Covid-19

10 Makanan untuk Imunitas Tubuh, Bantu Tangkal COVID-19

May 26, 2020 | Santi Andriani | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Pantau perkembangan situasi pandemi COVID-19 di Indonesia melalui situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Menjaga daya tahan tubuh penting agar tubuh tidak mudah terserang berbagai penyakit, termasuk COVID-19 yang tengah mewabah. Daya tahan tubuh juga tergantung dari makanan yang dikonsumsi, karenanya penting untuk mengonsumsi makanan untuk imunitas tubuh.

Ada banyak makanan yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Bahkan di antaranya sangat mudah kita dapatkan baik di pasar tradisional maupun modern dengan harga yang terjangkau.

Kandungan gizinya yang tinggi membuat tubuh mendapat asupan yang cukup untuk membentuk antibodi yang bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Ini Beragam Jenis dan Fungsi Vitamin yang Perlu Kamu Tahu

Makanan untuk imunitas tubuh membantu menangkal virus corona

makanan untuk imunitas tubuh
Makanan untuk imunitas tubuh. Foto: medical News Today.

Berikut adalah daftar 10 makanan yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah tertular COVID-19.

1. Makanan untuk imunitas tubuh blueberry

Blueberry mengandung senyawa bioaktif jenis flavonoid yang disebut antosianin. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Menurut para peneliti, orang yang mengonsumsi makanan kaya flavonoid, seperti blueberry, lebih kecil kemungkinan terkena infeksi saluran pernapasan atas atau pilek, daripada mereka yang tidak.

2. Cokelat Hitam

makanan untuk imunitas tubuh
Cokelat hitam untuk kekebalan tubuh. Foto: Healtline.

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine. Zat ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kamu dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Walau begitu, cokelat hitam juga dikenal memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, sehingga mengonsumsinya terlalu banyak dapat meningkatkan risiko obesitas dan berbagai penyakit lainnya..

3. Ikan berminyak

Mengonsumsi jenis ikan berminyak, seperti ikan salmon, tuna, dan mackerel juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu karena kandungan asam lemak omega 3, 6, dan 9 yang tinggi.

Selain meningkatkan imunitas, konsumsi jenis ikan berminyak juga bisa membantu pertumbuhan sel otak, menjaga kesehatan jantung, mangatasi nyeri sendi, , dan mencegah kanker.

4. Bayam

makanan untuk imunitas tubuh
Bayam untuk kekebalan tubuh. Foto: https://pixabay.com

Sayur bayam mengandung berbagai nutrisi penting, antioksidan, dan beta-karoten yang bisa meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Beberapa nutrisi penting yang ditemukan dalam bayam, seperti flavonoid, karotenoid, vitamin C, dan Vitamin E.

Meski kaya nutrisi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin mengonsumsi bayam, seperti hindari memasak bayam terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak banyak menghilang dan jangan pula membiarkan bayam yang sudah matang dibiarkan terlalu lama karena dapat mengeluarkan racun.

5. Brokoli

Brokoli mengandung serat, vitamin A, C, E, dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena alasan ini, brokoli menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur untuk mendukung daya tahan tubuh kamu.

Mirip seperti bayam, brokoli sebaiknya jangan dimasak terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak banyak yang menghilang. Bahkan jika perlu, konsumsi brokoli dalam keadaan mentah, namun sudah dicuci terlebih dahulu, untuk memperoleh manfaat yang maksimal.

6. Jahe

Jahe. Sumber foto : Shutterstock

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena sifat anti-inflamasinya, jahe dapat membantu mengurangi berbagai peradangan, seperti meredakan sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya.

Selain itu, jahe juga bisa membantu mengurangi mual. Karenanya jahe sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Bawang putih

Bawang putih adalah obat rumahan yang umum digunakan untuk meredakan pilek, sakit gigi, dan berbagai penyakit lainnya. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang berfungsi sebagai antibiotik dan antijamur yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan kuman.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, bawang putih juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mencegah kanker.

8. Almond

Kacang almond juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena kacang almond mengandung banyak nutrisi dan mineral penting yang baik untuk menjaga kesehatan kamu, seperti serat, mangan, magnesium, dan vitamin E.

Konsumsi setengah cangkir kacang almond, atau sekitar 46 almond utuh yang dikupas,  menyediakan hampir 100 persen dari jumlah vitamin E harian yang disarankan.

9. Makanan untuk imunitas tubuh pepaya

Pepaya baik untuk mencegah virus. Sumber gambar : shutterstock.com

Pepaya adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Pepaya memiliki jumlah kalium, vitamin B, dan folat yang cukup untuk menjaga kesehatan kamu secara keseluruhan.

Selain itu, pepaya juga mengandung enzim pencernaan yang disebut papain. Enzim ini memiliki sifat anti-inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Mimisan pada Anak: Penyebab dan Cara Mengatasinya

10. Makanan untuk imunitas tubuh teh Hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, teh hijau juga mengandung flavonoid, yaitu senyawa mirip antioksidan yang dapat membantu memperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas, mengurangi risiko masuk angin, hipertensi, dan diabetes.

Di samping mengonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, kamu juga perlu melakukan sejumlah langkah pencegahan agar tidak tertular virus COVID-19.

Misalnya, mengenakan masker saat berada di ruang publik, cuci tangan lebih sering, tidak menyentuh wajah, dan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Medical News Today (2018) diakses 15 April 2020. The best foods for boosting your immune system
  2. Healthline (2019) diakses 15 April 2020. 15 foods that boost the immune system
  3. Medical News Today (2020) diakses 15 April 2020. Why is ginger good for you?
  4. Healthline (2016) diakses 15 April 2020. How garlic fights colds and the flu
  5. Everyday Health (2020) diakses 15 April 2020. 5 ways garlic boosts immunity
  6. Diet Doctor (2020) diakses 15 April 2020. Boosting your immune system to fight the coronavirus: what you need to know

 

    Berita Terkait
    register-docotr