Diet dan Nutrisi

Bisa Cegah Penuaan Dini, Ini Berbagai Manfaat Labu Siam yang Harus Kamu Tahu

October 1, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Labu siam kerap dimasukkan ke berbagai resep makanan karena rasanya yang sangat nikmat. Selain itu, manfaat labu siam untuk kesehatan juga banyak sekali lho.

Mulai dari kandungan seratnya yang baik untuk pencernaan, hingga senyawa antioksidan di dalamnya yang bisa memperlambat proses penuaan.

Lalu apa saja sih, kandungan nutrisi labu siam dan manfaatnya untuk kesehatan? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Yuk, Terapkan 8 Cara Ini, untuk Menurunkan Darah Tinggi

Mengenal labu siam

Labu siam adalah jenis labu-labuan yang masuk ke dalam keluarga Cucurbitaceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko lalu menyebar ke Amerika Latin dan kini bisa ditemukan di seluruh penjuru dunia.

Saat matang, sayuran berbentuk buah pir yang indah ini memiliki warna hijau ke putih, tekstur renyah, dan sangat manis. 

Labu siam diperkaya dengan berbagai nutrisi dan senyawa antioksidan yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Selain itu, kalori labu siam juga rendah tapi memiliki serat tinggi.

Kandungan nutrisi labu siam

Satu buah labu siam dapat memberikan kamu suplai berbagai vitamin, mineral, dan serat. Dilansir dari Healthline, berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada satu buah labu siam yang berukuran 203 gram.

  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 4 gram – 14% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin C: 26% dari RDI
  • Vitamin B9 (folat): 47% dari RDI
  • Vitamin K: 10% dari RDI
  • Vitamin B6: 8% dari RDI
  • Mangan: 19% dari RDI
  • Tembaga: 12% dari RDI
  • Seng: 10% dari RDI
  • Kalium: 7% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI

Dilansir dari Verywellfit, ada kurang dari satu gram lemak dalam secangkir labu siam mentah, dan jumlah yang sangat kecil adalah lemak tak jenuh ganda. Lemak ini lebih sehat karena dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis lainnya.

Kalori labu siam juga tergolong rendah sehingga cocok sebagai menu diet. Meskipun, kandungan natrium dan karbohidratnya rendah tetapi kandungan folatnya tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Manfaat labu siam untuk kesehatan

Dari beragam kandungan nutrisi di atas, apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan kita? Berikut ulasannya.

1. Antioksidan tinggi

Labu siam mengandung senyawa antioksidan di antaranya quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Dari keempat senyawa tersebut, myricetin memiliki proporsi terbesar.

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa myricetin membawa sifat antikanker, antidiabetes, dan anti-inflamasi yang kuat. Selain itu, labu siam merupakan sumber vitamin C yang sangat baik dan memegang fungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Jadi dengan mengonsumsi makanan berantioksidan tinggi, kamu bisa dihindarkan dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan myricetin ternyata juga bisa membawa manfaat untuk jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa kandungan ini mampu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu kandungan dalam labu siam juga bisa membantu mengendurkan pembuluh darah sehingga bisa meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

Kedua faktor tadi sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Makan labu siam dapat menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk.

3. Bantu jaga berat badan

Labu siam mengandung serat yang cukup tinggi. Serat sendiri memegang peranan penting dalam pola makan yang sehat. 

Serat mampu bantu jaga berat badan, meningkatkan kesehatan usus, mengatur dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, hingga bantu kontrol kadar gula darah dan turunkan kolesterol.

Selain itu, serat juga bisa membantu kamu kenyang lebih lama. Sehingga bisa membantu proses diet kamu.

4. Menjaga kehamilan yang sehat

Kandungan folat atau vitamin B9, sangat penting bagi semua orang khususnya bagi Moms yang sedang hamil atau berencana untuk hamil.

