Info Sehat

Manfaat Bekicot bagi Kesehatan: Cegah Anemia hingga Tingkatkan Kekebalan Tubuh

January 23, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Di beberapa daerah di Indonesia, daging bekicot sering dijadikan menu santapan yang lezat. Meski begitu, tak banyak orang yang tahu bahwa ada berbagai manfaat bekicot untuk tubuh jika dikonsumsi dengan benar.

Lantas, apa saja manfaat bekicot untuk kesehatan? Selain itu, apa ada efek samping yang bisa ditimbulkan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang bekicot

Bekicot adalah siput darat yang memiliki cangkang, terdiri dari lebih 10 ribu spesies dan 400 famili. Dikenal sebagai hewan yang bergerak sangat lambat, bekicot merupakan hewan yang mengonsumsi makanan seperti buah-buahan dan dedaunan dari tumbuhan rindang.

Daging siput dianggap sebagai makanan berkualitas tinggi, karena mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Dikutip dari Health Benefits Times, daging siput dewasa memiliki kandungan protein, zat besi, dan asam lemak esensial seperti asam linolenic dan asam linoleic.

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, bekicot juga sering dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi gangguan kesehatan tertentu.

Baca juga: 5 Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan, Bisa Cegah Sakit Jantung!

Manfaat bekicot dari kandungannya

Bagi sebagian orang, lendir bekicot mungkin menjijikkan. Namun, dagingnya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat bekicot untuk kesehatan jika dilihat dari kandungan yang dimiliki:

1. Sumber zat besi

Seperti yang telah disebutkan, salah satu nutrisi yang dimiliki bekicot adalah zat besi. Zat besi dari sumber hewani dapat diserap lebih banyak oleh tubuh jika dibandingkan dengan sayuran. Sebab, zat besi dari sumber nabati bersifat lebih kompleks.

Kandungan tersebut mempunyai banyak efek positif bagi tubuh, salah satunya adalah mendukung produksi sel darah merah untuk mengoptimalkan pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan begitu, hal tersebut juga dapat mencegah gangguan kesehatan seperti anemia.

2. Vitamin B12 yang tinggi

Selain zat besi, vitamin B12 atau asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Tak hanya mencegah anemia, vitamin B12 yang ada pada bekicot juga efektif untuk membantu proses pengolahan makanan menjadi energi serta menjaga kesehatan saraf.

3. Kandungan magnesium

Nutrisi berikutnya yang dimiliki siput adalah magnesium. Dari kandungan tersebut, kamu bisa merasakan manfaat bekicot untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal, detak jantung teratur, dan tulang yang semakin kuat tidak mudah keropos.

4. Sumber kalsium yang baik

Kalsium merupakan zat gizi yang baik untuk kesehatan tulang, termasuk gigi. Kandungan tersebut bisa ditemukan melimpah di bekicot.

Selain kesehatan gigi dan tulang, kalsium diperlukan untuk proses pembekuan darah, terutama jika terdapat luka. Kalsium orto fosfat yang ditemukan pada bekicot juga dapat membantu meringankan gejala penyakit ginjal.

5. Kandungan kalium

Kalium adalah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan proses metabolisme. Dari kandungan tersebut, manfaat bekicot yang bisa kamu dapatkan meliputi:

  • Mengatur keseimbangan air dan asam basa
  • Menjaga kadar elektrolit
  • Membantu menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik
  • Menurunkan sensitivitas garam yang merupakan faktor risiko penyakit jantung
  • Menjaga kesehatan saraf dan otot

6. Kandungan zinc

Untuk kamu yang ingin cepat mendapat momongan, daging bekicot mungkin bisa dijadikan santapan alternatif. Manfaat bekicot tersebut tak lepas dari kandungan zinc yang dimiliki. Zinc dapat mengoptimalkan kelenjar prostat untuk menghasilkan sperma yang sehat.

Selain itu, zinc dengan vitamin A juga berperan penting dalam menyembuhkan mata dan mendukung adaptasi penglihatan saat malam atau kondisi gelap.

7. Selenium untuk kekebalan

Kekebalan tubuh sangat penting untuk dijaga, apalagi di saat pandemi seperti sekarang. Selain dari suplemen, kamu juga bisa mulai rutin makan daging bekicot. Selenium yang ada pada bekicot dipercaya dapat menjaga sistem kekebalan agar tetap sehat serta melindungi sel dari kerusakan.

Waspadai risiko efek samping

Sama seperti kebanyakan hewan lain, bekicot terkadang memiliki parasit yang hidup di dalamnya, salah satunya adalah cacing. Jika ikut tertelan dan masuk ke dalam tubuh, hal itu bisa menyebabkanmu mengalami infeksi yang ditandai dengan sakit kepala, demam, kaku otot, mual dan muntah.

Agar aman dikonsumsi, pastikan mengolah daging bekicot sampai benar-benar matang agar parasit di dalamnya mati.

Nah, itulah beberapa manfaat bekicot untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Jangan lupa untuk memasaknya hingga benar-benar matang untuk menghindari infeksi parasit yang dibawanya, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
Berita Terkait
register-docotr