Kulit & Perawatan Tubuh

Benar atau Tidak Ya, Deodoran Membuat Ketiak Hitam?

April 6, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Orang membutuhkan deodoran demi menghindari bau badan yang mengganggu. Tapi apakah deodoran membuat ketiak hitam? 

Beberapa orang menganggap deodoran adalah salah satu yang menyebabkan kulit ketiak menjadi lebih gelap. Masih banyak yang bertanya-tanya apakah deodoran membuat ketiak hitam dan jika benar bagaimana mengatasinya?

Baca Juga: Bye-Bye Ketiak Hitam, Ini Cara Memutihkannya yang Aman dan Patut Dicoba

Kondisi penyebab menghitamnya kulit ketiak

Sebelum lebih jauh membahas apakah deodoran membuat ketiak hitam, kamu harus tahu terlebih dahulu jika salah satu yang membuat kulit ketiak hitam adalah kondisi yang disebut dengan post-inflammatory pigmentation (PIH).

Menurut MedScape, PIH adalah kondisi kulit menggelap yang terjadi setelah kulit mengalami masalah atau akibat pengaruh kondisi tertentu seperti, infeksi, cedera, reaksi obat-obatan, luka bakar, penyakit inflamasi seperti dermatitis atopik dan reaksi alergi. 

Nah, beberapa orang memiliki kulit yang sensitif. Yang mungkin saja akan mengalami reaksi alergi saat bersentuhan dengan kimiawi tertentu. Seperti kimiawi yang terdapat di dalam deodoran. 

Lalu apakah deodoran membuat ketiak hitam?

Deodoran adalah produk yang menyerap dan menutupi bau keringat. Sementara antiperspirant adalah yang mencegah kamu berkeringat. 

Ketika menggunakannya kamu mungkin akan merasakan kulit kemerahan, gatal atau mengelupas. Pertanda adanya reaksi alergi dari penggunaan produk tersebut dan menyebabkan iritasi. Reaksi alergi ini yang kemudian dapat memicu kulit ketiakmu menjadi lebih gelap. 

Sementara alergi ini tidak terjadi pada semua orang. Hanya beberapa saja. Mungkin juga, kamu tidak menyadari dan menganggap reaksi alergi itu sesuatu yang ringan dan akan membaik. Padahal itu yang kemudian menyebabkan PIH dan berakhir dengan menghitamnya ketiak. 

Bahan-bahan dalam deodoran yang menyebabkan reaksi alergi

Jadi, jika ada pertanyaan apakah deodoran membuat ketiak hitam, maka jawabannya adalah mungkin saja apabila kamu mengalami PIH karena pemakaian deodoran. 

Untuk lebih memahami bahan-bahan apa saja yang dapat memicu reaksi alergi dari deodoran, berikut penjelasannya. 

Menurut Badan Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat, ada empat bahan deodoran secara umum yang bisa memicu alergi dan iritasi. 

  • Aluminium: Karena aluminium adalah zat yang digunakan untuk mencegah kamu berkeringat, sehingga penting dalam deodoran. Tapi paparan aluminium, menurut penelitian sangat mungkin menyebabkan alergi atau dermatitis kontak pada penggunanya.
  • Pewangi: Alergi pada pewangi deodoran bukan lagi hal baru. Sebuah studi pada 2011 telah membuktikannya, di mana 25 persen dari peserta mengalami alergi yang dipicu oleh bahan pewangi deodoran.
  • Pengawet: Salah satu yang banyak digunakan adalah paraben, dan penggunaannya memang diketahui dapat memicu alergi ruam atau iritasi. Saat ini sudah banyak produk yang tidak lagi menggunakan paraben sebagai bahan pengawet produknya.
  • Pewarna: Dilansir dari Healthline, tambahan pewarna pada deodoran juga mungkin menyebabkan iritasi pada ketiak. 

Beberapa deodoran juga menggunakan alkohol. Alkohol juga bisa menjadi bahan yang memicu terjadinya iritasi pada kulit dan menyebabkan PIH, hingga berakhir dengan kulit ketiak yang menghitam. 

Jika kamu ingin menghindari kulit ketiak yang menghitam, cobalah lebih memahami reaksi tubuh. Apakah kamu mengalami reaksi alergi atau iritasi akibat deodoran?

Jika iya, sudah saatnya kamu memilih produk yang lebih ramah untuk kulit, demi menghindari menghitamnya bagian ketiak. 

Baca Juga: Jika Mencukur Membuat Ketiak Hitam, Bagaimana dengan Krim Perontok dan Waxing?

Penyebab ketiak hitam lainnya

Selain terjadinya PIH yang muncul setelah iritasi akibat deodoran, menghitamnya kulit ketiak juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya acanthosis nigricans

Acanthosis nigricans adalah kondisi penebalan dan penggelapan di sekitar lipatan tubuh, salah satunya di ketiak. Tetapi bisa juga terjadi di lipatan leher, lipatan paha, siku dan lutut. 

Acanthosis nigricans seringkali menjadi tanda penyakit tertentu, seperti diabetes, obesitas atau kadar hormon yang tidak normal. 

Selain itu, kulit ketiak kamu juga bisa menghitam karena hal-hal seperti berikut ini:

  • Mencukur, karena dapat menyebabkan iritasi dan PIH
  • Menumpuknya sel mati
  • Gesekan pada pakaian yang terlalu ketat
  • Melanosis, perubahan warna kulit akibat merokok
  • Peningkatan melanin
  • Infeksi bakteri yang disebut eritrasma
  • Melasma atau bercak kulit
  • Penyakit Addison atau kelenjar adrenal rusak.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui bahwa ada sejumlah penyebab kulit ketiak menghitam. Sehingga, deodoran bukan lagi satu-satunya hal yang kamu anggap menjadi penyebab kulit ketiak menghitam. 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 1 April 2021
Can You Be Allergic to Deodorant?
Healthline, diakses 1 April 2021
How to Lighten Underarms
Healthline, diakses 1 April 2021
What Causes Dark Underarms, and How Are They Treated?
MedScape, diakses 1 April 2021
Postinflammatory Hyperpigmentation

    register-docotr