Info Sehat

Tak Hanya Turunkan Berat Badan, Ini Sederet Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

September 30, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Banyak disukai karena memiliki perpaduan rasa manis dan asam, ternyata ada banyak manfaat buah manggis untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan lho.

Baca Juga: 5 Buah yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Catat!

Apa saja kandungan buah manggis?

Dilansir dari Healthline, manggis relatif rendah kalori tetapi memberikan banyak nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Berikut ini jumlah kandungan buah manggis dalam satu porsi 1 cangkir (196 gram) manggis kalengan yang dikeringkan: 

  • Kalori: 143
  • Karbohidrat: 35 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Protein: 1 gram
  • Mangan: 10 persen 
  • Tembaga: 7 persen 
  • Magnesium: 6 persen 

Wah, banyak sekali ya kandungan buah manggis. Kandungan buah manggis lainnya yang paling terkenal adalah vitamin. Buah manggis mengandung vitamin C sebanyak 9 persen dari Reference Daily Intake lho.

Tak hanya itu, buah manggis juga mengandung vitamin B9 (folat) sebanyak 15 persen, vitamin B1 (tiamin) sebanyak 7 persen, dan tak ketinggalan buah manggis juga mengandung vitamin B2 (riboflavin) sebanyak 6 persen.

Ternyata vitamin dan mineral dalam manggis penting untuk menjaga berbagai fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, imunitas tubuh, dan kesehatan syaraf.

Manfaat buah manggis untuk kesehatan

Kamu tidak boleh menyepelekan khasiat buah manggis hanya karena ukurannya yang kecil dan cenderung asam. Banyak khasiat buah manggis yang bisa kamu panen dari rajin mengonsumsi buah berwarna putih bersih ini.

Mengandung banyak antioksidan

Khasiat buah manggis yang pertama yakni memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menetralkan efek radikal bebas, pada umumnya terkait dengan berbagai penyakit kronis.  

Buah manggis mengandung beberapa nutrisi dengan kemampuan sebagai antioksidan, seperti vitamin C dan folat. Tak hanya itu, manggis juga mengandung xanthones jenis senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan yang kuat. 

Memiliki sifat antiperadangan

Xanthone yang ditemukan dalam manggis dapat berperan dalam mengurangi peradangan. Penelitian tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa xanthone memiliki efek anti-inflamasi dan dapat mengurangi risiko penyakit inflamasi, seperti kanker, penyakit jantung, serta diabetes. 

Baca juga: Manfaat Kulit Manggis: Mencegah Kanker hingga Masalah pada Kulit

Memiliki efek antikanker

Melansir penjelasan Healthline, studi populasi menunjukkan bahwa diet kaya sayuran dan buah-buahan seperti manggis dapat menurunkan risiko terserang kanker.

Senyawa dalam manggis termasuk xanthones memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. 

Mengontrol gula darah

Manfaat buah manggis selanjutnya yakni membantu mengontrol gula darah. Ini karena senyawa xanthone dalam manggis dapat membantu kamu menjaga kadar gula darah yang sehat. 

Sebuah studi 26 minggu pada wanita obesitas, seperti dilansir dari laman Healthline, menemukan bahwa mereka yang menerima 400 mg ekstrak manggis tambahan setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan. 

Buah ini juga merupakan sumber serat yang baik, nutrisi yang dapat membantu menstabilkan gula darah dan meningkatkan pengendalian diabetes. Kombinasi kandungan xanthone dan serat pada manggis dapat membantu keseimbangan gula darah. 

Menurunkan berat badan

Dalam industri kesehatan dan kebugaran, salah satu klaim ketenaran manggis terbesar adalah potensinya untuk membantu menurunkan berat badan.

Melansir Healthline, sebuah penelitian kecil selama 8 minggu menunjukkan orang yang melengkapi diet mereka dengan 3, 6 atau 9 ons (90, 180, atau 270 ml) jus manggis sebanyak dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada yang kelompok kontrol. 

Tak hanya itu saja efek anti-inflamasi buah manggis berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Pada akhirnya, masih diperlukan lebih banyak riset untuk memahami bagaimana manggis bisa mendukung program penurunan berat badan yang efektif.

Baca Juga: Alergi Buah: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Menjaga kekebalan tubuh adalah manfaat buah manggis yang bisa kamu peroleh. Seperti yang sudah diketahui bahwa buah manggis mengandung vitamin C, kandungan serat dan vitamin C pada manggis penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Serat mendukung bakteri usus yang sehat, itu adalah komponen penting dari kekebalan. Di sisi lain, buah manggis mengandung vitamin C yang juga dibutuhkan untuk fungsi berbagai sel kekebalan dan memiliki sifat antioksidan. 

Sistem kekebalan membutuhkan banyak nutrisi berbeda untuk berfungsi secara optimal. Manggis bisa menjadi pilihan yang sehat untuk disertakan bersama makanan padat nutrisi lainnya sebagai bagian dari diet seimbang.

Manfaat buah manggis untuk menjaga kesehatan kulit

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari bisa menjadi penyebab utama kanker kulit dan tanda-tanda penuaan.

Namun, kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalam manggis disinyalir bisa memberi manfaat pada perlindungan kulit ini. Meski klaim ini masih diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini.

Demikian manfaat buat manggis untuk kesehatan yang bisa kamu peroleh jika kamu rajin mengonsumsi buah ini. Tidak ada alasan untuk tidak memasukkan buah manggis dalam daftar konsumsi buah harian kamu.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline.com (2019) diakses pada 27 September 2020. 11 Health Benefits of Mangosteen (And How to Eat It)
  2. Verywellfit.com (2020) diakses pada 27 September 2020. Mangosteen Nutrition Facts and Health Benefits
    register-docotr