Diet dan Nutrisi

Manfaat Temulawak bagi Tubuh: Obati Jerawat hingga Turunkan Kolesterol

May 12, 2020 | Ajeng Annastasia
feature image

Sampai saat ini, temulawak sering digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan tradisional dan produk kecantikan. Nah, tahukah kamu apa saja manfaat temulawak bagi kesehatan?

Ya, temulawak sudah diketahui sejak lama memiliki ragam manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Manfaat temulawak bagi kesehatan

Manfaat temulawak untuk kesehatan ada sangat banyak. Foto: Pexels.com

Bagian dari temulawak yang paling berkhasiat adalah rimpang atau umbi yang berada di dalam tanah.

Sejak dahulu, rimpang temulawak dikenal mempunyai banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Termasuk juga mengobati jerawat dan menurunkan kolesterol

Manfaat temulawak untuk kulit wajah: mengobati jerawat

Jerawat adalah radang pada kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicu jerawat adalah hormon, polusi, dan kuman. Temulawak mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang berguna sebagai antioksidan. 

Antioksidan berperan sebagai penetral radikal bebas seperti asap dan polusi yang dapat menimbulkan jerawat. Selain itu, juga bisa menyebabkan noda hitam dan gejala penuaan. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan masker temulawak secara rutin.

Masker temulawak bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi risiko munculnya jerawat di kulit. Efek anti-inflamasi sekaligus juga meredakan peradangan di kulit akibat jerawat.

Mengatasi masalah batu empedu

gejala usus buntu
Masalah batu empedu bisa membantu mengurangi nyeri akibat batu empedu. Foto: Shutterstock.com

Temulawak memiliki kemampuan meningkatkan aktivitas kolagoga yang dapat meningkatkan produksi cairan empedu serta merangsang pengosongan kantung empedu.

Kolagoga adalah zat atau senyawa yang digunakan sebagai peluruh atau penghancur batu empedu.

Baca juga: Ini Segudang Manfaat Lidah Buaya agar Kulit Tetap Cantik dan Sehat

Membantu mengobati osteoarthritis

Osteoarthritisadalah penyakit sendi yang terjadi karena degenerasi tulang rawan sendi, peradangan di dalam sendi, dan perubahan pada tulang subkondral. Osteoarthritismuncul akibat faktor usia yang menua, serta trauma sendi.

Temulawak mengandung kurkumin dan minyak atsiri yang memiliki sifat anti-inflamasi. Karena itu, ia sangat cocok dikonsumsi oleh penderita radang sendi atau osteoarthritis. Ia juga dapat meredakan rasa sakit pada sendi.

Menurut sebuah penelitian medis dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), disebutkan bahwa pemberian ekstrak temulawak dapat mengurangi rasa nyeri sendi yang terserang osteoarthritis dengan kemampuan yang tidak berbeda dibandingkan dengan obat natrium diklofenak.

Menjaga kesehatan hati

Ekstrak dari temulawak bermanfaat untuk melindungi hati. Foto: Shutterstock.com

Temulawak memiliki manfaat sebagai hepatoprotektoratau penjaga kesehatan hati. Berdasarkan jurnal dari Scientific Research Journal, ekstrak dari temulawak memiliki manfaat untuk melindungi hati dari hepatotoksik. 

Zat hepatotoksiktersebut adalah karbon tetraklorida dan acetaminophen. Hepatotoksikmerupakan zat kimia yang dapat memberikan dampak buruk pada hati.

Penderita gangguan hati memiliki nilai SGPT di atas normal. SGPT merupakan enzim yang diproduksi oleh hepatocytes, sel yang terdapat di hati. 

Apabila terjadi kerusakan pada sel hati, nilai SGPT akan meningkat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Indonesia, kurkumin dosis 25 mg selama 2 minggu mampu menurunkan nilai SGPT.

Menurunkan kolesterol

Kandungan kurkumin pada temulawak dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kurkumin juga berperan dalam penurunan lemak darah. Manfaat tersebut juga dirasakan oleh jantung dan sistem kardiovaskular. 

Temulawak cocok digunakan sebagai penurun kolesterol karena efek sampingnya lebih sedikit. Obat dan terapi yang biasanya digunakan untuk menurunkan kolesterol, umumnya memiliki efek samping berupa gangguan pada hati. 

Sementara temulawak memiliki manfaat untuk melindungi hati, sehingga risiko gangguan hati bisa dikurangi.

Baca juga: Cukup dengan Bahan Rumahan, Ini Cara Menghilangkan Kantung Mata

Mengatasi penyakit maag

Kandungan kurkumin, monoterpen, dan seskuiterpen pada temulawak dapat membantu mengatasi penyakit maag. Mengonsumsi temulawak secara teratur dapat mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit maag.

Selain maag, temulawak juga baik untuk mengatasi masalah lambung lainnya.

Manfaat temulawak lainnya: menambah nafsu makan

Kurkumin dalam temulawak diyakini bisa meningkatkan nafsu makan. Foto: Shutterstock.com

Salah satu manfaat temulawak yang paling sering disebut-sebut adalah kemampuannya untuk menambah nafsu makan.

Hanya saja memang belum ada penelitian yang menunjukkan kaitan langsung antara temulawak dan fungsinya dalam meningkatkan nafsu makan. 

Temulawak dipercaya dapat menambah nafsu makan karena adanya zat aktif kurkumin di dalam temulawak. Kurkumin dapat meningkatkan aktivitas enzim pencernaan sehingga akan menambah nafsu makan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

NCBI. Diakses 11 Desember 2019. Effects of Curcuma xanthorrhiza Extracts and Their Constituents on Phase II Drug-metabolizing Enzymes Activity
CCRC UGM. Diakses 11 Desember 2019. Kunyit (Curcuma longa Linn.)
WebMD. Diakses 11 Desember 2019. Health Benefits of Turmeric

    register-docotr