Kehamilan

Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil: Meredakan Nyeri Hingga Mengusir Insomnia

July 24, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Menjaga kesehatan tubuh saat hamil adalah hal yang harus dilakukan. Selain menjaga kesehatan dengan cara makan makanan sehat, ibu hamil juga perlu melakukan olahraga. Salah satu yang sangat membantu adalah yoga untuk ibu hamil.

Yoga untuk ibu hamil biasanya juga disebut dengan prenatal yoga. Dengan gerakan khusus untuk wanita hamil, prenatal yoga memiliki berbagai manfaat untuk melewati masa kehamilan hingga waktu persalinan tiba. Apa saja manfaat tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Bumil Jangan Stres, Yuk Terapkan Yoga agar Lebih Bahagia

5 manfaat yoga untuk ibu hamil yang perlu diketahui

Yoga untuk hamil sebaiknya dilakukan tiga hingga lima kali dalam seminggu. Akan lebih baik lagi jika ibu hamil bisa melakukannya rutin setiap hari.

Dilansir dari Healthline.com, melakukan yoga selama 30 menit secara rutin akan membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Selain itu, ibu hamil akan merasakan kelima manfaat berikut ini.

1. Membantu melatih pernapasan

Yoga untuk ibu hamil akan fokus pada gerakan peregangan ringan dan juga pada latihan pernapasan. Latihan napas ini akan membantu ibu hamil terhindar dari sesak napas selama kehamilan. Selain itu, latihan pernapasan juga akan membantu ibu saat mengalami kontraksi.

Ketika kontraksi, ibu hamil cenderung tegang dan panik menghadapi rasa sakit. Saat panik, napas akan menjadi pendek-pendek dan itu menyebabkan sakit semakin parah dan dapat menguras tenaga. Dengan latihan pernapasan, ibu hamil akan lebih tenang selama masa kontraksi.

Hal paling penting, dengan pernapasan yang teratur dan tenang saat kontraksi, secara tidak langsung ibu hamil telah menghemat tenaganya. Kemudian tenaga tersebut bisa digunakan sepenuhnya saat proses melahirkan dimulai.

2. Mengatasi rasa tidak nyaman

Ibu hamil umumnya akan merasakan nyeri punggung, seiring bertambah besarnya janin. Beberapa bagian tubuh juga terasa tidak nyaman, seperti bahu, pinggang dan kaki. Yoga untuk ibu hamil membantu untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Ibu hamil akan dilatih untuk melakukan postur tubuh yang baik dan gerakan peregangan lembut pada leher dan juga lengan, yang dapat membantu mengatasi sakit atau tidak nyaman pada bagian tubuh tertentu selama kehamilan.

3. Membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak

Berdasarkan salah satu artikel Americanpregnancy.org, sebanyak 78 persen ibu hamil mengalami insomnia atau gangguan tidur. Pada ibu hamil, insomnia disebabkan oleh banyak hal, seperti:

  • Perubahan hormon
  • Sakit punggung
  • Tidak nyaman karena perut yang semakin membesar
  • Sering buang air kecil
  • Juga gelisah.

Sementara yoga akan membantu melemaskan otot-otot dan membantu meredakan nyeri pada tubuh ibu hamil. Latihan pernapasan saat yoga juga akan membantu ibu dalam mengelola rasa gelisahnya. Semua itu akan membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak.

4. Menguatkan otot tubuh

Gerakan yoga dilakukan dengan lembut dengan tujuan melatih kekuatan otot-otot ibu hamil, menambah kelenturan otot dan juga melatih keseimbangan.

Gerakan ini akan membuat ibu hamil merasa lebih bugar dan juga lebih kuat. Jika secara rutin dilakukan, gerakan yoga juga dapat menambah daya tahan otot yang dibutuhkan untuk persalinan.

Baca Juga: Tempat Gym Tutup, Lakukan 5 Olahraga Ini di Rumah agar Tetap Bugar

5. Manfaat yoga untuk ibu hamil

Ibu hamil seringkali mengalami stres, dan umumnya stres muncul karena terlalu mengkhawatirkan proses melahirkan. Dalam kondisi tersebut, ibu hamil butuh teman untuk berbagi kekhawatirannya.

Mengikuti kelas yoga adalah kesempatan yang baik. Karena saat latihan dapat bertemu dengan ibu hamil lainnya dan dapat berbagi kekhawatiran. Ibu hamil juga berkesempatan untuk menerima masukan dari pelatih atau sesama peserta yoga untuk mengatasi kekhawatirannya.

Demikian lima manfaat yoga bagi ibu hamil. Jika ingin mencobanya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter dan pastikan mengikuti yoga khusus ibu hamil. Mengikuti kelas yoga pada umumnya, memungkinkan ibu hamil mendapat gerakan yang tidak sesuai.

Selain itu pastikan untuk tidak memaksakan diri dan tidak berlebihan dalam berolahraga. Jika merasa terlalu lelah, atau sampai mengalami sakit di bagian perut dan adanya perdarahan vagina, lebih baik hentikan latihan dan konsultasikan kondisi tersebut pada dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mayoclinic.org diakses 20 Juli 2020 Prenatal yoga: What you need to know
  2. Americanpregnancy.org diakses 20 Juli 2020 Prenatal Yoga 
  3. Healthline diakses 20 Juli 2020 What Exercises Are Safe in the Second Trimester? 
    Berita Terkait
    register-docotr