Diet dan Nutrisi

Daftar Sayur yang Mengandung Gas dan Cara Mengonsumsinya

March 28, 2021 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Walaupun gas berlebih dan kembung terkadang dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya, namun hal ini sering kali terjadi karena makanan yang dikonsumsi pada saat itu. Salah satu penyebabnya bisa karena sayuran. Simak yuk deretan sayur yang mengandung gas.

Sayur yang mengandung gas

Gas dan kembung memengaruhi hampir semua orang pada suatu waktu. Walaupun mengeluarkan gas dan bersendawa adalah cara alami bagi tubuh untuk membuang udara berlebih yang terperangkap di usus, gas yang berlebihan terkadang bisa memalukan dan menyakitkan.

Seperti dilansir dari laman Medical News Today, berikut ini beberapa sayur yang mengandung gas: 

Brokoli 

Seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, brokoli dan sayuran silangan lainnya mengandung raffinose dan serat dalam jumlah besar. Sayuran silangan lainnya yang mengandung raffinose dan memiliki kandungan serat yang tinggi antara lain:

  • Kol bunga
  • Kubis Brussel
  • Kubis
  • Asparagus

Beberapa makanan ini, seperti asparagus, dapat menyebabkan gas yang sangat berbau.

Kacang-kacangan 

Seperti kacang polong dan lentil, memiliki reputasi sebagai penyebab gas. Kacang mengandung gula kompleks dalam jumlah tinggi yang disebut rafinosa, yang sulit diurai oleh tubuh. Kacang juga kaya serat, dan asupan serat yang tinggi dapat meningkatkan gas dalam perut.

Namun, tidak semua legum meningkatkan perut kembung secara merata. Sebuah studi di 2011, menemukan bahwa orang yang makan kacang panggang dan kacang pinto lebih cenderung ada peningkatan gas daripada orang yang makan kacang polong.

Bawang

Bawang adalah makanan umum yang diolah dalam berbagai jenis masakan. Orang bisa makan bawang mentah atau dimasak.

Bawang mengandung fruktosa, yang dipecah oleh usus selama proses pencernaan. Pemecahan gula yang menyebabkan terbentuknya gas. Gas dari bawang bombay juga cenderung menimbulkan bau.

Bawang putih

Bawang putih adalah makanan lain yang digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai macam masakan, dan juga dapat menyebabkan gas berlebih.

Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang mungkin memiliki alergi atau intoleransi terhadap bawang putih yang menyebabkan kembung dan gas.

Cara mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak gas 

Meskipun memiliki banyak kandungan sehat bagi tubuh, tetapi perlu kamu ingat bahwa tidak semua sayuran mentah bisa menjadi yang terbaik dalam keadaannya yang lebih alami. 

Para ahli kesehatan dan kebugaran membahas buah dan sayuran untuk dikonsumsi dan hal-hal yang harus dihindari untuk menjaga perut tetap dalam kondisi yang baik serta berbagai metode untuk memakannya untuk mendapatkan nilai gizi yang optimal.

Ketahui sistem pencernaan dan masak dengan benar

Tidak semua perut diciptakan sama, jadi menangani pola makan yang benar adalah kuncinya. 

Individu yang menderita sindrom iritasi usus besar, direkomendasikan buah dan sayuran yang harus dimasak terlebih dahulu. 

Namun, untuk beberapa jenis sembelit terkait kembung, direrekomendasikan lebih banyak buah dan sayuran mentah untuk membantu transit. 

Hindari sayuran mentah secara berlebihan 

Meskipun sayuran rendah karbohidrat dan renyah seperti kembang kol, brokoli, dan kangkung. Namun jika dikonsumsi mentah dan berlebihan, sayuran ini terkadang dapat merugikan bagi kesehatan tubuh. 

Mengonsumsi makanan nabati mentah sering kali merupakan cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi yang optimal. Namun, kandungan serat yang tinggi pada beberapa sayuran bisa berlebihan untuk perut dan menyebabkannya kembung, jadi pastikan untuk mencampurkannya sedikit.

Kembang kol telah menjadi sayuran yang seringkali digunakan sebagai bahan utama dalam olahan masakan seperti nasi goreng.

Namun, perlu kamu ketahui ketika kembang kol dicincang dan dimakan mentah bersama dengan kangkung, brokoli dan kubis Brussel, hal itu justru akan menimbulkan kembung. 

Baca juga: Apakah Sayuran yang Digoreng Sehat bagi Tubuh? Ini Jawabannya!

Bantu dengan konsumsi sayuran yang mengandung banyak air 

Memilih makanan nabati yang kaya air dapat menciptakan efek kemerahan yang akan membuat perut tidak kembung, terutama jika dikonsumsi mentah. Mentimun, misalnya, adalah camilan yang enak untuk meredakan perut kembung karena mengandung antioksidan flavonoid. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2018) diakses pada 18 Maret 2021. Which foods cause gas and bloating?
  2. Healthline.com (2020) diakses pada 18 Maret 2021. 10 Foods That Cause Gas
  3. Thezoereport.com (2020) diakses pada 18 Maret 2021. This Trendy Superfood Could Be Causing Bloating Issues
  4. Hsph.harvard.edu (2021) diakses pada 18 Maret 2021. Vegetables and Fruits 
    register-docotr