Selama awal kehamilan, folat diperlukan untuk menunjang perkembangan otak dan sumsum tulang belakang dari janin. Asupan folat yang cukup juga dapat berperan dalam mencegah kelahiran prematur.

Dari satu buah labu siam saja, kita bisa mendapatkan lebih dari 40 persen RDI atau saran konsumsi harian.

5. Lawan penuaan dini

Labu siam merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C berperan penting sebagai antioksidan yang mampu memperlambat proses penuaan dengan melindungi sel-sel dari radikal bebas dan menjaga penampilan kulit agar tetap kencang dan awet muda.

Vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, salah satu protein utama yang ditemukan di kulit kita. Kolagen berperan penting dalam memberi kulit penampilan yang muda dan kencang.

Baca juga: Berbagai Contoh Makanan Fungsional yang Bagus untuk Diet Seimbang

6. Cegah kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tabung reaksi menunjukkan bahwa beberapa senyawa pada labu bisa memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukemia.

Namun diperlukan penelitian pada objek manusia untuk memastikan efek melawan kanker pada manusia.

Baca Juga: Suka Makan Pedas Saat Hamil? Ini Hal Penting Perlu Moms Ketahui

7. Bantu turunkan kadar gula darah

Labu siam memiliki total karbohidrat rendah dan serat larut tinggi, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Serat larut berperan untuk memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, di mana proses ini berperan dalam kontrol terhadap gula darah.

Labu siam juga bisa mengontrol kadar gula darah dengan cara memengaruhi kinerja insulin.

8. Memelihara kesehatan pencernaan

Konsumsi labu siam untuk asam lambung juga sangat disarankan. Senyawa flavonoid di dalamnya baik untuk meningkatkan pencernaan. Flavonoid ini bekerja dengan cara mendorong enzim pencernaan yang terlibat dalam pembuangan dan ekskresi produk limbah di saluran pencernaan.

Labu siam juga mendorong fungsi usus yang sehat serta bakteri usus. Inilah mengapa labu siam untuk asam lambung cukup populer di masyarakat.

9. Labu siam untuk asam urat

Dilansir dari PCHRD, fakta bahwa labu siam dapat dikonsumsi untuk menurunkan asam urat terbukti pada hewan yang diuji oleh para peneliti dari Davao Medical School Foundation, Inc.

Efek penurunan asam urat sangat diperlukan bagi penderita hiperurisemia, yaitu kondisi kadar asam urat tinggi yang tidak normal. Dengan memberikan ekstrak daun labu siam pada kelinci yang diinduksi hiperurisemia dan menganalisis kadar asam urat mereka.

Hasilnya ditemukan penurunan yang signifikan setidaknya 25 persen dari kadar asam urat pada kelinci setelah menggunakan ekstrak dengan dosis efektif yang sesuai. Studi tersebut mencatat bahwa efek penurunan asam urat dari labu siam dapat dikaitkan dengan bahan kimia yang disebut flavonoid.

Hiperurisemia sendiri sangat terkait dengan kejadian asam urat yang dapat dikontrol dengan obat allopurinol. Namun, efek samping obat dapat terjadi seperti nyeri buang air kecil dan sakit perut. Dengan demikian labu siam dianggap bisa menjadi solusi untuk pengobatan asam urat.

Selain itu daun labu siam juga dianggap tidak beracun karena tidak ada keracunan atau kematian yang terjadi di antara kelinci yang diuji.

Bagaimana menambahkannya ke dalam diet

Labu siam sangat serbaguna dan relatif mudah untuk diperoleh dan disiapkan. Buah berwarna hijau cerah dan mirip dengan buah pir ini memiliki rasanya yang lembut dan cocok untuk hidangan manis maupun gurih.

Meskipun secara ilmiah diklasifikasikan sebagai buah-buahan, namun labu siam umum disiapkan seperti sayuran. Setiap bagian labu bisa dimakan, termasuk kulit, daging, dan bijinya. Bahkan kamu bisa mengonsumsinya secara mentah atau dimasak.

