Info Sehat

Jangan Disepelekan, Ternyata Ini Penyebab Kaki Tiba-Tiba Terasa Lemas!

January 15, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kamu pernah merasakan kaki tiba-tiba lemas dan gemetar? Jika pernah, sebaiknya jangan dianggap sepele. Hal itu bisa menunjukkan adanya gejala penyakit tertentu. Berikut ini beberapa penyebab kaki tiba-tiba terasa lemas. 

Apa yang menyebabkan kaki lemas secara tiba-tiba? 

Melansir penjelasan dari laman Live Strong, kelemahan otot bisa sangat mengkhawatirkan. Kekuatan dan kemampuan untuk menggerakkan kaki berasal dari interaksi dua proses.

Ini adalah sinyal saraf yang dikirim ke otot dari otak dan melewati sumsum tulang belakang dan kekuatan intrinsik otot untuk berkontraksi.

Setiap gangguan pada jalur ini di tungkai bawah dapat menyebabkan kelemahan kaki. Karena itu, kelemahan tungkai bisa disebabkan oleh penyakit otot atau penyakit saraf.

Lemahnya otot yang terjadi secara tiba-tiba bisa menjadi tanda kamu mengalami gejala stroke, kondisi yang berpotensi mengancam jiwa di mana bagian otak kekurangan oksigen.

Kaki mendadak lemas bisa jadi pertanda adanya penyakit serius

Berikut beberapa gejala penyakit tertentu yang bisa menyebabkan kaki tiba-tiba terasa lemas seperti dilansir dari laman Live Strong:

Gejala stroke 

Kaki terasa lemas secara tiba-tiba bisa menjadi gejala yang sangat serius, salah satunya menjadi tanda seseorang mengalami stroke. Kaki tiba-tiba lemas sering terjadi pada penderita stroke karena banyak pasien stroke mengalami kerusakan otak. 

Khususnya pada area yang mengontrol sinyal saraf yang dikirim ke kaki. Kerusakan ini mengakibatkan kelemahan atau paresis, yang berarti kelumpuhan total.

Kadang-kadang kaki yang terasa lemas ini dianggap sebagai “beban” oleh pasien stroke. Pasien yang menderita lemahnya tungkai kanan jika pukulan di sebelah kiri, dan sebaliknya. Kelemahan kaki akibat stroke juga dikaitkan dengan kelemahan lengan sisi yang sama.

Tanda-tanda stroke lainnya termasuk terkulai di satu sisi wajah, kesulitan mengangkat satu tangan, dan bicara cadel atau bingung. Apabila kamu mengalami beberapa tanda yang telah dijelaskan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Diabetes

Kaki terasa lemas secara tiba-tiba adalah salah satu dari banyak komplikasi yang dapat diderita oleh penderita diabetes. Terkadang penderita diabetes mengalami suatu bentuk kerusakan saraf yang dikenal sebagai neuropati perifer. 

Kerusakan saraf ini paling sering memengaruhi tungkai bawah dan menyebabkan kelemahan tungkai. Neuropati perifer juga menyebabkan mati rasa.

National Diabetes Information Clearinghouse seperti yang dilansir dari laman Live Strong memperkirakan bahwa sepertiga hingga setengah dari penderita diabetes memiliki neuropati perifer.

Kelumpuhan periodik

Suatu entitas klinis yang dikenal sebagai kelumpuhan periodik keluarga dapat menyebabkan kaki lemas secara tiba-tiba.

Dalam laman Live Strong, menjelaskan kelumpuhan periodik keluarga ini sebagai kondisi turunan langka yang menyebabkan pasien mengalami episode kelemahan ekstremitas parah yang sembuh secara spontan.

Kelumpuhan periodik familial diklasifikasikan berdasarkan hubungannya dengan jumlah kalium dalam darah pasien selama gejala berlangsung.

Rencana perawatan akan ditetapkan untuk pasien menurut apakah dia memiliki kadar kalium yang normal, rendah atau tinggi dalam darahnya selama episode tersebut.

Degenerasi sel saraf

Penyakit neuron motorik adalah sekelompok kelainan di mana sel-sel saraf yang mengendalikan gerakan sadar merosot dan mati. Dalam beberapa jenis, seperti sklerosis lateral primer (PLS), sel saraf yang bertanggung jawab untuk pergerakan di otaklah yang mati.

PLS adalah penyakit progresif yang tidak diketahui penyebabnya di mana terdapat kerusakan spesifik pada sel saraf yang mengontrol pergerakan otot-otot kaki, batang tubuh dan ekstremitas atas. Kelemahan biasanya berkembang dalam urutan tersebut.

Atrofi 

Pengecilan otot, secara medis dikenal sebagai atrofi otot, juga bisa menjadi penyebab kakimu mendadak lemas.

Contoh dari hal ini adalah kelemahan yang dialami pasien patah tulang setelah kakinya tidak digunakan dalam waktu lama. Jenis kelemahan ini dapat dengan mudah diatasi dengan latihan kekuatan dan rehabilitasi.

Baca juga: Kram Kaki saat Tidur Bikin Tidak Nyaman? Ini Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa komplikasi potensial dari kaki yang tiba-tiba lemas?

Lemahnya tungkai kaki secara tiba-tiba bisa disebabkan oleh penyakit serius, kegagalan untuk mencari pengobatan dapat mengakibatkan komplikasi serius dan kerusakan permanen. 

Setelah penyebab yang mendasari didiagnosis, penting bagi kamu untuk mengikuti rencana perawatan, serta desain profesional perawatan kesehatan khususkan untuk kamu, tujuannya guna mengurangi risiko potensi komplikasi termasuk:

  • Kerusakan otak
  • Disabilitas
  • Masalah saraf yang menyebabkan nyeri, mati rasa atau kesemutan
  • Kelumpuhan
  • Nyeri permanen atau kronis.

Cara mengobati kaki yang lemas secara tiba-tiba 

Berdasarkan beberapa contoh kaki lemas di atas, pengobatan tersebut bisa berdasarkan pada penyebab kondisi medis yang menyebabkannya. 

Salah satu contohnya jika disebabkan karena patah tulang di kaki atau masalah pada tulang belakang, maka penanganan lewat pembedahan atau fisioterapi akan membantu meringankan kondisi tersebut.

Jika penyebab kelemahan kaki adalah beberapa gangguan neurologis, maka konsultasi dengan ahli saraf untuk perawatan yang tepat.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Livestrong.com (2019) diakses pada 14 Januari 2021. 5 Serious Causes of Leg Weakness
  2. Medicinenet.com (2019) diakses pada 14 Januari 2021. Weakness: Symptoms & Signs
  3. Healthgrades.com (2021) diakses pada 14 Januari 2021. Leg Weakness 
    register-docotr