Diet dan Nutrisi

13 Manfaat Buah Pir bagi Tubuh: Bantu Detoks dan Baik untuk Ibu Hamil

November 11, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Buah ini berkulit hijau memiliki rasa yang segar dan manis. Yap, buah pir namanya. Pir banyak tumbuh di negara Eropa dan Asia. Selain manis rasanya, buah pir ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Jika kamu penasaran dengan manfaat pir bagi kesehatan tubuh, berikut kami rangkumkan spesial untukmu berbagai manfaat pir bagi kesehatan.

Mengenal tentang buah pir

Pir merupakan salah satu buah dengan rasa manis dan punya kandungan air yang tinggi. Pohon pir tumbuh subur di daerah-daerah yang punya iklim tropis seperti di Eropa Barat, Afrika Utara dan Asia. 

Di seluruh dunia, setidaknya ada sekitar 30 spesies buah pir yang sebagian besar berbentuk bulat, dan ada juga yang bentuknya membesar di bagian bawah dan mengecil di bagian pangkal. Pir juga punya kulit yang tipis dengan warna kuning jingga, merah jingga, dan juga warna hijau.

Kandungan dan kalori buah pir

Mengutip dari BBC Good Food, pir mengandung 11,3 gram karbohidrat, yang semuanya merupakan gula alami, protein 0,3 gram, serta lemak  0,1 gram per 100 gram. Sedangkan untuk kalori buah pir sendiri relatif rendah, yaitu 44 kkal.

Baik pir hijau atau pir kuning merupakan sumber serat yang baik, dengan 2,7 gram per 100 gram. Masih ada beragam kandungan buah pir yang tak kalah menyehatkan, yaitu asam pantotenat, kolin, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, seng, dan selenium.

Tak hanya itu, vitamin dalam buah pir juga beragam, seperti vitamin C dan K. Dilansir Healthline, vitamin dalam buah pir tersebut dapat memenuhi hingga 12 persen dari total kebutuhan harian nutrisi manusia.

Manfaat buah pir untuk kesehatan

Selain punya rasa yang manis dan banyak mengandung air, kandungan nutrisi dalam pir punya segudang manfaat buat kesehatan kamu, seperti:

1. Mencegah penyakit jantung

Salah satu manfaat terbaik buah pir adalah dapat mencegah penyakit jantung. Pir dapat mencegah penyakit ini karena tinggi kandungan serat, yang mengurangi kolesterol dalam tubuh dan dengan demikian melindungi kita dari penyakit jantung.

Asupan harian makanan kaya serat seperti pir dapat mengurangi risiko stroke hingga 50 persen.

2. Menurunkan tekanan darah sistolik

Sebuah penelitian yang dimuat dalam NIH pada tahun 2019 menyarankan orang dengan sindrom metabolik untuk mengonsumsi dua pir per hari selama 12 minggu mengalami sedikit penurunan tekanan darah sistolik dan tekanan nadi.

3.  Mempercepat detoksifikasi

Gerakan usus yang teratur dan adekuat sangat penting untuk ekskresi racun harian dalam empedu dan feses. Pir memiliki kandungan air yang tinggi dan dapat membantu menjaga feses tetap lembut dan mendorong sistem pencernaan untuk mengeluarkan racun.

Penelitian yang dimuat dalam NCBI tahun 2015 tentang manfaat kesehatan pir menunjukkan bahwa pir memiliki efek pencahar yang berasal dari kandungan serat dan fruktosa yang tinggi.

4. Menurunkan risiko kanker

Kandungan serat yang tinggi dalam pir dapat mengikat sel-sel karsinogenik penyebab kanker. Kandungan antosianin dan asam sinamatnya dalam pir juga telah terbukti dapat melawan kanker.

Pir dapat menghilangkannya dan mencegah kanker usus besar. Selain itu, mengonsumsi buah pir setiap hari dapat mencegah kanker payudara hingga 34 persen pada wanita setelah menopause.

5. Manfaat buah pir untuk diet

Tak sedikit orang yang menggunakan buah pir untuk diet. Sebab, berbagai kandungan buah pir dipercaya dapat mendukung proses penurunan berat badan. Baik pir hijau atau pir kuning sama-sama memiliki serat yang tinggi, bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kalori buah pir juga sangat rendah, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai menu diet. Menurut sebuah penelitian, seperti yang dilansir Health, wanita yang makan tiga buah pir dalam sehari bisa kehilangan lebih banyak berat badan daripada yang tidak mengonsumsinya.

6. Menurunkan risiko diabetes

Baik apel dan pir dianggap sangat membantu dalam mengurangi risiko diabetes karena jumlah seratnya yang tinggi, diketahui membantu menjaga kadar gula darah turun.

Satu penelitian dalam The American Journal Clinical Nutrition yang melibatkan di lebih dari 200 ribu orang menemukan bahwa makan 5 atau lebih porsi mingguan buah-buahan kaya antosianin seperti pir merah, diketahui dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2-23 persen.

