Kulit & Perawatan Tubuh

Muncul Kutil Pada Tubuh, Bagaimana Cara Mengobatinya?

May 19, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kutil merupakan benjolan kecil bertekstur kasar yang dapat muncul di bagian tubuh mana saja. Benjolan ini umumnya disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV yang telah menjangkiti manusia selama ribuan tahun. 

Meski mungkin tidak berbahaya, namun kemunculan benjolan ini juga bisa menurunkan kepercayaan diri.

Yuk, kenali lebih jauh tentang kutil dan cara mengobatinya!

Apa itu kutil?

Seperti disebutkan sebelumnya, kutil adalah benjolan kecil bertekstur kasar yang bisa tumbuh pada bagian tubuh.

Kutil biasanya terlihat seperti blister padat yang tubuh secara tunggal maupun berkelompok sehingga menyerupai kembang kol.

Baca juga: Yuk, Ketahui Jenis Obat Batuk untuk Ibu Hamil Berikut Ini

Jenis-jenis kutil

Penampilan kutil bergantung pada lokasi pertumbuhannya di tubuh serta ketebalan kulit. Perlu diketahui, ada lebih dari 100 jenis HPV, yakni virus yang menyebabkan munculnya benjolan kecil.

Hampir semua jenisnya menyebabkan benjolan kecil yang relatif tidak berbahaya dan akan muncul di tangan atau kaki.

Namun, ada pula kutil yang muncul di sekitar organ kelamin. Masalah ini dinamakan kutil kelamin yang pada akhirnya menyebabkan kanker serviks. Karena itu, jika kamu merasa memiliki benjolan kecil di kelamin maka segera periksakan ke dokter ahli.

Faktanya, ada lima jenis kutil yang muncul pada bagian tubuh berbeda-beda dengan memiliki penampilan beragam. Beberapa jenis benjolan kecil yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Kutil biasa

Kutil jenis ini biasanya tumbuh di jari tangan dan kaki, namun bisa juga muncul di tempat lain. Penampilan benjolan kecil akan terlihat kasar dengan tekstur kasar di bagian atasnya sehingga mungkin tampak seperti kembang kol.

Pembuluh darah yang membeku sering terlihat pada kutil biasa sebagai bintik kecil yang gelap. Kondisi ini dikenal juga dengan benih benjolan kecil. Secara umum, kutil akan berwarna lebih kelabu daripada kulit di sekitarnya.

Kutil plantar

Kutil plantar tumbuh di telapak kaki dan biasanya akan muncul dari dalam kulit. Cara mengetahui jika kamu memiliki benjolan kecil plantar adalah kemunculan lubang kecil di bagian bawah kaki dan dikelilingi dengan kulit yang mengeras.

Benjolan kecil jenis ini akan menyebabkan ketidaknyamanan ketika berjalan. Penampilan kutil plantar yang diketahui dari munculnya titik dengan tengah berwarna hitam kecil dan dikelilingi jaringan putih mengeras ini sering kali sulit untuk dibersihkan.

Kutil rata

Benjolan kecil yang rata biasanya tumbuh beberapa bagian tubuh, seperti wajah, paha, ataupun lengan. Kemunculannya sering kali tidak terlihat karena sangat kecil dengan bagian atas yang rata seolah-olah telah dikorek.

Bentuknya yang bulat, rata, dan halus membuat beberapa orang kesulitan untuk merasakan kehadiran benjolan kecil ini. Namun, ciri umum lain yang akan membantu kamu mengenalinya adalah warna kutil, yakni merah muda, kecokelatan, atau agak kuning.

Kutil filiform

Untuk jenis ini, umumnya benjolan akan tumbuh di sekitar mulut atau hidung, namun terkadang juga terlihat di leher. Selain itu, benjolan kecil ini juga dapat tumbuh dengan cepat di kelopak mata dan ketiak dimana akan berbentuk tipis memanjang. 

Selain berbentuk kecil, benjolan ini juga memiliki warna yang hampir sama dengan kulit asli. Hal inilah yang menyebabkan beberapa orang kesulitan untuk melihat dan merasakan kehadiran dari benjolan kecil.

Kutil periungual

Kutil periungual merupakan salah satu jenis yang tumbuh di bawah dan di sekitar kuku tangan dan kaki. Benjolan kecil jenis ini akan menyebabkan rasa sakit dan dapat mempengaruhi pertumbuhan kuku.

