Kulit & Perawatan Tubuh

Jangan Pakai Obat Jerawat Biasa, Ini Cara Menghilangkan Fungal Acne yang Perlu Kamu Ketahui!

March 20, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kamu tidak bisa memakai cara yang biasa untuk menghilangkan fungal acne. Banyak orang yang terkecoh dan memakai obat anti jerawat reguler namun tidak membuahkan hasil yang efektif.

Apa itu fungal acne?

Fungal acne merupakan jenis infeksi yang terjadi di folikel rambut. Infeksi ini biasanya mengakibatkan tumbuhnya jerawat-jerawat ukuran kecil dan terkadang menimbulkan rasa gatal.

Fungal acne bisa mengakibatkan whitehead atau komedo putih serta iritasi kulit. Terkadang, jenis jerawat ini pun kerap dikira hanya jerawat biasa.

Tidak seperti jerawat biasa yang disebabkan oleh minyak dan bakteri di pori-pori, fungal acne disebabkan oleh pertumbuhan ragi atau jamur yang tidak terkendali.

Itu sebabnya, kedua jenis jerawat ini tidak bisa diatasi dengan obat yang sama. Jika kamu terus menggunakan pengobatan anti jerawat biasa, fungal acne yang kamu alami berpotensi akan semakin memburuk.

Beda fungal acne dengan jerawat biasa

Berikut ini adalah cara untuk membedakan jerawat biasa dengan fungal acne:

  • Ukuran: Benjolan yang berisi nanah yang disebabkan oleh fungal acne cenderung berukuran sama. Sementara jerawat biasa hadir dengan ukuran yang beragam
  • Lokasi: Fungal acne biasanya muncul di tangan, dada dan punggung. Tipe jerawat ini pun bisa muncul di wajah yang merupakan lokasi jerawat biasa muncul
  • Gatal-gatal: Tidak seperti jerawat biasa, fungal acne kerap membuat gatal-gatal
  • Berkelompok: Fungal acne biasanya muncul berkelompok, sementara jerawat biasa umumnya muncul secara tersebar

Bagaimana cara menghilangkan fungal acne?

Semua cara menghilangkan fungal acne memiliki tujuan yang sama, yaitu menyeimbangkan kembali ragi dan bakteri di kulit. Berikut ini adalah kiat yang bisa kamu ikuti:

Mandi secara reguler

Jika kamu menjalani olahraga atau pekerjaan yang membuat kamu sangat berkeringat, segeralah mandi dan berganti pakaian setelah melakukan aktivitas ini, ya!

Dengan mandi, kamu pun bisa menyingkirkan ragi yang berlebihan yang mungkin mulai tumbuh di lingkungan yang hangat dan lembap di dalam pakaian basah kamu.

Menghilangkan fungal acne dengan cara berpakaian

Dalam hal ini kamu perlu memakai pakaian yang longgar. Karena, pakaian yang ketat, apalagi jika kamu terlalu sering mengenakannya, membuat banyak gesekan dan kurangnya aliran udara, sehingga kondisi ini akan merangsang ragi untuk tumbuh.

Selain pakaian yang longgar, mengenakan kain breathable atau yang dapat membuat kulit bernapas juga jadi salah satu yang direkomendasikan. Karena memastikan kulit mendapat sirkulasi akan membuat pertumbuhan bakteri dan jamur menjadi lebih seimbang.

Gunakan sampo anti ketombe

Sampo anti ketombe yang terbuat dari pyrithione zinc atau selenium sulfida dapat kamu gunakan sebagai pembersih badan. Cara ini bisa membantu menghilangkan fungal acne dengan efektif.

Bersihkan kulit kamu beberapa kali dalam seminggu dengan menggunakan sampo anti ketombe ini ketika fungal acne muncul.

Kamu pun bisa mempertimbangkan untuk menggunakan cara ini secara reguler, sekitar sekali dalam seminggu, untuk mempertahankan keseimbangan ragi dan bakteri di kulit.

Ketika menggunakan cara ini, biarkan sampo selama beberapa menit di kulit sebelum kamu membilasnya.

Cara menghilangkan fungal acne dengan obat anti jamur

Menghilangkan fungal acne juga bisa dilakukan dengan cara mengolesi obat yang tersedia di apotek dan toko obat. Beberapa obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter ini tersedia dalam bentuk krim dan salep.

Dalam hal ini, kamu bisa pakai obat untuk mengatasi kutu air dan infeksi jamur di selangkangan. 

Beberapa jenis obat yang bisa kamu andalkan adalah ketoconazole, butenafine atau krim clotrimazole.

Gunakan obat anti jamur yang diresepkan

Jika beberapa cara di atas tidak berhasil untuk menghilangkan fungal acne, maka cobalah untuk membuat janji dengan dokter kulit.

Dokter kulit akan meresepkan obat oral seperti itraconazole atau fluconazole. Obat-obat ini akan menyasar folikel rambut dan mengurangi infeksi yang kamu alami.

Demikianlah berbagai cara menghilangkan fungal acne, selalu terapkan pola hidup yang sehat untuk kulit kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 11 Maret 2021. What Is Fungal Acne? Symptoms, Treatment, Vs. Acne
  2. Healthline, diakses 11 Maret 2021. Acne Vulgaris: Symptoms, Pictures, Treatments, and More
  3. Healthline, diakses 11 Maret 2021. Whitehead: Causes, Treatments, and Complications
    register-docotr