Info Sehat

Penting! Ini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Mengganggu

September 21, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Bau mulut tak sedap pasti akan membuat kamu malu dan canggung untuk bersosialisasi dengan orang lain. Kalau sudah begini, apa yang biasanya kamu lakukan untuk menghilangkan bau mulut?

Bau mulut sendiri sebenarnya diderita oleh 25% masyarakat dunia. Ada banyak penyebab bau mulut, mayoritas karena kebersihan mulut yang tidak terjaga.

Sebenarnya cara untuk menghilangkan bau mulut ini relatif mudah, yaitu dengan mengubah pola hidup, seperti rajin menjaga kebersihan mulut, hingga berhenti merokok.

Namun, jika bau mulut masih saja terjadi dan tak kunjung hilang, maka kamu bisa segera mengunjungi doktermu, ya!

Penyebab bau mulut

Setiap hari mulut penuh dengan bakteri yang bertahan hidup dengan memakan sisa makanan di dalam mulut. Ketika bakteri tersebut memecah makanan, mereka akan melepaskan gas berbau busuk yang menjadi penyebab bau mulut.

Selain sisa makanan, pada beberapa kasus, masalah kesehatan seperti Gastroesophageal reflux disease (GERD), atau ketoacidosis, juga bisa menjadi penyebab bau mulut.

Bau mulut juga banyak terjadi pada anak-anak, karena mereka tidak terbiasa atau belum bisa menyikat gigi secara rutin dan baik. Hal ini membuat sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi tempat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak.

Alergi, pilek, dan sinusitis kronis yang menyebabkan lendir postnasal, juga bisa menjadi penyebab paling umum dari bau mulut pada anak-anak. Jika tidak ditangani dengan segera, gangguan kesehatan ini bisa berkembang menjadi lebih berat seperti timbul karies, dan penyakit mulut lainnya.

Baca Juga: Demam Berdarah: Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Cara menghilangkan bau mulut secara alami

Dilansir dari Healthline, beberapa cara alami juga bisa dipakai untuk mengurangi gejala bau mulut, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Peterseli

Peterseli adalah obat tradisional yang populer digunakan untuk menghilangkan bau mulut secara alami. Aroma segar dan kandungan klorofilnya yang tinggi, terbukti efektif membuat napas menjadi harum dan segar.

Kamu bisa memakai peterseli untuk menghilangkan bau mulut secara alami hanya dengan mengunyahnya secara langsung.

Jus nanas

Selain rasanya segar, ternyata meminum segelas jus nanas organik setelah setiap makan, atau mengunyah irisan nanas selama satu hingga dua menit juga bisa membantu mengatasi bau mulut. Jangan lupa untuk membilas mulut dari gula yang terdapat dalam buah dan jus yang kamu minum, ya.

Air

Kekeringan mulut seringkali menyebabkan bau mulut yang parah. Ini karena air liur memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan mulut. Tanpanya, bakteri berkembang biak. Jadi cegah mulut kering dengan menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi.

Minum air putih sepanjang hari dipercaya akan membantu mendorong produksi air liur yang dibutuhkan untuk menghindari terjadinya bau mulut.

Menggunakan pasta dan benang gigi

Salah satu penyebab kamu bisa menderita bau mulut adalah plak yang menumpuk di gigimu. Plak ini dapat menjadi tempat bakteri berkumpul dan makanan tersangkut yang kalau didiamkan akan berakibat buruk bagi kesehatan gigimu.

Setidaknya kamu akan mengosok gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi sekali sehari. Apabila kamu lebih peduli pada bau mulutmu, maka kedua hal itu bisa dilakukan lebih sering, lho!

Perlu diingat, jangan melakukannya secara berlebihan. Menggosok gigi secara keras juga ternyata juga bisa membuatnya lebih rentan rusak.

Cara menghilangkan bau mulut dengan berkumur

Di samping membuat napasmu menjadi lebih segar, obat kumur juga dapat memberikan perlindungan ekstra gigimu dari bakteri, lho!

Namun, yang lebih penting, kamu harus pastikan obat kumur yang kamu pilih dapat membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut, jangan hanya tergiur oleh kemampuannya membuat wangi dan segar mulut saja.

Berkumur setiap hari dipercaya dapat menghilangkan bau mulut sampai ke akarnya. Selain itu, berkumur dengan air putih biasa setelah makan juga dapat menahan penyebab bau mulut dengan menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigimu.

