Diet dan Nutrisi

Penggemar Jamu Wajib Tahu, Ini Manfaat Lempuyang untuk Kesehatan

July 3, 2020 | Richaldo Hariandja
no-image

Kamu dapat melihat manfaat lempuyang bagi kesehatan melalui pemanfaatannya sebagai bahan campuran jamu. Mulai dari pengikat stamina, hingga obat antiinfeksi.

Manfaat lempuyang sebagai bahan obat berhubungan dengan kandungan metabolit. Sebuah jurnal dari Universitas Kristen Indonesia mencatat terdapat kandungan alkaloid, saponin, flavanoid, poliphenol dan essensial oil di dalam lempuyang.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat lempuyang, kamu bisa simak penjelasan berikut ini:

Lempuyang sebagai obat antiinflamasi

Inflamasi merupakan respons alami tubuh terhadap penyembuhan infeksi, luka dan iritasi. Kondisi ini merupakan pertahanan sebagai mekanisme pelindung, tapi peradangan yang persisten akan sangat mengganggu kesehatan dan dapat menyebabkan penyakit kronis.

Lempuyang memiliki kemampuan sebagai antiinflamasi karena ekstrak dari rempah ini mampu menghambat kerja enzim cyclooxygenase, lipoxygenase, myeloperoxidase dan nitric oxide synthase. Enzim-enzim ini berperan dalam terjadinya inflamasi.

Lempuyang sebagai antimikroba

Manfaat lempuyang lainnya karena kandungan Terpinen-4-ol yang dapat menyebabkan kematian mikroba. 

Mikroba yang terpengaruh oleh kandungan itu antara lain Escherichia coli, Klebsiella pneumoniae, Salmonella typhi dan Shigella flexneri.

Dari daftar di atas kamu pasti kenal dengan Bakteri E. coli yang menyebabkan beberapa penyakit seperti anemia dan gagal ginjal. Selain itu, bakteri ini pun dapat menyebabkan infeksi kandung kemih dan jenis infeksi lainnya.

Lempuyang dapat meredakan demam

Demam pada anak-anak dapat menyebabkan kejang-kejang apabila tidak diatasi. Untuk itu, kamu bisa memakai lempuyang sebagai obat tradisional penghilang panas karena kandungan anti kejangnya.

Kandungan paracetamol di dalam rempah ini juga menghadirkan manfaat sebagai obat demam.

Manfaat lempuyang bisa kamu dapatkan dengan menghaluskan 15 gram rimpang lempuyang gajah dan 30 gram krokot, lalu rebus dengan 300 ml air sampai mendidih.

Setelah itu kamu bisa saring air rebusan dan minum selagi hangat. Kamu cukup minum ramuan ini sehari sekali.

Meningkatkan nafsu makan

Lempuyang memiliki kandungan yang hampir sama dengan temulawak untuk meningkatkan nafsu makan.

Manfaat ini penting, terutama bagi anak yang membutuhkan banyak asupan nutrisi lewat makanan.

Untuk mendapatkan khasiat ini, kamu bisa merebus 25 gram lempuyang emprit yang sudah diparut dan gula merah secukupnya dengan 500 ml air sampai tersisa 200 ml. Setelah dingin, saring air rebusan dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 sendok makan.

Lempuyang dapat mengatasi diare

Rizoma dari lempuyang efektif dalam mengatasi gejala diare dan disentri. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, dan kandungan antimikroba lempuyang dapat memainkan fungsi penting di sini.

Lempuyang juga memiliki khasiat dalam mengatasi kolera. Kamu bisa membuat sendiri obat ini dengan cara merebus 10 gram lempuyang emprit dan 2 butir cabe jawa dengan 600 ml air sampai menyusut hingga 300 ml.

Setelah dingin, saring hasil rebusan tersebut dan kamu bisa meminumnya langsung dua kali sehari dengan masing-masing 150 ml per sekali minum.

Mengatasi rematik

Rematik dapat diatasi dengan lempuyang. Untuk mendapatkan khasiat ini, biasanya lempuyang akan dicampur dengan cabe jawa.

Kamu juga bisa coba dengan menumbuk halus lempuyang emprit lalu menambahkannya dengan minyak kelapa. Setelah itu, balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

Mengatasi kencing batu

Kencing batu dapat diatasi dengan lempuyang gajah. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan merebus 10 gram rimpang lempuyang, 20 gram daun kumis kucing, 5 gram temulawak, 5 gram daun keji beling dan 5 gram meniran segar.

Rebus semua bahan tersebut dalam 600 ml air dan tunggu hingga menjadi 300 ml. Setelah itu saring air rebusan lalu minum saat masih hangat 2 kali sehari dengan masing-masing sebanyak 150 ml.

Meningkatkan stamina

Lempuyang dapat meningkatkan stamina. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan memarut 25 gram rimpang lempuyang gajah dan tambahkan gula merah secukupnya.

Kedua bahan ini harus direbus dalam 600 ml air hingga menyusut menjadi 300 ml. Saring air rebusan, lalu minum saat masih hangat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Academia.edu (2018) diakses 29 Juni 2020. https://www.academia.edu/36594903/Lempuyang
  2. Drhealthbenefits.com diakses 29 Juni 2020. https://drhealthbenefits.com/herbal/herbal-spices/health-benefits-of-bitter-ginger
  3. Ebook TUmbuhan Obat dan Khasiatnya (2008) diakses 29 Juni 2020. https://books.google.co.id
    Berita Terkait
    register-docotr