Info Sehat

Kelebihan Kalsium Tidak Baik bagi Tubuh, Ini Gejala yang Perlu Diwaspadai

February 9, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk untuk urusan kalsium. Senyawa ini memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi memiliki kandungan kalsium yang berlebih dalam darah juga bisa berbahaya, lho.

Kalsium sendiri dibutuhkan untuk fungsi normal organ, sel, otot dan saraf. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk pembekuan darah serta yang paling terkenal, kesehatan tulang.

Seperti apa kondisi kelebihan kalsium?

Kelebihan kalsium dalam bahasa medis disebut dengan hypercalcemia. Ini merupakan kondisi saat level kalsium di dalam darah berada di kondisi di atas normal. Ketika kamu mengalami kelebihan kalsium, tubuh justru tidak bisa bekerja dengan normal.

Hypercalcemia ini biasanya disebabkan oleh kelenjar parathyroid yang terlalu aktif. Di dalam tubuh, ada 4 kelenjar parathyroid. Letaknya di leher, dekat dengan kelenjar tiroid

Selain itu, penyebab kelebihan kalsium bisa berasal dari penyakit kanker, kelainan dari obat yang kamu konsumsi dan terlalu banyak asupan kalsium serta suplemen vitamin D.

Seperti apa gejala kelebihan kalsium yang harus diwaspadai?

Kamu mungkin tidak akan menyadari gejala dari kelebihan kalsium kalau kondisi yang menimpa kamu tergolong ringan. Ketika kondisi ini sudah mulai parah, maka gejala yang timbul biasanya tergantung dari bagian tubuh mana yang terdampak.

Secara umum, kamu akan merasakan pusing-pusing dan letih. Secara spesifik, berikut ini adalah gejala yang timbul berdasarkan bagian tubuh yang terdampak:

Ginjal

Terlalu banyak kalsium berbahaya bagi ginjal. Organ yang satu ini akan kesulitan untuk menyaring sampah dalam tubuh sehingga kerjanya menjadi lebih keras.

Jika sudah demikian, kamu akan merasakan gejala sebagai berikut:

  • Rasa haus yang berlebihan
  • Buang air kecil yang berlebihan
  • Timbulnya nyeri di punggung dan salah satu sisi atas abdomen karena timbulnya batu ginjal

Abdomen

Ketika kalsium terlalu banyak, maka saluran pencernaan kamu pun akan terdampak. Berikut ini adalah gejala yang timbul di bagian perut yang mesti kamu waspadai:

  • Mual-mual
  • Nyeri di perut
  • Penurunan nafsu makan
  • Konstipasi
  • Muntah-muntah

Jantung

Meskipun jarang terjadi, terlalu banyak kalsium di dalam darah bisa memengaruhi sistem elektrik jantung, lho! 

Ketika jantung sudah terdampak, maka kamu bisa mengalami palpitasi jantung atau bahkan pingsan. Kondisi ini merupakan pertanda detak jantung yang tidak normal atau aritmia.

Tulang dan otot

Pada banyak kasus, kalsium yang berlebihan di dalam darah bisa luluh dari tulang. Kondisi ini membuat tulang lemah sehingga menyebabkan timbulnya nyeri di tulang, osteoporosis atau pengeroposan tulang hingga patah tulang.

Sementara ketika kondisi kalsium berlebihan berdampak pada otot, maka kamu akan merasakan otot yang melemah, kedutan hingga kram.

Sistem saraf

Hypercalcemia juga bisa berdampak pada saraf. Dalam kondisi ini akan timbul berbagai gejala masalah saraf seperti depresi, hilang ingatan atau lekas marah. Pada kasus yang berat, kamu akan merasa linglung hingga koma.

Kalsium sangat penting bagi fungsi sistem saraf, itu sebabnya hypercalcemia ini dapat menyebabkan kamu linglung atau dementia.

Jika kamu memiliki kanker dan sempat merasakan gejala-gejala di atas, maka sebaiknya segera hubungi dokter atau tenaga kesehatan lain. Pasalnya, sangat jarang kanker dapat menaikkan level kalsium dalam darah. Namun, ketika terjadi, tandanya ini masalah serius.

Seperti apa efek jangka panjang kelebihan kalsium?

Efek jangka panjang kelebihan kalsium sangat tergantung dari penyebab dan seberapa parah kondisi yang kamu alami. Dalam hal ini dokter akan menentukan perawatan yang terbaik yang mesti kamu jalani.

Oleh karena itu, konsultasi kepada dokter secara reguler, lalu pastikan ikuti setiap rekomendasi tindakan dan tes yang mesti kamu jalani. 

Kamu pun bisa melakukan bagianmu dengan melindungi ginjal dan tulang dari kerusakan yang disebabkan hypercalcemia dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Minum air yang banyak untuk tetap terhidrasi
  • Jaga level kalsium tetap rendah
  • Kurangi risiko terciptanya batu ginjal
  • Jangan merokok
  • Olahraga fisik dan peningkatan ketahanan tubuh
  • Ikuti petunjuk suplemen dan obat-obatan yang kamu konsumsi untuk mengurangi kelebihan asupan vitamin D dan kalsium

Demikianlah berbagai gejala dari kelebihan kalsium yang harus kamu waspadai. Selalu jaga kondisi kesehatan dan pola hidup sehat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 08 Februari 2021. Hypercalcemia: Causes, Symptoms, and Treatment
  2. Mayoclinic, diakses 08 Februari 2021. Hypercalcemia – Symptoms and causes
  3. Parathyroid.com, diakses 08 Februari 2021. Hypercalcemia: The Causes and Treatments of Hypercalcemia
    register-docotr