Info Sehat

Daftar Kanker yang Bikin Mimisan dan Perlu Kamu Waspadai

November 11, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Ada beberapa kanker yang dapat menyebabkan mimisan. Sehingga terkadang munculnya darah dari hidung ini tidak selalu merupakan hal yang disebabkan oleh hal sepele seperti udara yang kering.

Mimisan memang tidak berbahaya asalkan tidak sering dan berulang. Beda halnya kalau mimisan sering terjadi, bisa saja merupakan salah satu tanda masalah kesehatan yang serius, salah satunya adalah kanker.

Kenapa ada kanker yang menyebabkan mimisan?

Kurangnya jumlah trombosit menjadi faktor utama yang dapat menyebabkan mimisan. Sementara beberapa pengobatan kanker seperti kemoterapi dalam kasus kanker payudara seperti avastin, pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen dan lainnya menyebabkan penurunan trombosit.

Kondisi ini membuat kamu berisiko terkena hemofilia atau kehilangan darah karena darah yang tidak bisa membeku. 

Kemungkinan mimisan yang parah pada pasien kanker bisa terjadi karena rusaknya lapisan nasal karena membuang ingus terlalu keras, bersin atau tidak sengaja membenturkan hidung.

Apa saja kanker yang menyebabkan mimisan?

Berikut ini adalah beberapa kanker yang dapat menyebabkan mimisan:

Kanker sinus dan nasal

Kanker di bagian hidung ini merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan mimisan. Tipe kanker yang paling umum dari kanker rongga hidung dan sinus paranasal ini adalah squamous cell carcinoma.

Tipe kanker itu biasanya terbentuk di squamous cell (sel yang tipis dan datar) yang melapisi bagian dalam sinus paranasal dan rongga hidung. 

Selain itu, ada beberapa tipe kanker sinus paranasal dan rongga hidung lain, yaitu:

  • Melanoma: Kanker yang terjadi di sel yang bernama melanocyte
  • Sarcoma: Kanker yang terjadi di otot atau jaringan penghubung
  • Inverting papilloma: Tumor jinak yang terbentuk di bagian dalam hidung. Beberapa tumor ini berubah menjadi kanker
  • Midline granuloma: Kanker di jaringan yang yang berada di bagian tengah wajah

Gejala kanker sinus dan nasal

Biasanya, kanker ini akan menyebabkan sakit kepala, mimisan, sumbatan di hidung, benjolan di wajah atau di langit-langit mulut. Selain itu, gejala lain dari kanker ini adalah:

  • Wajah yang mati rasa
  • Bengkak atau masalah lain di mata, seperti penglihatan yang berbayang atau mata menjadi juling
  • Nyeri di gigi bagian atas, gigi menjadi tanggal, hingga gigi palsu yang tidak lagi bisa pas dipakai
  • Nyeri atau tekanan di telinga

Khusus untuk mimisan, Dr. John I Song dalam laman Everyday Health menyebut kalau mimisan yang sering terjadi memang merupakan salah satu tanda adanya masalah kesehatan yang serius.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir kalau mimisan ini hanya terjadi satu bulan sekali. Karena jumlah ini belum cukup sering untuk menunjukkan kalau kamu mengidap kanker rongga hidung.

Multiple myeloma

Multiple myeloma merupakan tipe kanker darah yang dapat menyebabkan mimisan. Kanker ini terjadi di sumsum tulang dan dapat mengganggu beberapa area di tubuh seperti tulang belakang, tengkorak, tulang panggul dan tulang rusuk.

Pada stadium awal, kanker ini tidak menyebabkan gejala apapun. Kanker ini hanya dapat didiagnosis setelah tes darah atau urine yang sering. 

Meskipun demikian, beberapa orang dengan multiple myeloma bisa mengalami ruam dan perdarahan yang tidak biasa, salah satunya adalah mimisan yang sering, perdarahan di gusi dan menstruasi yang terasa berat.

Mimisan dapat dengan mudah terjadi dari tindakan ringan seperti bagian dalam hidung yang tidak sengaja terbentur atau tergores dan ketika kamu terlalu keras buang ingus.

Demikianlah beberapa kanker yang dapat menyebabkan mimisan yang perlu kamu ketahui. Selalu jaga kesehatan tubuh kamu, ya!

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami yang sedia 24/7 di Good Doctor, ya! Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Familydoctor.org, diakses 03 November 2020. Nosebleeds
  2. Northwestern Medicine, diakses 03 November 2020. What is Nasal and Sinus Cancer?
  3. Medanta.org, diakses 03 November 2020. The Link Between Nosebleeds and Cancer
  4. Everyday Health, diakses 03 November 2020. Nasal Cavity Cancer: Risk & Diagnosis
  5. National Health Service, diakses 03 November 2020. Multiple myeloma
    Berita Terkait
    register-docotr