Kulit & Perawatan Tubuh

Ini Lho Deretan Kandungan Ferulic Acid yang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

February 3, 2021 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Saat ini pemakaian serum wajah sudah menjadi rutinitas banyak orang demi menjaga kesehatan kulit. Hal ini tak terlepas dari kandungan ferulic acid yang menjadi zat antioksidan alami.

Apa itu ferulic acid? 

Melansir penjelasan dari laman Healthline, ferulic acid adalah antioksidan nabati yang digunakan dalam produk perawatan kulit anti penuaan. Kandungan ini secara alami juga dapat ditemukan dalam berbagai makanan, seperti:

  • Gandum 
  • Nasi
  • Terong
  • Jeruk
  • Biji apel

Ferulic acid memang telah menarik banyak perhatian karena kemampuannya melawan radikal bebas sekaligus meningkatkan efektivitas antioksidan lain, seperti vitamin A, C, dan E.

Ferulic acid umumnya tersedia dalam bentuk suplemen dan juga serum anti penuaan. Kandungan ini digunakan untuk melawan radikal bebas, yang berperan dalam masalah kulit terkait usia, termasuk bintik-bintik penuaan dan kerutan.

Tak hanya itu, beberapa penelitian seperti dilansir dari laman Healthline, menunjukkan bahwa ferulic acid dapat membantu penderita diabetes dan hipertensi pulmonal. Tetapi suplemen ferulic acid tampaknya tidak memiliki potensi yang sama untuk kesehatan kulit seperti serum.

Manfaat ferulic acid bagi kesehatan kulit 

Sebagai anti-aging

Dalam serum kulit, ferulic acid cenderung bekerja dengan baik dengan bahan antioksidan lain, terutama vitamin C. 

Ferulic acid dianggap membantu menstabilkan vitamin C sekaligus meningkatkan foto proteksinya. Foto proteksi ini mengacu pada kemampuan untuk meminimalkan kerusakan akibat sinar matahari.

Sebuah studi tahun 2005 yang dilansir dari laman Healthline, menunjukkan bahwa ferulic acid berpotensi menawarkan dua kali lipat jumlah fotoproteksi bila dikombinasikan dengan vitamin C dan E.

Kombinasi antioksidan seperti itu dapat mengurangi risiko seseorang mengalami photoaging atau penuaan di masa depan dan, risiko timbulnya penyakit kanker kulit. 

Melindungi kulit dari warna kulit tidak merata

Perlu kamu ketahui, banyaknya kegiatan di luar rumah membuat paparan polusi dan sinar matahari kerap menjadi penyebab pembentukan pembuluh darah di kulit sehingga muncul kemerahan di kulit.

Sementara, kandungan ferulic acid bekerja untuk melindungi kulit agar warna kulit tetap merata.

Baca juga: 6 Tips Efektif Memilih Serum Wajah untuk Kulit Kering

Efek samping ferulic acid 

Secara keseluruhan, ferulic acid aman untuk sebagian besar jenis kulit. Namun, jika kamu  memiliki kulit sensitif, ada baiknya untuk menguji sejumlah kecil produk sebelum rutin digunakan.

Ada kemungkinan serum wajah dengan kandungan ferulic acid ini dapat mengembangkan reaksi alergi.

Kamu harus berhenti menggunakan produk yang mengandung ferulic acid apabila mengalami salah satu efek samping berikut:

  • Kemerahan
  • Ruam
  • Gatal-gatal
  • Rasa gatal
  • Kulit mengelupas

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 3 Februari 2021. Ferulic Acid: The Antioxidant-Boosting Skin Care Ingredient
  2. Verywellhealth.com (2021) diakses pada 3 Februari 2021. The Health Benefits of Ferulic Acid
  3. Ncbi.nlm.nih.gov (2019) diakses pada 3 Februari 2021. Evaluation of the Antioxidant Capacity and Protective Effects of a Comprehensive Topical Antioxidan
    Berita Terkait
    register-docotr