Diet dan Nutrisi

Bisa Cegah Penuaan Dini, Ini Berbagai Manfaat Labu Siam yang Harus Kamu Tahu

October 1, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Labu siam yang kerap dimasukkan ke berbagai resep makanan ini selain nikmat juga punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Mulai kandungan serat yang baik untuk pencernaan, hingga antioksidan yang bisa memperlambat proses penuaan.

Apa saja sih kandungan nutrisi labu siam dan manfaatnya untuk kesehatan? Simak melalui ulasan berikut ini.

Baca Juga: Yuk, Terapkan 8 Cara Ini, untuk Menurunkan Darah Tinggi

Mengenal labu siam

Labu siam adalah jenis labu-labuan yang masuk ke dalam keluarga Cucurbitaceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko lalu menyebar ke Amerika Latin dan kini bisa ditemukan di seluruh penjuru dunia.

Saat matang, sayuran berbentuk buah pir yang indah ini memiliki warna hijau ke putih, tekstur renyah, dan sangat manis. 

Labu siam diperkaya dengan berbagai nutrisi dan senyawa antioksidan yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Selain itu kalori labu siam juga rendah tapi memiliki serat tinggi.

Kandungan nutrisi labu siam yang bawa manfaat

Satu buah labu siam dapat memberikan kamu suplai berbagai vitamin, mineral, dan serat. Dilansir dari Healthline, berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada satu buah labu siam yang berukuran 203 gram.

  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 4 gram – 14% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin C: 26% dari RDI
  • Vitamin B9 (folat): 47% dari RDI
  • Vitamin K: 10% dari RDI
  • Vitamin B6: 8% dari RDI
  • Mangan: 19% dari RDI
  • Tembaga: 12% dari RDI
  • Seng: 10% dari RDI
  • Kalium: 7% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI

Kalori labu siam tergolong rendah sehingga cocok sebagai menu diet. Selain itu kandungan lemak, natrium dan karbohidratnya rendah tetapi kandungan folatnya tinggi.

Manfaat labu siam untuk kesehatan

Dari beragam kandungan nutrisi di atas, apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan kita? Berikut ulasannya.

1. Antioksidan tinggi

Labu siam mengandung senyawa antioksidan di antaranya quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Dari keempat senyawa tersebut, myricetin memiliki proporsi terbesar.

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa myricetin membawa sifat antikanker, antidiabetes, dan anti-inflamasi yang kuat. Selain itu, labu siam merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan memegang fungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Jadi dengan mengonsumsi makanan berantioksidan tinggi, kamu bisa dihindarkan dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan myricetin ternyata juga bisa membawa manfaat untuk jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kandungan ini mampu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu kandungan dalam labu siam juga bisa membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

Kedua faktor tadi sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Makan labu siam dapat menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk.

3. Bantu jaga berat badan

Labu siam mengandung serat yang cukup tinggi. Serat sendiri memegang peranan penting dalam pola makan yang sehat. 

Serat mampu bantu jaga berat badan, meningkatkan kesehatan usus, mengatur dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, hingga bantu kontrol kadar gula darah dan turunkan kolesterol.

Selain itu, serat juga bisa membantu kamu kenyang lebih lama. Sehingga bisa membantu proses diet kamu.

4. Menjaga kehamilan yang sehat

Kandungan folat atau vitamin B9, sangat penting bagi semua orang khususnya bagi Moms yang sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Selama awal kehamilan, folat diperlukan untuk menunjang perkembangan otak dan sumsum tulang belakang dari janin. Asupan folat yang cukup juga dapat berperan dalam mencegah kelahiran prematur.

Dari satu buah labu siam saja, kita bisa mendapatkan lebih dari 40 persen RDI atau saran konsumsi harian.

5. Lawan penuaan dini

Labu siam merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C ini juga berperan penting sebagai antioksidan yang mampu memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel-sel dari radikal bebas dan menjaga penampilan kulit agar tetap kencang dan awet muda.

Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, salah satu protein utama yang ditemukan di kulit kita. Kolagen berperan penting dalam memberi kulit penampilan yang muda dan kencang.

6. Cegah kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tabung reaksi menunjukkan bahwa beberapa senyawa pada labu bisa memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukemia.

Namun diperlukan penelitian pada objek manusia untuk memastikan efek melawan kanker pada manusia.

Baca Juga: Suka Makan Pedas Saat Hamil? Ini Hal Penting Perlu Moms Ketahui

7. Bantu turunkan kadar gula darah

Labu siam memiliki total karbohidrat rendah dan serat larut tinggi, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Serat larut berperan untuk memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, di mana proses ini berperan dalam kontrol terhadap gula darah.

Labu siam juga bisa mengontrol kadar gula darah dengan cara memengaruhi kinerja insulin.

8. Memelihara kesehatan pencernaan

Konsumsi labu siam untuk asam lambung juga sangat disarankan. Senyawa flavonoid di dalamnya baik untuk meningkatkan pencernaan. Flavonoid ini bekerja dengan cara mendorong enzim pencernaan yang terlibat dalam pembuangan dan ekskresi produk limbah di saluran pencernaan

Labu siam juga mendorong fungsi usus yang sehat serta bakteri usus. Inilah mengapa labu siam untuk asam lambung cukup populer di masyarakat.

Cara masak labu siam

Ada banyak menu dan pilihan cara masak labu siam yang bisa kamu coba. Mulai dari digoreng, ditumis, dihaluskan, dipanggang, direbus atau diberi isian. Labu siam juga bisa diiris kemudian dikonsumsi dalam keadaan mentah lho!

Labu siam juga bisa dikupas atau dimasak dengan kulit. Namun cara masak labu siam harus lebih diperhatikan agar kulitnya tidak berubah menjadi keras. Dalam masakan Indonesia, labu siam umumnya ditemukan pada menu seperti sayur asem, sayur lodeh, tumisan hingga salad. 

Daun labu siam juga kerap disajikan sebagai santapan. Sama seperti buahnya, daun labu siam juga baik untuk kesehatan tubuh. Umumnya daun labu siam disajikan sebagai tumisan.

Jus labu siam 

Cara masak labu siam lainnya adalah dengan membuat jus. Jus labu siam cukup populer untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap porsi 1 cangkir jus labu siam mentah hanya mengandung 48 kalori. Ini berarti kalori labu siam dalam secangkir jus sangat rendah.

Selain rendah kalori, jus labu siam juga rendah gula. Kandungan gula alami dari jus labu siam dapat meningkatkan fungsi usus, membantu mengisi sel-sel otak, otot dan hati. Jus labu siam juga mampu menyediakan energi untuk jaringan.

Di samping itu jus labu siam juga akan membantumu memenuhi asupan vitamin C, zinc, dan folat. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar labu siam? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 8 Juni 2020. 10 Impressive Benefits of Chayote Squash.

One Green Planet. Diakses pada 8 Juni 2020. Chayote 101: What Is It, Health Benefits, and How to Use it.

SF Gate. Diakses pada 8 Juni 2020. What Are the Benefits of Chayote?.

    Berita Terkait
    register-docotr