

Antidepresan yang disebut selective serotonin reuptake inhibitors, seperti fluoxetine (prozac) dan sertraline (zoloft) dapat membantu untuk meredakan beberapa jenis gatal yang kronis. Namun, obat tersebut memiliki efek samping dan tidak boleh digunakan sembarangan.

Obat-obatan tersebut dapat kamu temukan mudah di apotik. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah gunakanlah obat tersebut sesuai dengan kondisi kulit yang kamu alami.

Jangan menggunakan obat secara sembarangan. Kamu juga dapat bertanya kepada apoteker obat apa yang cocok untuk mengobati kondisi kulit.

Jika kondisi kulitmu tidak membaik setelah menggunakan obat tersebut, sebaiknya periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca Juga : Telapak Tangan Sering Gatal? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya!

Obat kulit gatal alami

Selain menggunakan pengobatan medis, kamu juga bisa menggunakan obat alami untuk mengatasi masalah kulit gatal, lho.

Berikut beberapa obat kulit gatal alami yang bisa kamu coba di rumah:

1. Kompres dingin

Obat gatal alami yang pertama adalah menggunakan ‘terapi dingin’ ke area kulit yang mengalami gatal-gatal. Pendinginan membantu mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan rasa gatal.

American Academy of Dermatology menyarankan terapi dingin dengan cara, meletakkan kain basah yang sudah didinginkan atau ice pocket ke daerah yang terkena selama 5-10 menit.

2. Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan orang selama ribuan tahun sebagai disinfektan dan antiseptik luka alami.

National Psoriasis Foundation menyebut, cuka sari apel mungkin sangat membantu dalam meredakan kulit kepala yang gatal. 

NPF merekomendasikan pengenceran cuka dalam air menggunakan rasio 1 banding 1. Oleskan larutan ke kulit kepala dan biarkan mengering sebelum dibilas dengan lembut dengan air hangat.

Namun kamu perlu hati-hati karena cuka bisa menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah harus menghindari metode ini.

3. Soda kue

Obat kulit gatal alami berikutnya adalah soda kue. Soda kue memiliki khasiat anti jamur, dan penelitian menunjukkan bahwa ini bisa jadi pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit jamur, yang banyak di antaranya dapat menyebabkan gatal-gatal.

Kamu bisa mencampurkan satu-seperempat cangkir baking soda ke dalam bak mandi berisi mandi air hangat. Metode alternatif adalah mencampur soda kue dengan sedikit air untuk membentuk pasta, yang dapat dioleskan langsung ke area yang gatal.

Obat gatal alergi

Gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi biasanya membutuhkan jenis obat yang lebih spesifik. Berikut beberapa pilihan obat gatal karena alergi:

  • Antihistamin (obat untuk gatal, bersin, dan pilek). Ini termasuk Benadryl (diphenhydramine), Zyrtec (cetirizine), Claritin (loratadine), Clarinex (desloratadine) dan Allegra (fexofenadine). Benadryl atau diphenhydramine generik paling baik untuk reaksi alergi.
  • Krim anti gatal seperti kortikosteroid topikal dapat membantu mengatasi gatal di area kecil.
  • Obat lain: Jika kulit gatal kamu telah terinfeksi, kamu mungkin memerlukan pengobatan dengan antibiotik. Jika ini disebabkan oleh obat lain yang kamu minum, bicarakan dengan dokter tentang pilihan perawatan lain yang lebih tepat.

Jika kamu mengalami kesulitan bernapas, wajah atau lidah bengkak, atau muntah yang disertai gatal-gatal, maka segera dapatkan bantuan medis!

Kondisi tersebut adalah tanda-tanda dari anafilaksis, yakni sebuah reaksi alergi yang mengancam jiwa.

Baca Juga : Apakah Alergi saat Hamil dapat Memengaruhi Perkembangan Janin?

Obat selangkangan gatal

Gatal di selangkangan terjadi ketika spesies jamur tertentu menumpuk di kulit, tumbuh di luar kendali dan menyebabkan peradangan. Kondisi ini juga disebut tinea cruris.

