Info Sehat

6 Cara Mudah Mencegah Batuk Pilek yang Efektif dan Praktis

April 28, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Widiyutha Wiraprasastha
no-image

Pastinya kamu tidak ingin jika aktivitasmu terganggu oleh batuk dan pilek, bukan? Batuk dan pilek merupakan gejala di mana sistem kekebalan tubuh mulai menurun yang diakibatkan oleh infeksi virus. Oleh sebab itu, mencegah batuk pilek lebih baik sebelum terlambat.

Batuk dan pilek sangat mengganggu jika terjadi secara terus menerus. Jika sudah parah, biasanya diikuti dengan hidung tersumbat, demam, panas dingin, pusing, dan kelelahan. 

Nah, untuk mencegah batuk pilek maka sebaiknya kamu lakukan tips di bawah ini sehingga aktivitasmu tetap berjalan lancar.

1. Vaksin flu

Vaksin flu adalah vaksin yang cukup ampuh untuk melawan serangan flu yang mengintai ketika musimnya tiba.

Menurut Ketua Satgas Imunisasi Dewasa PB PAPDI, Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi Sp.Pd-KAI FACP, vaksin influenza diciptakan untuk melawan empat strain virus influenza, yakni dua strain virus influenza A H3N2 dan H1N1, dan dua strain virus influenza B Yamagata dan Victoria.

2. Sering cuci tangan

Virus yang menyebabkan batuk dan pilek bisa menyebar dari mana saja. Oleh sebab itu, penting untuk mencuci tangan dengan air atau sanitizer setelah menyentuh benda-benda asing. 

Perlu diingat agar tidak menutup bersin dan batuk dengan tangan kosong karena virus juga dapat tersebar melalui bersin dan batuk yang menempel di tangan. Sebisa mungkin gunakan tisu sekali pakai atau batuk ke arah siku tangan. 

Selain itu, jangan terlalu banyak menyentuh wajah karena virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung, dan mulut.

3. Perbanyak konsumsi makanan alami

Phytochemical merupakan senyawa kimia yang berasal dari tanaman. Kandungan kimia alami ini meningkatkan kualitas vitamin yang terkandung di dalamnya. Phytochemical banyak ditemui pada buah-buahan serta sayur-sayuran berwarna warni seperti hijau, merah, dan kuning. 

Sementara, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari phytochemical, kamu dapat mengonsumsi apel, aprikot, brokoli, kubis, wortel, blumkol, bawang putih, bawang bombay, paprika merah, kedelai, ubi, tomat, dan lainnya. 

4. Hindari rokok dan alkohol

Perokok berat lebih rentan terkena flu parah karena bahkan asapnya saja sudah merusak sistem imun. Rokok juga menjadi penyebab berbagai penyakit kronis lainnya yang dapat membahayakan tubuh dalam jangka panjang. 

Selain itu, konsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat menyebabkan dehidrasi dan mengurangi fungsi sistem imun dan membuat tubuh rentan terkena infeksi dan komplikasi. 

5. Hindari stres

Stres dapat menjadi pemicu penyakit mulai dari ringan hingga berat. Lakukan aktivitas-aktivitas seperti hobi yang sudah lama tidak dilakukan. Menurut sebuah penelitian, sistem pertahanan tubuh terhadap kuman juga akan bekerja lebih baik ketika kamu tidak berada dalam kondisi stress.

6. Olahraga secara rutin

Rutin berolahraga, terutama aerobik dan olahraga kardio dapat meningkatkan detak jantung.

Peningkatan detak jantung dapat meningkatkan kemampuan sel untuk membunuh virus dalam tubuh secara alami. Olahraga juga membantu tubuh untuk tetap berada dalam kondisi terbaik.

Menjaga tubuh tetap fit merupakan hal yang susah-susah mudah, namun dengan semangat agar tidak mudah terserang penyakit ketika musimnya tiba, komitmen harus selalu tetap dijaga demi kesehatan kamu dan keluarga.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

WebMD. Diakses pada 16 Oktober 2019. 8 Natural Tips to Help Prevent a Cold.

US National Library of Medicine. National Institutes of Health. Diakses pada 17 Oktober 2019.

Psychological Stress and the Human Immune System: A Meta-Analytic Study of 30 Years of Inquiry.

Kompas.com. Diakses pada 17 Oktober 2019. Sudah Vaksin Influenza, Kok Masih Batuk dan Pilek?

 

    Berita Terkait
    register-docotr