Sebagian besar kutil akan menghilang dalam 1 hingga 5 tahun tanpa perawatan medis. Namun, jika sudah muncul di bagian sensitif dan mengganggu, maka perawatan untuk menghilangkan benjolan kecil harus segera dilakukan bersama dokter ahli.

Penyebab dan faktor risiko munculnya kutil

Seperti yang sudah diketahui, kutil muncul karena infeksi HPV. Virus ini dapat menyebabkan pertumbuhan keratin berlebih yang merupakan protein keras di lapisan atas kulit tubuh. Strain HPV yang berbeda tersebut juga akan mengakibatkan keberagaman pertumbuhan benjolan kecil.

Virus penyebab benjolan kecil dapat menular dengan mudah melalui kontak kulit ke kulit ataupun akibat penggunaan peralatan mandi secara bergantian.

Virus juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain,akibat menggaruk kulit, mencukur wajah, serta memiliki kulit yang basah atau rusak dan bersentuhan langsung kulit.

Risiko terkena benjolan kecil dari orang lain rendah, namun dapat ditularkan dengan mudah terutama jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Beberapa orang yang rentan tertular, termasuk seseorang dengan HIV atau AIDS dan yang menggunakan imunosupresan setelah transplantasi.

Sementara itu, kutil yang muncul di area genital lebih menular dan cukup berbahaya. Pada wanita, benjolan kecil pada kelamin berpotensi menyebabkan kanker serviks, anal, dan vulvovaginal yang memerlukan penanganan dengan dokter ahli segera.

Pada pria, kutil kelamin juga akan menyebabkan kanker dubur dan kanker kelenjar penis. Karena itu, bagi siapa saja yang merasa memiliki benjolan kecil di bagian kelamin harus segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosis dan perawatan yang bisa dilakukan

Dalam kebanyakan kasus, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendapatkan hasil diagnosis benjolan kecil. Pemeriksaan kutil dilakukan dengan mengikis lapisan atas atau menghapus sebagian kecil kutil yang kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis lebih lanjut.

Jika hasil diagnosis sudah diketahui, pengobatan baru dilakukan bersama dokter ahli. Biasanya, tujuan pengobatan adalah untuk menghancurkan benjolan kecil, merangsang respon sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus, atau keduanya.

Perawatan mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Hal ini dikarenakan, meski dalam masa perawatan benjolan kecilcenderung mudah menyebar atau kembali kambuh setelah sembuh. 

Dokter mungkin akan menyarankan salah satu pendekatan berdasarkan lokasi benjolan kecil dan gejala yang dirasakan. Metode ini terkadang digunakan dalam kombinasi perawatan rumahan, seperti asam salisilat.

Asam salisilat merupakan obat pengelupasan yang lebih kuat karena bekerja dengan menghilangkan lapisan pada benjolan kecil sedikit demi sedikit. Asam salisilat juga diketahui lebih efektif jika dikombinasikan dengan metode terapi.

Beberapa perawatan terhadap benjolan kecil di kelamin dengan terapi yang bisa dilakukan, seperti:

Krioterapi

Krioterapi merupakan terapi pembekuan yang dilakukan dokter dengan melibatkan pemberian nitrogen cair pada kutil. Pembekuan bekerja dengan membentuk lepuhan di bawah atau sekitar benjolan kecil.

Pembekuan akan menyebabkan jaringan mati terkelupas dalam waktu seminggu atau lebih. Metode ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab benjolan kecil namun mungkin perlu perawatan secara berulang.

Efek samping dari krioterapi yang bisa dirasakan, termasuk nyeri, kulit melepuh, dan berubah warna di area yang terdapat kutil. Karena teknik ini bisa menyebabkan rasa sakit, maka biasanya tidak disarankan untuk mengobati benjolan kecil pada anak kecil.

Tembakan antigen candida

Sistem kekebalan tubuh manusia tidak mengenali benjolan kecil sehingga virus seringkali sulit dicegah. Namun, jika sistem distimulasi secara lokal maka beberapa sel kekebalan yang diaktifkan di area tersebut akan mengenal dan mengambil tindakan.

Prosedur ini mungkin tidak cocok untuk wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Namun, perlu diketahui jika cara menghilangkan dengan tembakan antigen candida tidak meninggalkan bekas luka. 

Imunoterapi 

Imunoterapi berupaya membuat sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan benjolan kecil menggunakan bleomycin atau blenoxane yang disuntikkan untuk membunuh virus. Bleomycin biasanya juga digunakan untuk mengatasi beberapa jenis kanker.

