Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Istimewa dari Kacang Hijau bagi Tubuh, Sudah Tahu?

June 3, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Manfaat kacang hijau sudah terbukti dalam berbagai riset. Jenis kacang-kacangan yang mudah ditemui di daerah tropis ini ternyata bukanlah sembarang kacang, lho.

Kandungan di dalamnya mampu mencegah berbagai penyakit bahkan menurunkan berat badan. Penasaran kan sebenarnya apa saja sih manfaat dari kacang hijau? Simak selengkapnya ya!

Manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh

Hampir sama seperti kacang-kacangan lain, kacang hijau juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk kesehatan. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan konsumsi kacang hijau. Apa saja?

Mudah dicerna

Berbeda dengan kacang-kacangan lain yang dapat menimbulkan gas atau perut kembung, kacang yang satu ini dianggap sebagai salah satu kacang yang paling mudah dicerna serta membantu detoksifikasi.

Kandungan seratnya yang tinggi membantu mencegah sembelit.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Tahukah kamu jika kacang hijau dengan nama lain mung bean ini dapat melindungi tubuh dari infeksi atau virus, lho. Hal ini karena kacang hijau memiliki zat bernama fitonutrien yang memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. 

Sifat antibakteri tersebut dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan bakteri berbahaya, virus, pilek, iritasi dan banyak lagi.

Di samping itu, kacang yang satu ini juga dapat membantu keseimbangan bakteri sehat dalam saluran pencernaan. Dengan demikian, penyerapan nutrisi dan pertahanan kekebalan tubuh pun semakin meningkat.

Efektif menurunkan berat badan 

Dalam penelitian, ditemukan bahwa memakan satu porsi kacang berserat tinggi akan cepat menimbulkan rasa kenyang dibandingkan dengan makanan yang tidak mengandung kacang.

Hal ini disebabkan oleh hormon cholecystokinin yakni hormon yang menimbulkan rasa kenyang dalam tubuh meningkat dua kali lebih tinggi. 

Bila kamu sedang berkeinginan untuk menurunkan berat badan, konsumsilah kacang hijau dengan teratur. Kebiasaan mengonsumsinya secara rutin akan membantu kamu dalam mengurangi asupan makanan.

Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Kacang hijau mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Efek antihipertensi yang dihasilkan kacang hijau diketahui berasal dari kandungan peptida, potasium, magnesium, dan serat yang baik. 

Membantu menurunkan kadar gula darah

Tingkat gula darah yang tinggi dalam tubuh tentu tidak baik dan dapat mengganggu kesehatan. Eits, tapi tenang saja karena dengan mengonsumsi tumbuhan kacang yang satu ini kamu bisa mengatasi kadar gula darah dalam tubuh, kok. 

Kacang hijau memiliki beberapa sifat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah. Tumbuhan ini kaya serat dan protein, sehingga membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Baca juga : Serba-serbi Alergi Kacang dan Efeknya Bagi Kesehatan Tubuh

Membantu menjaga kesehatan ibu hamil

Kacang hijau kaya akan folat yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. 

Di samping itu kandungan zat besi, protein dan serat yang ada di dalam kacang hijau juga sangat baik untuk wanita hamil. 

Menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung

Supaya terhindar dari penyakit kolesterol tinggi, ada baiknya kamu rutin mengonsumsi kacang yang satu ini.

Pasalnya, kacang hijau memiliki kemampuan untuk mengatur kadar kolesterol karena memiliki sifat antioksidan. Sehingga kolesterol jahat dalam tubuh tidak akan melonjak tinggi. 

Di samping itu kamu juga bisa terhindar dari risiko penyakit kardiovaskular yakni seperti serangan jantung atau stroke. Hal ini biasanya disebabkan oleh kolesterol LDL yang teroksidasi kemudian menumpuk sehingga aliran darah tersumbat. 

Kacang hijau memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat menjaga pembuluh darah tetap bersih dan membuat sirkulasi darah lancar. 

Membantu melawan perkembangan kanker

Tingginya kadar asam amino, oligosakarida serta polifenol dalam kacang hijau dianggap menjadi alasan kacang yang satu ini mampu melawan perkembangan kanker dalam tubuh. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Tiongkok menunjukkan bahwa kacang yang satu ini memiliki dua kandungan yakni vitexin dan isovitexin yang efektif melawan radikal bebas dalam tubuh.

Kacang hijau juga memiliki sifat antitumor dan mampu melindungi kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya. 

Tips tepat mengonsumsi kacang hijau

Meskipun kacang yang satu ini merupakan sumber nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk tubuh bukan berarti kamu tidak memakan makanan lain, ya.

Kamu tetap perlu memenuhi kebutuhan asupan tubuh lainnya karena kacang hijau tidak mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan seseorang.

Tumbuhan yang satu ini tidak memiliki rasa yang kuat, sehingga kamu bisa menambahkan bahan lain untuk menyantapnya. Di Indonesia, salah satu sajian kacang hijau yang paling populer adalah dijadikan menu bubur. 

Untuk mengolahnya, kamu hanya perlu merebus kacang hijau selama kurang lebih 45 menit. Jangan lupa untuk memeriksa teksturnya secara berkala hingga mendapatkan tekstur yang sesuai dengan seleramu, ya. 

Itu dia sederet manfaat kacang hijau untuk kesehatan. Nah, jadi mulai sekarang jangan ragu untuk mengonsumsi jenis kacang yang satu ini dengan rajin ya! 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr