Diet dan Nutrisi

Benarkah Buah Bit Bermanfaat untuk Atasi Darah Rendah? Cek Faktanya!

August 5, 2020 | Husni Efendi | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Buah bit yang mengandung banyak nutrisi telah diasosiasikan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk juga yang terkait dengan tekanan darah. Lalu benarkah buat bit untuk darah rendah bisa bermanfaat?

Apa itu tekanan darah rendah?

Tekanan darah rendah dikenal juga dengan istilah hipotensi, yakni kondisi di mana angka tekanan darah di bawah angka normal. Lebih tepatnya, angka tekanan darah lebih rendah dari 120/80 mmHg.

Kondisi ini bisa berarti juga bahwa beberapa anggota tubuh seperti jantung, otak, ginjal, dan lainnya tak mendapat darah yang memadai sesuai kebutuhan.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, kekurangan nutrisi dalam makanan, juga bisa menjadi pemicu. Kekurangan vitamin B12, folat dan zat besi dapat membuat tubuh berkurang memproduksi cukup sel darah merah (anemia), yang mana ini bisa menyebabkan tekanan darah rendah.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng, Kenali Penyebab Tekanan Darah Rendah di Sini

Pola hidup sehat untuk pasien darah rendah

Untuk mengatasi darah rendah, kamu perlu menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya dengan minum banyak air putih, kurangi alkohol, rutin berolahraga, dan jalani pola makan sehat, termasuk buah dan sayuran yang bisa membantu mengatasi tekanan darah rendah secara alami.

Mengonsumsi jenis makanan tertentu dapat membantu kamu meningkatkan tekanan darah. Misalnya mengonsumsi lebih banyak cairan, karena dehidrasi menurunkan volume darah, dan menyebabkan tekanan darah turun.

Selain itu, juga makanan tinggi vitamin B12, makanan tinggi folat, makanan asin, dan kafein seperti kopi dan teh.

Benarkah buah bit bermanfaat untuk mengatasi darah rendah?

Buah bit kerap disebut-sebut bisa membantu mengatasi tekanan darah atau darah rendah.

Riset menunjukkan buah bit sebenarnya lebih dikenal manfaatnya untuk tekanan darah tinggi alias hipertensi. Pasalnya, buah bit mengandung banyak senyawa bermanfaat, terutama betanin (bit merah), vulgaxanthin, dan nitrat anorganik.

Secara khusus, nitrat anorganik ini berhubungan dengan penurunan tekanan darah, yang berguna untuk penderita tekanan darah tinggi. Buah bit dapat mengurangi tekanan darah hingga 3-10 mm Hg selama beberapa jam.

Efek ini kemungkinan disebabkan oleh peningkatan kadar oksida nitrat, yang menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan melebar.

Kandungan nutrisi buah bit

Buah bit terutama terdiri dari air, karbohidrat dan serat. Satu cangkir (136 gram) bit rebus mengandung kurang lebih 60 kalori.

Selain itu, buah bit juga menjadi sumber vitamin dan mineral penting, seperti folat (vitamin B9), mangan, kalium, zat besi, dan vitamin C.

Buah bit mengandung folat dan kandungan folat dipercaya bisa membantu mengatasi darah rendah, meski penelitian yang mengaitkan hal ini perlu ditelaah lebih jauh.

Zat besi sebagai komponen penting sel darah merah

Tanpa zat besi, sel darah merah tidak dapat mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, dan yang memiliki kadar besi rendah, bisa mengembangkan kondisi yang disebut anemia defisiensi besi. Dengan menambahkan sumber zat besi ke dalam makanan, dapat mengurangi risiko kondisi ini.

Banyak gejala anemia disebabkan oleh kekurangan oksigen secara umum yang tersedia untuk sel. Gejala ini juga dapat disebabkan oleh tekanan darah rendah (hipotensi), yang disebabkan oleh penurunan volume darah.

Namun demikian, perlu dicatat bahwa tidak semua darah rendah berarti anemia, karena darah rendah tidak sama dengan kurang darah. Untuk memastikannya kamu bisa menjalani pemeriksaan dan berkonsultasi dengan dokter.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  • Health Grades, Low Blood Pressure https://www.healthgrades.com/right-care/symptoms-and-conditions/low-blood-pressure, diakses 4 Agustus 2020
  • Health Grades, Anemia https://www.healthgrades.com/right-care/blood-conditions/anemia, diakses 4 Agustus 2020
  • Healthline, Beetroot 101: Nutrition Facts and Health Benefits https://www.healthline.com/nutrition/foods/beetroot, diakses 4 Agustus 2020
  • Healthline, Raise Low Blood Pressure Naturally Through Diet https://www.healthline.com/health/low-blood-pressure-diet, diakses 4 Agustus 2020
  • Mayo Clinic, Low blood pressure (hypotension) https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465, diakses 4 Agustus 2020
  • Medical News Today, What are the health benefits of beetroot juice? https://www.medicalnewstoday.com/articles/324898, diakses 4 Agustus 2020
  • NHS, Low blood pressure (hypotension) https://www.nhs.uk/conditions/low-blood-pressure-hypotension, diakses 4 Agustus 2020
  • Nutrition Value, Beets, raw nutrition facts https://www.nutritionvalue.org/Beets%2C_raw_nutritional_value.html, diakses 4 Agustus 2020
  • WebMD, Understanding Low Blood Pressure-the Basics https://www.webmd.com/heart/understanding-low-blood-pressure-basics#1, diakses 4 Agustus 2020
    Berita Terkait
    register-docotr