Retinoid yang berasal dari vitamin A juga bisa mengganggu pertumbuhan sel kulit pada kutil. Umumnya, antibiotik hanya efektif dalam kasus benjolan kecil umum, terutama di sekitar kuku tangan atau kaki. 

Operasi

Perawatan benjolan kecil lainnya bisa dilakukan dengan operasi kecil dengan cara memotong jaringan yang mengganggu. Cara ini mungkin akan meninggalkan bekas luka di area yang dirawat, namun dapat secara efektif menghilangkan kutil.

Jika benjolan kecil belum bisa menghilang, dokter biasanya akan mencoba menggunakan asam trikloroasetat. Pertama-tama, dokter memotong permukaan kutil dan kemudian mengoleskan asam secara perlahan.

Metode ini memerlukan perawatan berulang setiap minggu dan dapat menyebabkan efek samping, berupa sensasi seperti terbakar dan menyengat.

Perawatan laser

Operasi kutil kelamin menggunakan laser atau pulsed-dye dilakukan dengan cara membakar pembuluh darah kecil di dalam benjolan kecil. Jaringan yang terinfeksi akhirnya akan mati dan kutil jatuh dengan sendirinya. 

Metode ini terbukti efektif, namun bisa menyebabkan rasa sakit dan memunculkan jaringan parut pada kulit. Karena itu, butuh penanganan lebih lanjut dengan dokter untuk menemukan cara paling ampuh dan aman dalam menyembuhkan benjolan kecil.

Pencegahan terhadap penularan kutil biasa

Untuk menghindari penularan benjolan kecil atau kekambuhan setelah perawatan dilakukan, maka tindak pencegahan perlu diterapkan segera. Nah, beberapa pencegahan yang efektif membantu menghentikan penyebaran virus, antara lain:

  • Cuci tangan secara teratur, terutama jika pernah berhubungan seksual dengan penderita
  • Tutupi kutil dengan perban untuk menghindari penularan virus penyebab benjolan kecil
  • Jaga tangan dan kaki agar tetap kering untuk mempersulit pertumbuhan virus
  • Jangan menyentuh benjolan kecil dengan tangan langsung
  • Hindari penggunaan peralatan pribadi, termasuk handuk
  • Tidak menggaruk benjolan kecil karena dapat menyebar ke bagian lainnya

Kenakan juga alas kaki atau sandal ketika memasuki pemandian umum karena perpindahan virus mudah terjadi.

Beberapa pencegahan lain yang bisa dilakukan, seperti jangan memotong kuku menggunakan perkakas yang sama dengan penderita dan hindari berbagi pakaian dengan orang yang terinfeksi virus.

Kutil memang merupakan hal yang biasa, namun bisa menyebabkan rasa malu jika mungkin di tempat-tempat tertentu, termasuk wajah. Karena itu, beberapa orang mulai melakukan perawatan benjolan kecil untuk membantu menghilangkannya secara permanen.

Baca juga: Ini Lho Penyebab Umum Adanya Benjolan di Belakang Telinga

Bisakah perawatan kutil dilakukan di rumah?

Walaupun benjolan kecil bisa menghilang dengan sendirinya, namun rasa tidak nyaman akan memaksa kamu untuk melakukan penyembuhan secepat mungkin. Perawatan bisa dilakukan dengan menggunakan obat yang dijual di apotek. 

Perlu diingat, kutil dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dan mudah menular pada orang lain. Karena itu, jika perawatan mengharuskan menggosok benjolan kecil dengan alat tertentu pastikan untuk tidak menggunakannya di bagian tubuh lain atau digunakan oleh orang lain. 

Selain itu, jangan mencoba untuk mengobati kutil pada kaki jika memiliki riwayat diabetes. Segera temui dokter segera karena diabetes dapat menyebabkan hilangnya sensasi pada kaki dan pengobatan benjolan kecil mungkin hanya akan melukai diri sendiri.

Benjolan kecil yang tumbuh di bagian sensitif, seperti wajah dan organ kelamin juga perlu diperhatikan penanganannya. Salah cara dalam menangani kutil tidak akan menyembuhkan penyakit, namun justru memerparah penyakit.

Karena itu, lakukan penanganan bersama dokter ahli merupakan cara paling tepat dan aman. Jangan tunda cek ke dokter jika memang diperlukan, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2017), diakses 18 Mei 2020. How to treat a wart
  2. Healthline (2017), diakses 18 Mei 2020. Warts
  3. Mayo Clinic (2020), diakses 18 Mei 2020. Common warts
    register-docotr