Diet dan Nutrisi

Bahaya Bagi Tubuh, Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Kelebihan Vitamin C

July 31, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin C memang sangat baik bagi tubuh. Namun jika berlebihan ternyata juga akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan. Berikut ini gejala yang akan kamu alami jika kelebihan vitamin C. 

Apa itu hypervitaminosis C? 

Vitamin adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tujuannya untuk mendukung fungsi sel agar tetap bekerja dengan baik dan juga menjaga kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya seperti vitamin A, B, C, D, E.

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan membantu tubuh kamu menyerap zat besi. 

Namun karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, maka dari itu sangat penting untuk mengonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung vitamin C. 

Banyak makanan dan buah seperti jeruk atau secangkir stroberi, lada merah cincang, hingga brokoli mengandung vitamin C yang baik bagi kesehatan tubuh.

Walaupun vitamin C memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, tapi kamu juga harus tetap perhatikan jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan tidak berlebihan karena dapat menimbulkan masalah kesehatan. 

Baca juga: Sering Merasakan Stres? Bisa Jadi Kamu Kekurangan Vitamin D Lho!

Gejala hypervitaminosis C

Dilansir dari Medical News Today, ketika seseorang mengonsumsi vitamin C secara berlebihan, biasanya kamu akan mengalami gangguan pencernaan yang masih tergolong ringan. Hal ini terjadi jika vitamin C yang tidak diserap tubuh mengiritasi saluran pencernaan.

Efek samping ringan akibat terlalu banyak vitamin C, yaitu:

  • Diare
  • Mual
  • Kram perut
  • Kembung

Hal lain yang perlu kamu ketahui juga bahwa tubuh tidak menyerap semua vitamin C yang kamu konsumsi dari suplemen. 

Sebagai contoh, jika kamu mengonsumsi sebanyak 30-180 mg vitamin C setiap hari, tubuh akan menyerap sekitar 70–90% vitamin C. 

Lalu ketika kamu mengonsumsi lebih dari 1 gram vitamin C per hari, tubuh menyerap kurang dari 50% vitamin, tentu saja hal itu akan mengurangi risiko efek samping negatif pada tubuh. 

Menurut Office of Dietary Supplements (ODS), dosis yang baik untuk asupan vitamin C pada orang berusia 19 tahun ke atas adalah 2.000 mg. Dosis itu diperuntukkan bagi pria dan wanita, maupun ibu hamil atau menyusui.

Efek samping 

Walaupun hingga kini jarang sekali orang yang mengalami efek samping hingga parah, namun kamu juga perlu tahu akibat yang akan dialami jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin C. 

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini risiko kesehatan yang mungkin timbul akibat mengonsumsi terlalu banyak vitamin C meliputi:

1. Batu ginjal 

Dokter percaya bahwa terlalu banyak suplemen vitamin C dapat menyebabkan seseorang mengeluarkan senyawa oksalat dan asam urat dalam urin mereka. Senyawa ini bisa memicu pembentukan batu ginjal.

2. Nutrisi tidak seimbang

Jika kamu kelebihan vitamin C, biasanya kemampuan tubuh untuk mengolah nutrisi yang lainnya bisa terganggu. Kondisi ini bisa mengurangi kadar vitamin B12 dan tembaga dalam tubuh.

3. Kerusakan organ 

Konsumsi vitamin C berlebihan juga akan meningkatkan zat besi ke dalam tubuh.

Hal itu akan mengakibatkan terjadinya kondisi hemokromatosis atau penumpukan zat besi yang bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh seperti hati, jantung, pankreas, kelenjar tiroid, dan sistem saraf pusat.

Cara mengobati 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan diet vitamin C. Namun tak hanya itu saja, dengan meningkatkan volume minum air putih juga akan membantu menangani overdosis vitamin C. 

Kemudian saat kamu mengalami gejala overdosis vitamin C, biasanya akan diobati sesuai dengan rasa sakit timbul. 

Salah satu contohnya, jika gejala yang ditimbulkan adalah diare, maka langkah yang akan diambil untuk menangani kondisi tersebut yaitu dengan pemberian obat anti-diare.

Terakhir pastikan kamu mengonsumsi vitamin C sesuai dengan dosis yang tepat bagi tubuh.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Verywellhealth.com (2020) diakses 28 Juli 2020. An Overview of Vitamin Toxicity
  2. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 28 Juli 2020. What happens when you take too much vitamin C?
  3. Medscape.com (2020) diakses 28 Juli 2020. What are the signs and symptoms of vitamin C toxicity?
  4. Mayoclinic.org (2020) diakses 28 Juli 2020. Is it possible to take too much vitamin C?
  5. Everydayhealth.com (2020) diakses 28 Juli 2020. What Is Vitamin C (Ascorbic Acid)?
  6. Healthline.com (2017) diakses 28 Juli 2020. Is It Possible to Have a Vitamin C Overdose? 
    register-docotr