Kulit & Perawatan Tubuh

Kenali Penyebab Kulit Kepala Kering dan Mengelupas serta Cara Mengatasinya

August 27, 2020 | Dani Kosasih | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kulit kepala kering dan mengelupas bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki ketombe. Namun, kamu juga bisa mengalami kulit kepala yang mengelupas walau tidak berketombe dan hanya mengalami kulit kepala kering saja.

Beberapa kondisi kulit kepala kering maupun kepala berketombe memiliki gejala yang sama, yaitu menyebabkan serpihan berjatuhan dari kepala dan mengalami kondisi kulit kepala yang gatal. Meski begitu, ketombe dan kulit kepala kering merupakan dua kondisi yang berbeda.

Penyebab kulit kepala kering dan mengelupas

Kekurangan kelembapan

Penyebab yang paling umum kulit kepala menjadi kering adalah kekurangan kelembapan kulit. Akibatnya, kulit di kepala akan teriritasi dan mengelupas.

Selain itu, kulit kepala yang kering juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Udara dingin dan kering
  • Kondisi dermatitis kontak yang disebabkan oleh reaksi terhadap produk yang kamu gunakan pada kulit kepala, seperti sampo, gel penata rambut, atau hairspray
  • Usia yang terus menua

Eksim

Eksim mampu membuat kulit kepala menjadi kering dan mengelupas. Karena eksim bisa membuat kulit kepala menjadi gatal dan bersisik.

Kondisi eksim paling umum terjadi pada bayi dan anak-anak. Namun, orang dewasa pun juga bisa mengalami eksim.

Kondisi penyakit tertentu

Beberapa kondisi medis dapat membuat kulit kepala kamu kering dan mengelupas, misalnya Parkinson dan HIV. Beberapa orang dengan kondisi penyakit ini memiliki tingkat ketombe yang lebih tinggi.

Penyebab kulit kepala kering dan mengelupas yang dipengaruhi oleh ketombe

Penyebab utama ketombe adalah dermatitis seboroik, yaitu kondisi yang mengubah kulit menjadi berminyak, merah, dan bersisik. Sisik putih atau kuning yang mengelupas inilah yang memunculkan ketombe pada kulit kepala kering.

Selain dermatitis seboroik, munculnya ketombe juga bisa dipicu oleh jamur yang disebut malassezia. Jamur ini biasanya hidup di kulit kepala.

Jumlah jamur yang terlalu banyak lah yang akhirnya menyebabkan sel kulit berkembang biak lebih cepat dari biasanya dan menyebabkan pengelupasan pada kulit kepala.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan malassezia berkembang biak adalah:

  • Usia
  • Perubahan hormon
  • Rambut yang kotor karena tidak cukup sering mencuci rambut hingga menyebabkan penumpukan minyak dan memunculkan serpihan rambut.

Psoriasis kulit kepala

Kondisi psoriasis kulit kepala juga dapat menyebabkan gatal-gatal dan memunculkan ketombe hingga kulit kepala mengelupas.

Psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan memicu terlalu banyak sel kulit untuk tumbuh di berbagai bagian tubuh.

Beberapa orang yang mengalami psoriasis akan lebih mungkin memiliki ketombe, tetapi harus kamu ingat bahwa psoriasis bukanlah ketombe.

Cara mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas dengan bahan rumahan

Jika kamu mengalami kulit kepala yang mengering dan mengelupas, kamu akan memiliki gejala seperti rasa gatal yang terus-menerus. Terkadang, bisa juga disertai ketombe tetapi bisa juga tidak, merasakan nyeri dan rambut rontok.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut beberapa solusi rumahan yang bisa kamu jadikan bahan perawatan di rumah:

Menggunakan buah mengkudu

Buah mengkudu dipercaya memiliki kandungan scopoletin yang berkhasiat untuk mengatur zat anti bakteri, anti jamur, dan anti flamasi.

Sehingga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe sebagai penyebab kulit kepala menjadi kering dan terkelupas.

Kamu bisa menggunakan buah mengkudu dengan frekuensi pemakaian satu kali dalam satu hari.

Minyak kelapa

Minyak ini telah lama digunakan untuk merawat kesehatan kulit, tidak terkecuali kulit kepala kering.

Kandungan dalam minyak kelapa mampu melembabkan kulit kepala, dan sifat antijamur serta antibakterinya dapat membantu mengurangi risiko infeksi.

Minyak pohon teh

Minyak ini memiliki sifat antiseptik, antijamur, dan antibiotik yang kuat sehingga mampu melembabkan kulit kepala.

Karena khasiatnya ini, banyak jenis sampo yang menggunakan minyak pohon teh sebagai bahan utamanya.

Kamu bisa menggunakan minyak pohon teh dengan mencampurkan beberapa tetes minyak tersebut bersama minyak lainnya seperti minyak kelapa atau zaitun.

Setelah itu teteskan minyak yang sudah dicampur ke kulit kepala dan pijat perlahan. Biarkan selama 10 menit sebelum dicuci.

Manfaatkan kandungan alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda yang dapat melembabkan dan melindungi kulit.

Kamu bisa menggunakan alpukat dengan cara mengoleskan minyak alpukat atau alpukat yang sudah dihancurkan ke kulit kepala yang kering.

Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki kandungan antimikroba yang dapat membasmi bakteri atau jamur penyebab gatal pada kulit kepala.

Cuka sari apel juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mengatasi pengelupasan pada kulit kepala.

Kamu bisa menggunakan cuka sari apel dengan cara mencampurnya dengan air dan oleskan langsung ke kulit kepala.

Diamkan selama lima menit sebelum mencucinya dengan sampo.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. media.neliti.com. Diakses 23 Agustus 2020. https://media.neliti.com/media/publications/7077-ID-pengaruh-pemanfaatan-buah-mengkudu-morinda-citrifolia-l-terhadap-penyembuhan-ket.pdf

2. healthline.com (2019). Diakses 23 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-scalp#aloe-vera

3. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 23 Agustus 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1360273/

4. healthline.com (2019). Diakses 23 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/skin-disorders/dandruff-vs-dry-scalp#causes

5. webmd.com. Diakses 23 Agustus 2020 https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/features/other-causes#1

6. mayoclinic.org. Diakses 23 Agustus 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/seborrheic-dermatitis/symptoms-causes/syc-20352710

    register-docotr