Mengonsumsi labu siam secara mentah

Saat disajikan mentah, labu siam akan cocok jika dijadikan tambahan untuk smoothie, lalapan, atau salad. Labu siam juga bisa dijadikan jus, lho.

Jus labu siam cukup populer untuk menjaga kesehatan tubuh. Setiap porsi 1 cangkir jus labu siam mentah hanya mengandung 48 kalori. Ini berarti kalori labu siam dalam secangkir jus sangat rendah.

Selain rendah kalori, jus labu siam juga rendah gula. Kandungan gula alami dari jus labu siam dapat meningkatkan fungsi usus, membantu mengisi sel-sel otak, otot dan hati. Jus labu siam juga mampu menyediakan energi untuk jaringan.

Di samping itu, jus labu siam juga akan membantumu memenuhi asupan vitamin C, zinc, dan folat. 

Cara memasak labu siam

Ada banyak menu dan pilihan cara masak labu siam yang bisa kamu coba. Mulai dari digoreng, ditumis, dihaluskan, dipanggang, direbus atau diberi isian.

Labu siam juga bisa dikupas atau dimasak dengan kulit. Namun cara masak labu siam harus lebih diperhatikan agar kulitnya tidak berubah menjadi keras. Dalam masakan Indonesia, labu siam umumnya ditemukan pada menu seperti sayur asem, sayur lodeh, tumisan hingga salad. 

Daun labu siam juga kerap disajikan sebagai santapan. Sama seperti buahnya, daun labu siam juga baik untuk kesehatan tubuh. Umumnya daun labu siam disajikan sebagai tumisan.

Kamu juga bisa mengolahnya dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Jika terasa bosan, kamu bahkan dapat menambahkannya ke dalam sup, semur, dan casserole untuk tambahan nutrisi.

Bagaimana mengetahui jika labu siam sudah matang?

Saat memilih labu siam, cari yang berkulit hijau cerah. Warnanya harus merata di seluruh buah. Lekukan dalam di kulit tidak masalah tetapi tidak boleh ada bintik-bintik lembut atau memar dan kerutan tidak boleh lepas.

Labu siam yang lebih kecil umumnya lebih beraroma daripada varietas yang lebih besar. Buah ini sebaiknya disimpan di lemari es di bagian rak sayur, dan biasanya akan bertahan selama sekitar 10 hari.

Alergi dan Interaksi

Meskipun sampai dengan sat ini belum ada penelitian yang menyebutkan alergi tertentu akibat mengonsumsi labu siam. Namun ada beberapa laporan tentang koki yang mengalami dermatitis pada kulitnya setelah mengolah buah tersebut.

Menurut penelitian yang dipublikasikan, beberapa orang yang menangani labu siam menggambarkan sensasi kesemutan yang serupa setelah memegang buah.

Jika kamu mengalami gejala apa pun setelah mengolah maupun mengonsumsi buah ini, segera hubungi penyedia layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar labu siam? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline. Diakses pada 8 Juni 2020. 10 Impressive Benefits of Chayote Squash.

One Green Planet. Diakses pada 8 Juni 2020. Chayote 101: What Is It, Health Benefits, and How to Use it.

SF Gate. Diakses pada 8 Juni 2020. What Are the Benefits of Chayote?.

Sayote leaves lower uric acid level, say researchers, https://www.pchrd.dost.gov.ph/index.php/r-d-updates/3194-sayote-lowers-uric-acid-level-says-researchers diakses pada 9 Maret 2021

Chayote Nutrition Facts, https://www.verywellfit.com/chayote-nutrition-facts-4772986 diakses pada 9 Maret 2021

10 Impressive Benefits of Chayote Squash, https://www.healthline.com/nutrition/chayote-squash#TOC_TITLE_HDR_12 diakses pada 9 Maret 2021

 

    register-docotr