Menghilangkan bau mulut dengan menjaga kebersihan lidah

Lapisan permukaan lidah yang terbentuk secara natural ternyata dapat menjadi area berkumpulnya bakteri pembuat bau mulut, lho. Untuk menghilangkannya, kamu bisa saja menyikat lidahmu secara lembut dengan sikat gigimu.

Apabila sikat gigimu terlalu besar untuk dapat menggapai pangkal lidah, kamu bisa menggunakan scraper.

Menurut mantan presiden American Dental Hygienist’ Association, Pamela L. Quinones, menggunakan scrapert ini bisa menyingkirkan bakteri, sisa makanan, dan sel-sel yang mati yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Cara menghilangkan bau mulut dengan menghindari makanan asam

Bawang bombay dan bawang putih adalah dua hal yang akan membuatmu merasa bersalah ketika memakannya. Karena sekalipun kamu menggosok gigi setelah makan dua bahan makanan itu, baunya tidak akan hilang dari mulutmu.

Hal ini dikatakan Richard Price, DMD, dari American Dental Association dikarenakan zat yang membuat mereka bau sudah masuk ke dalam aliran darahmu dan masuk juga ke pembuluh darah di paru-paru sehingga napasmu pun akan menjadi bau.

Cara paling mudah adalah tidak memakan dua bahan makanan ini. Atau kalau kamu tidak bisa lepas dari keduanya, setidaknya kamu bisa menghindari mereka saat kamu akan berangkat kerja atau bertemu dengan kolegamu.

Enyahkan kebiasaan merokok

Di samping menyebabkan kanker, merokok pun dapat merusak gusimu, membuat gigi menjadi bernoda, dan membuat mulutmu menjadi bau.

Meskipun tidak mudah untuk berhenti, tapi kamu bisa berkonsultasi dengan doktermu untuk dapat memulai program untuk berhenti merokok.

Cara menghilangkan bau mulut dengan permen karet

Bakteri di mulutmu sangat menyukai manis. Oleh karena itu, kamu harus menghindari konsumsi makanan mengandung gula setelah makan, karena dia dapat melapisi gigimu dan menyebabkan bau mulut.

Yang paling mudah adalah mengunyah permen karet yang bebas gula setelah kamu makan. Karena permen karet akan menghasilkan saliva, mekanisme pertahanan alami yang digunakan oleh mulut untuk melawan asam plak.

Baca Juga: Cefixime: Dosis Obat hingga Efek Samping yang Bisa Dirasakan

Jaga kesehatan gusi

Penyakit gusi dapat menyebabkan bau mulut. Pada umumnya bakteri akan berkumpul di kantung di pangkal gigi yang menyebabkan bau mulut.

Apabila kamu memiliki penyakit gusi, dokter gigi biasanya akan merekomendasikanmu untuk berkunjung ke periodontist, ahli yang dapat menyembuhkan penyakit gusimu.

Obat bau mulut

Apabila setelah menjaga kebersihan mulut dengan baik, kamu masih mengalami masalah kesehatan ini. Alangkah lebih baik jika kamu berkonsultasi pada dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Dilansir dari Drugs, jika bau mulut yang kamu alami ternyata disebabkan oleh gangguan kesehatan tertentu, dokter biasanya akan memberikan beberapa jenis obat.

Salah satunya adalah obat kumur yang mengandung agen antibakteri. Misalnya seperti cetylpyridinium chloride (Cepacol), chlorhexidine (Peridex) atau hidrogen peroksida.

Produk-produk tersebut bertujuan untuk membunuh kuman penyebab bau mulut dan menyegarkan nafas. Jika bau mulut disebabkan oleh GERD, kemungkinan besar dokter akan meresepkan obat-obatan penghambat H2, penghambat pompa proton (PPI), atau antasida.

Selain itu, bisa jadi dokter juga akan melengkapi obat bau mulut yang diberikan, dengan pasta gigi, semprotan mulut, atau pilihan lain yang dianggap perlu.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2018) diakses 05 Mei 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/166636#what-is-bad-breath
  2. Webmd.com (2015) diakses 05 Mei 2020. https://www.webmd.com/oral-health/features/get-rid-bad-breath#1
  3. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath, https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath#home-remedies diakses pada 21 September 2020
  4. Bad Breath Be Gone: Steps To Improve Your Halitosis, https://www.drugs.com/slideshow/bad-breath-be-gone-1100#:~:text=Many%20medicines%20are%20associated%20with,high%20doses)%20are%20also%20culprits. diakses pada 21 September 2020
    Berita Terkait
    register-docotr