Info Sehat

Awalnya Terasa Berat, Tapi Ini Efek Positif Berhenti Merokok yang Bisa Didapatkan!

November 13, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Efek berhenti merokok yang paling awal dirasakan tubuh adalah pusing-pusing dan keinginan yang besar terhadap asupan nikotin. Walau kondisi ini terasa berat, kamu harus bertahan karena lebih banyak manfaat bagi kesehatan ketika berhenti merokok.

Kamu tentu sudah tahu kalau budaya merokok tidak baik bagi kesehatan. Banyak penyakit-penyakit serius yang bisa berkembang di dalam tubuh kalau kamu tidak sesegera mungkin menghentikan kebiasaan buruk ini.

Efek berhenti merokok bagi tubuh

Setelah kamu memutuskan untuk berhenti merokok dan mulai konsisten menjalaninya, ada beberapa efek yang bisa dirasakan oleh tubuh. Di antaranya seperti dalam ulasan berikut ini:

Manfaat berhenti merokok

Berikut ini adalah daftar manfaat berhenti merokok yang bisa kamu rasakan:

Menghentikan siklus adiksi

Dalam waktu satu bulan setelah berhenti merokok, banyak reseptor nikotin di dalam otak akan kembali normal. Kondisi ini akan menghentikan siklus adiksi atau kecanduan yang kamu miliki selama ini.

Sirkulasi darah menjadi lebih lancar

Salah satu efek berhenti merokok adalah sirkulasi darah akan meningkat. Kamu akan mengalami hal ini dalam waktu 2 minggu hingga 12 minggu setelah berhenti merokok.

Dengan memiliki sirkulasi yang lebih baik, kamu akan lebih mudah untuk melakukan aktivitas fisik dan menurunkan risiko dari serangan jantung.

Meningkatkan indra pengecap dan penciuman

Pada dasarnya merokok merusak ujung saraf di hidung dan mulut. Kondisi ini membuat kemampuan pengecap dan penciuman kamu menjadi tumpul.

Oleh karena itu, efek dari berhenti merokok yang akan kamu rasakan adalah kembalinya kemampuan ini dengan tumbuhnya ujung-ujung saraf yang rusak. Kamu akan merasakan peningkatan indra penciuman dan pengecap dalam waktu 48 jam setelah berhenti merokok.

Lebih berenergi

Dengan meningkatnya kemampuan bernapas dan aktivitas fisik, maka oksigen pun akan meningkat di dalam tubuh sehingga kamu akan lebih berenergi.

Meningkatkan sistem imun

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, kalau salah satu dari efek berhenti merokok adalah meningkatnya sirkulasi, naiknya level oksigen serta turunnya kemungkinan inflamasi.

Kondisi-kondisi tersebut akan meningkatkan sistem imun juga, lho! Dengan demikian, kamu tidak akan mudah pilek atau sakit jika sudah berhenti merokok.

Membersihkan gigi dan mulut

Efek negatif dari merokok adalah gigi yang akan menguning, napas yang menjadi bau dan meningkatnya risiko infeksi oral. Seminggu setelah berhenti merokok, kamu akan merasakan dan melihat perbedaan signifikan kesehatan mulut.

Menurunkan risiko kanker

Meskipun efek berhenti merokok ini baru terasa dalam waktu tahunan, tapi berikut ini daftar kanker yang dapat kamu hindari dari berhenti merokok:

  • Kanker paru-paru
  • Kanker esophageal
  • Penyakit kanker ginjal
  • Kanker buli-buli
  • Kanker pankreas

Keluhan sementara saat mulai berhenti merokok

Untuk bisa konsisten berhenti merokok, siap-siap untuk menghadapi beberapa perubahan dari dalam tubuh, ya. Perubahan ini bisa sangat mengganggu untuk sebagian orang. Ada juga yang bahkan merasa mereka menderita flu setelah berhenti merokok.

Hal itu disebabkan karena pada dasarnya merokok memengaruhi setiap sistem di dalam tubuh. Sehingga ketika kamu berhenti merokok, tubuh membutuhkan waktu untuk membiasakan diri untuk tidak menerima nikotin.

Tapi tenang saja, kondisi ini bersifat sementara dan efek positifnya sudah menunggu kamu ketika kamu mampu bertahan. Berikut ini adalah efek samping sementara saat awal berhenti merokok yang perlu kamu ketahui:

Sakit kepala dan mual-mual

Merokok memengaruhi setiap sistem di dalam tubuh. Sakit kepala, mual serta gejala lainnya adalah hal yang biasa terjadi ketika kamu nikotin mulai hilang dari dalam tubuh.

Kesemutan di tangan dan kaki

Ketika sirkulasi mulai meningkat, kamu akan merasakan kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki.

Batuk-batuk dan sakit tenggorokan

Kamu bisa menderita dua efek samping ini karena paru-paru mulai membersihkan diri dari lendir dan sampah yang disebabkan oleh rokok.

Terasa semakin bergantung pada nikotin

Kamu mengalami ketergantungan terhadap nikotin ketika merokok. Maka wajar tubuh akan menagih asupan zat ini setelah kamu berhenti merokok, kondisi ini akan mencapai puncak dalam waktu dua hingga empat minggu setelah berhenti merokok.

Demikianlah berbagai efek berhenti merokok yang perlu kamu ketahui. Jangan takut untuk berhenti karena banyak manfaat kesehatan yang menunggu kamu!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline, diakses 04 November 2020. Benefits of Quitting Smoking and a Quit Smoking Timeline
  2. National Health Service, diakses 04 November 2020. Quit smoking
    register-docotr