Ada beberapa metode atau jenis obat yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi selangkangan gatal. Berikut informasinya!

1. Pilihan obat untuk selangkangan gatal

Saat kamu mengalami gatal yang parah di area selangkangan, dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa pilihan pengobatan. Di antaranya:

  • Konsumsi obat oral: seperti flukonazol (Diflucan) atau itraconazole (Sporanox)
  • Penggunaan obat topikal/oles: seperti oxiconazole (Oxistat) atau econazole (Ecoza)

2. Sampo antijamur

Sampo obat yang mengandung ketoconazole atau selenium sulfide adalah perawatan yang baik dan kuat untuk gejala gatal di selangkangan. Mereka tersedia dengan resep dari dokter atau tanpa resep.

Produk-produk ini biasanya tidak memiliki efek samping, dan versi OTC mudah dibeli di sebagian besar toko obat dan apotek.

Obat gatal daerah kewanitaan

Saat berbicara mengenai daerah kewanitaan, kamu tidak boleh asal dalam memilih produk, ya. Obat untuk gatal di daerah kewanitaan biasanya didasarkan pada penyebab terjadinya gatal-gatal.

Setelah dokter menemukan penyebab yang mendasari rasa gatal pada vagina kamu, mereka akan merekomendasikan pilihan pengobatan.

1. Obat untuk gatal karena infeksi jamur vagina

Jika gatal di daerah kewanitaan kamu disebabkan oleh infeksi jamur, dokter mungkin akan memberikan resep obat antijamur. Ini tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk krim, salep, atau pil. 

Namun, jika dokter tidak pernah mendiagnosis kamu dengan infeksi jamur, pastikan untuk berbicara dengan dokter sebelum minum obat yang dijual bebas.

2. Obat gatal daerah kewanitaan karena BV

Bakterial vaginosis (BV) adalah penyebab umum lainnya dari rasa gatal pada vagina. Seperti infeksi jamur vagina, BV dipicu oleh ketidakseimbangan antara bakteri baik dan jahat yang muncul secara alami di dalam vagina.

Untuk mengatasi gatal karena BV, dokter mungkin akan merekomendasikan obat antibiotik. Pilihannya ada yang dalam bentuk pil, ada juga bentuk krim yang dimasukkan ke dalam vagina kamu.

3. Mengatasi gatal di area vagina karena penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual atau PMS dapat ditularkan selama hubungan seksual tanpa pelindung dan menyebabkan gatal di vagina.

Kamu dapat mengobati PMS dengan antibiotik, antivirus, atau antiparasit. Kamu harus minum obat secara teratur dan menghindari hubungan seksual sampai infeksi atau penyakit kamu sembuh.

4. Obat gatal daerah kewanitaan karena menopause

Wanita yang sedang mengalami menopause atau yang telah mengalaminya lebih berisiko mengalami gatal-gatal pada vagina.

Gatal yang berhubungan dengan menopause dapat diobati dengan krim estrogen, tablet, atau sisipan cincin vagina.

5. Penyebab lainnya

Gatal di daerah kewanitaan juga bisa terjadi karena faktor penyebab lain. Namun jenis gatal dan iritasi pada vagina sering kali hilang dengan sendirinya.

Untuk mengatasi peradangan dan rasa ketidaknyamanan yang timbul akibat rasa gatal, kamu bisa mengoleskan krim atau lotion steroid.

Namun, kamu harus membatasi seberapa banyak kamu menggunakannya karena produk ini juga dapat menyebabkan iritasi kronis dan gatal jika menggunakannya secara berlebihan.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Kutu Rambut Kemaluan Penyebab Gatal Organ Intim

Obat gatal untuk anak

Tidak semua obat kulit gatal yang disebutkan di atas aman jika digunakan oleh anak-anak ya. Jadi, saat anak mengalami kulit gatal-gatal, coba beberapa obat berikut ini!

