Info Sehat

Masker Jenis Ini Ampuh Hindari Polusi Udara

April 21, 2020 | Ahmad Ridwan | dr. Andrew Lienata
feature image

Polusi udara di Jakarta masuk ke daftar kualitas terburuk beberapa minggu ke belakang. Bahkan Jakarta pernah masuk ke peringkat kedua kota dengan kualitas udara terburuk. Untuk itu, tentunya kamu membutuhkan masker polusi yang tepat untuk digunakan.

Sampai saat ini Jakarta masih dikepung polusi udara yang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Terlebih bagi yang banyak melakukan aktivitas luar ruangan, terutama saat berkendara dengan sepeda motor.

Risiko gangguan pernapasan akibat dari polusi udara di Jakarta ini bisa meningkat. Maka jangan sepelekan penggunaan masker saat berada di luar ruangan.

Gunakan masker polusi secara tepat

Jika kamu sudah terbiasa menggunakan masker, yuk cek kembali apakah masker yang digunakan sudah tepat. Selama ini masker yang paling sering ditemui di pasaran adalah jenis masker bedah atau Surgical Masks.

Penggunaan masker bedah ini tidak tepat guna karena polusi udara di Jakarta yang sangat tinggi. Alasannya masker bedah tidak bisa menangkap partikel kecil polutan udara yang berukuran PM2,5 mikrometer atau PM10 mikrometer. 

Jadi penggunaan masker yang tepat adalah jenis N-95 atau N-99. Kedua jenis masker ini bisa melindungi kamu 95%-99% dari polusi udara.

Masker jenis ini memang masih jarang dijual tapi kamu bisa menemukannya di apotek atau toko online. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan tiga hal berikut ini.

  • Pastikan gunakan ukuran masker yang tepat.

Walaupun sudah menggunakan masker N-95 atau N-99 kamu perlu memperhatikan ukuran. Pastikan ukuran masker sudah sesuai tidak kebesaran dan kekecilan. Tipsnya pilih masker dengan tali yang bisa diatur.

  • Periksa kualitas masker.

Di pasaran kamu akan menemukan berbagai merek masker N-95 dan N-99, jenis masker ini memang harganya jauh lebih mahal dari masker bedah. Jadi jangan tergoda dengan harga murah, pilihlah masker dengan kualitas terbaik.

Perhatikan bagian respiratornya terutama untuk penggunaan sehari-hari.

  • Pilih masker yang dapat digunakan berulang.

Masker N-95 dan N-99 ada yang didesain khusus untuk dipakai berulang. Untuk lebih menghemat dan mendukung lingkungan pilihlah masker yang bisa didaur ulang. Setidaknya pilih masker yang bisa digunakan sampai 4 bulan.

Selain menggunakan masker polusi udara yang tepat, penting juga untuk menjaga kondisi tubuh kamu. Agar ketahanan tubuh tetap terjaga dari serangan polusi udara.  


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

BMJ Journal diakses 20 September 2019. Effectiveness of face masks used to protect Beijing residents against particulate air pollution

PMC Journal diakses 20 September 2019. Assessment of a respiratory face mask for capturing air pollutants and pathogens including human influenza and rhinoviruses

OSHO.GOV diakses 20 September 2019. Respiratory Infection Control: Respirators Versus Surgical Masks

    register-docotr