Diet dan Nutrisi

9 Manfaat Pisang, Mengobati Tukak Lambung hingga Risiko Stroke

September 21, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Jika kamu suka mengonsumsi pisang, maka kamu termasuk yang beruntung. Karena berbagai manfaat pisang untuk kesehatan tubuh berikut ini dapat membantumu mendapatkan tubuh yang lebih sehat lho!

Selama ini banyak orang mengetahui manfaat pisang sebagai salah satu buah yang kaya akan serat. Tapi ternyata lebih dari itu, buah berkulit kuning ini memiliki berbagai manfaat lainnya. 

Apa saja manfaat pisang yang perlu kamu tahu? Berikut penjelasan selengkapnya.

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh yang wajib kamu tahu

Ada berbagai jenis pisang yang bisa kamu temukan di pasaran. Meskipun demikian, manfaat pisang ambon dan manfaat pisang kepok yang paling terkenal di antara semua jenis pisang. Keduanya merupakan jenis pisang yang banyak difavoritkan.

Kaya akan kandungan nutrisi, berikut adalah manfaat pisang untuk kesehatan tubuh.

Baik untuk perut

Manfaat pisang kepok dan manfaat pisang ambon yang pertama adalah sangat baik untuk kesehatan perut. Jika mengalami masalah pada perut atau keracunan makanan, pisang bisa menjadi salah satu solusinya.

Pisang adalah makanan lunak sehingga mudah melewati saluran pencernaan. Selain itu, kalium dalam pisang dapat membantu mengembalikan elektrolit yang hilang. 

Pisang juga bisa menenangkan perut saat mengalami diare. Serat yang terkandung dalam pisang akan membantu memperbaiki tekstur feses saat diare.

Pisang yang kaya akan serat juga baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Karena serat dapat membantu melancarkan feses dan mencegahmu mengalami sembelit. 

Selain itu, serat pada pisang juga membuatmu lebih lama merasa kenyang. Sehingga baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. 

Menurunkan tekanan darah

Pisang mengandung potasium yang membantu menurunkan tekanan darah dengan cara menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. American Heart Association merekomendasikan pisang sebagai makanan yang mengandung potasium tinggi untuk menurunkan tekanan darah. 

Selain mengonsumsi pisang, menurunkan tekanan darah juga perlu dibarengi dengan mengonsumi makanan sehat. Kamu juga perlu mengurangi jumlah asupan garam dan memperhatikan asupan lemak jenuh. 

Mengurangi risiko stroke

Kandungan potasium dalam pisang juga dapat menurunkan risiko stroke pada wanita yang telah mengalami menopause. Seperti yang diungkapkan sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Association

Studi tersebut menyatakan bahwa wanita menopause yang mengonsumsi makanan tinggi potasium memiliki risiko lebih rendah terkena stroke dan meninggal dibanding mereka yang mengonsumsi makanan rendah potasium. 

Mengurangi risiko terjadinya stroke adalah manfaat pisang ambon yang paling terkenal karena pisang ambon juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh lainnya adalah dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Tingginya kandungan potasium dalam pisang memiliki banyak manfaat. Selain menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke pada wanita pascamenopause, juga berguna menjaga kesehatan ginjal. 

Sebuah studi pada wanita menyebutkan bahwa mereka yang makan pisang dua hingga tiga kali dalam seminggu 33 persen lebih rendah terkena penyakit ginjal.

Selain itu, makan pisang empat hingga enam kali dalam seminggu lebih kecil lagi kemungkinan terserang penyakit ginjal. 

Sumber magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan normal, seperti untuk fungsi otot dan saraf. Magnesium juga dibutuhkan dalam proses produksi energi, mengontrol glukosa dan mengontrol tekanan darah. 

Kekurangan magnesium dapat menimbulkan masalah dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gejala seperti:

  • Kehilangan selera makan.
  • Migrain.
  • Osteoporosis.
  • Mual dan Muntah.
  • Mati rasa dan kesemutan.
  • Masalah detak atau irama jantung.
  • Kejang.

Penderita diabetes tipe 2, pecandu alkohol dan orang dengan pola makan buruk memiliki risiko lebih tinggi mengalami kekurangan magnesium. Mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang dapat memenuhi 16 persen kebutuhan magnesium harianmu. 

Sumber mangan

Mungkin kamu tidak banyak mendengar tentang mangan. Namun mangan adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Keberadaannya di dalam tubuh dapat membantu proses metabolisme. Mangan juga berperan dalam perkembangan tulang dan penyembuhan luka. 