1. Obat gatal alami untuk anak

Saat anak mengalami gatal-gatal, sebagai pertolongan pertama Moms dapat melakukan beberapa metode perawatan rumahan.

Metode ini bisa dilakukan untuk meredakan gatal dan mengurangi kerusakan yang mungkin dia lakukan pada kulitnya dengan menggaruk.

  • Jaga kuku anak agar tetap pendek
  • Pilihkan pakaian berbahan katun yang longgar dan ringan
  • Jangan sampai membuat anak berkeringat, karena berkeringat kemungkinan besar akan membuatnya semakin gatal
  • Mandi atau berendam dengan air dingin atau hangat, tapi hindari memakai air panas
  • Jangan biarkan kulitnya kering
  • Menghindari alergen atau hal-hal yang tampaknya memicu gatal pada kulit anak, terutama jika dia menderita eksim, kulit sensitif, atau alergi terhadap nikel
  • Jika gatal-gatalnya parah, minta anak untuk memakai sarung tangan katun lembut semalaman untuk mengurangi garukan

2. Antihistamin oral

Benadryl (diphenhydramine hydrochloride) adalah antihistamin oral standar yang digunakan kebanyakan orang tua saat anak-anak mereka mengalami gatal. Satu-satunya kelemahan Benadryl adalah efeknya yang pendek (sekitar 4-6 jam) dan dapat membuat anak-anak sangat mengantuk.

Ini tersedia tanpa resep tanpa resep dan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tablet cair, dapat dikunyah, dan cepat meleleh, sehingga bahkan anak-anak yang lebih muda yang tidak dapat menelan pil dapat menerimanya dengan mudah.

3. Obat salep non-steroid untuk anak

Banyak obat topikal non-steroid dapat digunakan dan dikombinasikan dengan krim steroid topikal untuk memberikan bantuan maksimal, baik dengan atau tanpa obat antihistamin oral, seperti Benadryl (diphenhydramine).

Berhati-hatilah untuk tidak mencampurkan Benadryl topikal dan oral bersamaan, bagaimanapun, seperti Benadryl bersifat menenangkan bahkan dalam dosis normal.

4. Steroid topikal

Steroid topikal biasanya menjadi andalan dalam perawatan pereda gatal yang dijual bebas. Obat steroid topikal bekerja sangat baik untuk jenis ruam gatal yang meradang atau alergi, seperti gigitan serangga dan poison ivy.

Mereka termasuk berbagai merk krim hidrokortison 0,5 persen dan 1 persen, seperti:

  • Aveeno 1 persen Hydrocortisone Anti-Itch Cream
  • Cortizone 10
  • Cortaid

Steroid biasanya harus dihindari jika menurut Moms anak mengalami infeksi jenis apa pun yang menyebabkan gatal-gatal. Dengan infeksi, penggunaan steroid topikal dapat memperburuk ruam dan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri.

Pastikan untuk mengecek kesehatanmu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 11 Mei 2020. The 8 Remedies for Itching 

Mayo Clinic (2018). Diakses pada 11 Mei 2020. Itchy Skin (Pruritus) 

Medical  News Today (2018). Diakses pada 11 Mei 2020. Why is My Skin Itchy?

Medicinenet (2019). Diakses pada 11 Mei 2020. How to Stop Itching 

Medicinenet (2019). Diakses pada 11 Mei 2020. Ringworm: Treatment, Pictures, Causes, and Symptoms 

Medicinenet (2019). Diakses pada 11 Mei 2020. Topical Corticosteroids 

AADA. Diakses pada 25 Januari 2021. HOW TO RELIEVE ITCHY SKIN

Medical News Today. Diakses pada 25 Januari 2021. How to relieve itching

Verywell Health. Diakses pada 25 Januari 2021. How to Put a Stop to Itching

Verywell Health. Diakses pada 25 Januari 2021. Anti-Itch Creams and Remedies for Children

Healthline. Diakses pada 25 Januari 2021. What Makes Jock Itch Resistant, and How to Treat It

Healthline. Diakses pada 25 Januari 2021. What to Know About Vaginal Itching

    register-docotr