Info Sehat

Daun Sirsak Dapat Sembuhkan Miom, Benarkah?

August 12, 2020 | Nik Nik Fadlah
no-image

Miom merupakan pertumbuhan abnormal yang berkembang di dalam rahim seorang wanita. Pertumbuhan tersebut biasanya jinak atau non-kanker. Daun sirsak dipercaya dapat mengobati kondisi ini. Lantas, apakah daun sirsak untuk miom benar efektif?

Daun sirsak memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Banyak orang yang percaya daun sirsak dapat dijadikan sebagai pengobatan alami untuk mengobati miom. Nah, untuk mengetahui efektif atau tidaknya pengobatan dengan daun sirsak, yuk simak ulasan berikut.

Perbedaan miom dan kista

Miom dan kista adalah kelainan struktural yang sangat umum pada sistem reproduksi wanita dan biasanya memengaruhi wanita dalam masa subur.

Keduanya memengaruhi berbagai struktur dalam sistem reproduksi wanita. Tak hanya itu, keduanya juga dapat muncul dengan gejala yang sama. Miom dan kista seringkali dikaitkan dengan kondisi yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan.

Miom atau fibroid merupakan pertumbuhan otot non-kanker di dalam dinding rahim. Mereka dapat tumbuh beberapa sentimeter, tetapi seringkali tidak terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala jelas. Sedangkan kista merupakan kantung berisi cairan dan bisa jinak atau ganas.

Singkatnya, miom merupakan kondisi yang memengaruhi rahim sementara kista terjadi di ovarium.

Baca juga: Miom dan Kista Apa Bedanya? Yuk, Simak Jenis, Penyebab, dna Diagnosis Keduanya!

Cara membuat ramuan daun sirsak untuk miom

Daun sirsak sudah lama digunakan untuk mengobati miom oleh masyarakat Indonesia. Ramuan daun sirsak sendiri merupakan warisan turun temurun yang dipercaya dapat mengatasi segala macam masalah kewanitaan, mencegah kanker, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dilansir dari Steemit, berikut adalah membuat ramuan dari daun sirsak.

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak segar
  • Bersihkan daun sirsak menggunakan air bersih. Siapkan wajan berisi air (3 gelas) dan didihkan. Kemudian rebus daun sirsak dalam wajan yang berisi air
  • Jika airnya tersisa 1 gelas, angkat kemudian disaring
  • Kamu dapat meminum teh daun sirsak saat masih hangat

Ramuan tersebut merupakan ramuan herbal untuk mengobati miom tanpa operasi.

Daun sirsak untuk miom dan kista

Selain dipercaya dapat mengobati miom, daun sirsak juga dipercaya dapat mencegah kista. Tanaman sirsak memiliki banyak sekali manfaat, baik dari segi buah, daun, maupun akarnya.

Sebagai pencegahan kista, kamu dapat mengonsumsi buah sirsak langsung atau dengan mengolahnya terlebih dahulu, baik itu dijus, mengambil ekstrak buah sirsak, atau direbus.

Melansir repository.lppm.unila.ac.id dalam jurnal yang berjudul Potensi Sirsak (Annona muricata) Sebagai Pencegahan Kista Ovarium, daun sirsak untuk kista mengandung polifenol, flavonoid, vitamin A, vitamin C, serta vitamin E.

Kandungan tersebut dapat membantu untuk mencegah kista ovarium. Perlu diketahui, salah satu penyebab terbentuknya kista ovarium adalah ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron.

Flavonoid dapat menyeimbangkan estrogen dalam tubuh, sehingga dapat membantu untuk menurunkan risiko kista ovarium.

Manfaat lainnya

Flavonoid bekerja dengan cara menonaktifkan karsinogen (zat yang dapat menyebabkan kanker). Di sisi lain, polifenol dapat mengubah area sinyal proses karsinogenik, sehingga dapat mencegah pembentukan kista ovarium.

Vitamin A, yang juga terkandung dalam sirsak dapat membantu mencegah anovulasi folikel matur yang merupakan salah satu penyebab lainnya dari kista ovarium.

Daun sirsak untuk miom, apakah efektif?

Miom adalah kondisi yang harus diwaspadai, karena dapat semakin parah yang membuat penderitanya harus melakukan operasi jika tidak diobati sedini mungkin.

Acetogenins, yakni kandungan lain yang terdapat di dalam sirsak memiliki kemampuan kemoterapi, serta memiliki sifat antikanker dan antitumor.

Selain itu, senyawa fenol dan polifenol dapat membantu menurunkan risiko tumor. Vitamin E yang juga terkandung dalam sirsak memiliki kemampuan yakni, dapat melawan radikal bebas.

Jika kamu memiliki miom, atau belum memilikinya akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan yang bergizi dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Perubahan dalam pola makan dapat lebih membantu mengurangi gejala miom. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat melakukan olahraga.

Hal ini juga berlaku pada pengobatan daun sirsak untuk kista. Meskipun daun sirsak memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi jika kamu mengonsumsinya untuk mengobati kedua kondisi ini, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Health Plus (2020). Diakses pada 10 Agustus 2020. Know The Difference Between Cysts and Fibroids? 

Healthline (2020). Diakses pada 10 Agustus 2020. Fibroids 

Lake Health and Well Being (2020). Diakses pada 10 Agustus 2020. Fibroids, Soursop, and Guava 

Lake Health and Well Being (2018). Diakses pada 10 Agustus 2020. Improving Our Health and Wellbeing Through Gardening: Fruit Trees – Soursop and Guava

Steemit (2017). Diakses pada 10 Agustus 2020. Do not Worry, Uterine Mioma Can be Healed with Soursop Leaves 

Steemit (2018). Diakses pada 10 Agustus 2020. Soursop Leaf Benefits for Ovarian Cysts 

Very Well Fit (2020). Diakses pada 10 Agustus 2020. Soursop Tea Benefits and Side Effects 

UGM Farmasi. Diakses pada 10 Agustus 2020. Sirsak (Annona Muricata L.) 

Susianti, Anugerah Indah Sari (2017). Potensi Sirsak (Annona muricata) Sebagai Pencegahan Kista Ovarium. repository.lppm.unila.ac.id. (diakses pada 13 Desember 2020)

    Berita Terkait
    register-docotr