Mangan juga dapat membantu mencegah migrain, mengurangi risiko komplikasi kehamilan dan mengurangi risiko kematian setelah mengalami serangan jantung. Pisang adalah salah satu sumber mangan yang bisa kamu andalkan.

Mengobati tukak lambung

Pisang mengandung antioksidan flavonoid yang disebut leucocyanidin. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan lapisan selaput lendir di perut. Ini dapat membantu memperbaiki kondisi tukak lambung. Serta dapat mencegah tukak lambung bertambah buruk. 

Antioksidan untuk tubuh

Manfaat pisang lainnya yang perlu kamu ketahui adalah sumber antioksidan. Pisang mengandung beberapa tipe antioksidan, termasuk dopamin dan katekin. 

Antioksidan dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas yang berlebih dalam tubuh dapat merusak sel-sel dan menyebabkan beberapa penyakit kronis, salah satunya kanker. 

Sementara untuk jenis dopamin dan katekin diketahui dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif, yaitu penyakit yang terkait pada sistem saraf pusat. 

Meningkatkan metabolisme

Memiliki kandungan vitamin B yang berbeda, manfaat pisang kepok yang paling terkenal adalah dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Tak hanya itu, manfaat pisang kepok lainnya juga dapat memberikan dorongan energi dan membantu fungsi sistem saraf.

Manfaat pisang untuk ibu hamil

Manfaat pisang untuk ibu hamil yakni dapat meringankan mual di pagi hari. Efek ini karena pisang mengandung vitamin B6 atau pyridoxine, yang dikenal dapat mengatasi efek samping kehamilan, seperti mual di pagi hari. 

Makan beberapa pisang setiap hari bisa menjadi alternatif meredakan mual untuk ibu hamil. Seperti yang direkomendasikan oleh National Institutes of Health Office of Dietary Supplements (ODS).

Tak hanya itu, manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya yakni dapat membantu perkembangan janin yang sehat.

Hal ini karena kandungan karbohidrat, asam lemak esensial omega-3 dan omega-6, berbagai vitamin, magnesium, kalsium, serta kalium yang mana semua nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Manfaat pisang untuk wajah

Manfaat pisang untuk kesehatan tubuh memang banyak sekali. Namun, pisang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah lho.

Manfaat pisang untuk wajah yang sudah menjadi rahasia umum adalah dapat menjaga kelembapan kulit. Ini karena kandungan vitamin A yang mempu untuk mengembalikan kelembapan dan memperbaiki kulit kering.  

Pisang juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Manfaat masker pisang alami ini baik untuk kulit wajah karena mengandung vitamin C dan antioksidan yang diperlukan untuk memproduksi kolagen. Kolagen dibutuhkan kulit untuk melawan efek negatif dari paparan sinar matahari. 

Selain itu, manfaat pisang untuk wajah lainnya yakni pisang dapat membantu mengobati jerawat serta menyerap minyak.

Cara membuat masker pisang untuk wajah

Manfaat masker pisang dapat diperoleh dengan cara yang mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan pisang hingga berbentuk pasta. Oleskan pada kulit yang bersih dan biarkan setidaknya 15 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Untuk mendapatkan manfaat masker pisang yang lebih banyak, kamu juga dapat menambahkan beberapa bahan alami ke dalam masker lho. Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa kamu tambahkan.

  • Madu: Untuk kulit kering, kulit berminyak, dan berjerawat
  • Sedikit jus lemon atau jeruk: Untuk membantu menyamarkan bekas luka
  • Alpukat tumbuk: Untuk menambahkan kelembapan pada kulit
  • Yoghurt: Untuk melembapkan dan memberikan efek menenangkan
  • Bubuk kunyit: Untuk mengurangi flek hitam dan jerawat, sekaligus mencerahkan kulit

Itulah beberapa manfaat pisang yang perlu kamu tahu, banyak sekali bukan? Maka dari itu, tak ada salahnya lho memasukan pisang ke dalam menu makananmu agar kesehatanmu tetap terjaga.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com diakses 2 Juni 2020 Benefits and health risks of bananas 
  2. Healthline diakses 2 Juni 2020 9 Ways Eating Bananas Can Benefit Your Health
  3. Healthline diakses 2 Juni 2020 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas
  4. First Cry (2018) diakses 21 September 2020 Eating Bananas During Pregnancy
  5. Healthline (2019) diakses 21 September 2020 Can a Banana Face Mask Help the Health of Your Skin?
  6. Organic Facts diakses 21 September 2020 5 Proven Benefits of Saba Banana
  7. Taste of Home (2019) diakses 21 September 2020 9 Suprising Banana Benefits That Go Beyond Your Daily Dose of Potassium 
    Berita Terkait
    register-docotr