Info Sehat

Kenapa Kita Harus Puasa Sebelum Tes Kesehatan?

May 5, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pernahkah kamu diminta untuk puasa sebelum melakukan tes kesehatan? Ternyata ini bukan tanpa alasan lho.

Nah, berikut adalah penjelasan lebih dalam mengenai mengapa kita harus puasa sebelum tes kesehatan.

Kenapa kita harus puasa sebelum tes kesehatan?

Nutrisi dan bahan dalam makanan serta minuman yang kamu konsumsi diserap ke dalam aliran darah dan dapat memengaruhi faktor-faktor yang diukur dengan tes tertentu.

Puasa sebelum tes kesehatan dapat meningkatkan akurasi tes tersebut. Jika dokter menyuruh kamu berpuasa sebelum tes kesehatan, itu berarti kamu tidak boleh makan atau minum apapun, kecuali air selama beberapa jam sebelum tes.

Puasa di sini berbeda dengan puasa ramadan di mana kamu dilarang makan dan minum ya. Kamu masih boleh minum air putih. Air menghidrasi pembuluh darah kita.

Pembuluh darah yang terhidrasi akan lebih mudah ditemukan. Dan itu berarti lebih mudah dalam proses pengambilan sampel darah. Minumlah banyak air sebelum melakukan tes darah atau tes kesehatan.

Tes apa saja yang mengharuskan kita puasa?

Hanya ada beberapa jenis tes tertentu yang mengharuskan kamu berpuasa selama 8 hingga 12 sebelum janji temu. 

Ini karena untuk tes tertentu, nutrisi dan bahan dari apa yang kamu makan atau minum diserap ke dalam aliran darah dan dapat mempengaruhi faktor-faktor yang diukur dalam darah untuk tes laboratorium.

Dalam kasus ini, puasa meningkatkan keakuratan hasil dan memberi dokter gambaran terbaik tentang kesehatan kamu. Berikut beberapa tes kesehatan yang biasanya mengharuskan kamu untuk berpuasa:

1. Tes darah

Tes darah puasa biasanya dilakukan di pagi hari setelah kamu menjalani puasa selama 8 hingga 16 jam.

Puasa diperlukan sebelum tes darah yang biasa dilakukan untuk cek glukosa (gula darah) dan trigliserida (bagian dari kolesterol, atau lipid panel) untuk hasil yang akurat.

Jika dokter memberi tahu kamu untuk berpuasa sebelum menjalani tes darah, coba tanyakan apakah minum air masih diperbolehkan untuk memastikan kelancaran tes nantinya.

2. Gastroskopi

Gastroskopi juga dikenal sebagai endoskopi atas adalah tes yang dilakukan dengan memasukkan tabung fleksibel tipis (endoskopi) untuk memeriksa saluran pencernaan bagian atas.

Tabung dimasukkan ke dalam mulut dan mengalir ke pipa makanan (kerongkongan), lalu ke perut dan bagian pertama dari usus kecil (duodenum), untuk melihat area ini.

Pasien biasanya tidak boleh makan atau minum (termasuk air) selama 6 jam sebelum gastroskopi. Ini untuk menurunkan risiko muntah dan menghirup apa yang ada di perut. Ini juga memberi dokter pandangan yang jelas di dalam perut dan usus.

3. Kolonoskopi

Kolonoskopi adalah prosedur di mana tabung fleksibel, yang dikenal sebagai kolonoskop, dimasukkan ke dalam anus dan melalui rektum sehingga dapat melihat bagian dalam usus besar.

Sebelum tes kolonoskopi, kamu diperbolehkan makan makanan rendah serat selama 1 hingga 2 hari. Dan hanya boleh minum cairan bening sehari sebelumnya.

Sehari sebelumnya, kamu juga diminta untuk meminum obat untuk mengosongkan usus. Terakhir, kamu harus berpuasa selama beberapa jam sebelum prosedur.

4. Puasa sebelum anestesi

Jika kamu sedang dibius atau menjalani anestesi umum, dokter akan meminta kamu untuk berhenti makan beberapa jam sebelumnya.

Namun kamu masih dapat mengonsumsi cairan bening hingga 2 jam sebelum melakukan anestesi.

Berapa lama harus puasa sebelum tes kesehatan?

Panjang durasi puasa tergantung pada tes yang akan kamu jalani. Puasa untuk tes kesehatan biasanya berlangsung selama 8 hingga 12 jam.

Dokter biasanya akan memberikan instruksi khusus yang berkaitan dengan tes yang akan kamu jalani, termasuk persyaratan puasa. Selalu ikuti instruksinya dengan cermat, ya.

Sebagian besar tes yang membutuhkan puasa dijadwalkan pagi-pagi sekali. Dengan begitu, sebagian besar waktu puasa akan kamu habiskan saat tertidur.

Selain minum air, bolehkan minum kopi atau teh?

Jaga tekanan darah tetap stabil dengan menghindari konsumsi kafein setidaknya satu jam sebelum tes kesehatan.

Jus, kopi, soda, dan minuman lain dapat masuk ke aliran darah dan memengaruhi hasil tes kesehatan kamu. Selain itu, kamu tidak boleh:

  • Mengunyah permen karet
  • Merokok
  • Olahraga

Bolehkan minum obat saat puasa sebelum tes kesehatan?

Untuk hasil pasti, tanyakan pada dokter karena setiap tes kesehatan punya aturan yang berbeda. Namun umumnya minum obat diperbolehkan.

Pastikan kamu memberi tahu apa saja obat dan suplemen yang sedang kamu konsumsi serta tanyakan apakah masih boleh mengonsumsinya saat puasa.

Kapan boleh makan lagi setelah tes kesehatan?

Kamu bisa langsung makan segera setelah tes kesehatan selesai. Kamu bisa membawa cemilan, agar bisa langsung dimakan setelah tes usai.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Health Direct. Diakses pada 3 Mei 2021. Fasting for medical tests

Medline Plus. Diakses pada 3 Mei 2021. Fasting for a Blood Test

Harvard Edu. Diakses pada 3 Mei 2021. Ask the doctor: What blood tests require fasting?

    register-docotr