7. Menangkal radikal bebas

Pir mengandung antioksidan tingkat tinggi, termasuk vitamin C, vitamin K, dan tembaga. Bahan kimia tersebut dipercaya mampu melawan efek radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan yang ditimbulkannya.

Radikal bebas dapat berkontribusi pada pertumbuhan kanker sehingga harus dibuang dari dalam tubuh. Mengonsumsi pir dapat menjadi salah satu cara untuk menangkal radikal bebas pada tubuhmu.

8. Mencegah osteoporosis

Masalah tulang merupakan masalah yang sangat umum akhir-akhir ini. Kamu pun perlu untuk menjaga tulang-tulang tetap sehat dan mencegah osteoporosis, salah satu caranya adalah dengan menjaga pH tubuh dan mengonsumsi kalsium yang disarankan setiap hari.

pH tubuh dapat dipertahankan melalui diet dengan mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Kandungan boron di dalam buah pir dapat membantu menyerap kalsium yang kita konsumsi dengan mudah.

9. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan tembaga dalam buah pir dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan yang berguna untuk melawan berbagai penyakit.

10. Khasiat buah pir untuk ibu hamil

Khasiat buah pir untuk ibu hamil tak lepas dari berbagai kandungan yang dimiliki. Dilansir Medical News Today, baik buar pir hijau atau pir kuning mengandung nutrisi yang sehat untuk ibu hamil, seperti serat, kalium, dan folat.

Memperbanyak asupan serat dapat membantu meringankan sembelit, salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu hamil secara umum. Tak hanya itu, kandungan buah pir seperti kalium juga bermanfaat bagi kesehatan jantung dan merangsang regenerasi sel.

Sedangkan asam folat, bisa mendukung proses tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan.

11. Manfaat buah pir untuk bayi

Konsumsi buah pir untuk bayi tak perlu diragukan keamanannya. Mengutip dari Firstcry Parenting, pir merupakan salah satu buah yang mudah dicerna. Jadi, tak ada masalah jika Moms ingin memberikannya pada si Kecil.

Kandungan vitamin dalam buah pir juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan bayi, sehingga tubuh bayi akan lebih kuat dalam menghadapi ancaman penyakit.

12. Khasiat buah pir untuk asam lambung

Khasiat buah pir untuk asam lambung tak lepas dari nutrisi yang dimiliki. Jika dibandingkan dengan apel, pir memiliki kadar pektin lebih tinggi. Kandungan buah pir tersebut membuatnya sangat berguna bagi penderita asam lambung.

Pektin adalah jenis serat larut yang dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan. Secara tidak langsung, ini akan memengaruhi kadar asam yang ada di lambung. Oleh karena bukan merupakan buah asam, pir sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

13. Manfaat buah pir sebagai antiradang

Khasiat buah pir yang terakhir adalah mampu meredakan berbagai aktivitas peradangan yang terjadi pada tubuh. Baik pir hijau atau pir kuning memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan, salah satunya adalah radang sendi.

Itulah beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan. Sebaiknya pastikan bahwa kamu memilih buah pir yang berkualitas agar manfaatnya bisa segera kamu rasakan.

Meskipun kaya akan manfaat bagi kesehatan, jika kamu sedang dalam pengobatan sebaiknya kamu tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi pir secara rutin.

Ini karena bisa saja kandungan yang ada di dalam pir berinteraksi dengan obat yang kamu minum dan menyebabkan mekanisme kerja obatmu menjadi terganggu.

Jika kamu punya pertanyaan lebih lanjut soal info sehat lainnya, kamu bisa berkonsultasi secara online di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

NCBI (2015). Diakses pada 08/05/20. Systematic Review of Pears and Healt

NIH (2019).  Diakses pada 08/05/20.Influence of Daily Fresh Pear Consumption on Biomarkers of Cardiometabolic Health in Middle-Aged/Older Adults With Metabolic Syndrome: A Randomized Controlled Trial

Pubmed (2012).  Diakses pada 08/05/20. Dietary Flavonoid Intakes and Risk of Type 2 Diabetes in US Men and Women

Stylecraze (2019).  Diakses pada 08/05/20. 30 Amazing Benefits Of Pears For Skin, Hair & Health

Medical News Today (2019). Diakses pada 08/05/20. What to know about pears 

Healthline(2019). Diakses pada 08/05/20. 9 Health and Nutrition Benefits of Pears

BBC Good Food (2019). Diakses pada 08/05/20. The health benefits of pears

Health, diakses 11 November 2020, 5 Surprising Fat Burners to Help You Lose Weight the Natural Way.

Medical News Today, diakses 11 November 2020, Which fruits should you eat during pregnancy?

Firstcry Parenting, diakses 11 November 2020, Pear for Baby- Health Benefits, Nutritional Value & Recipes.

Whole Food Supplements, diakses 11 November 2020, Foods That Ease Heartburn.

    register-docotr