Awas 4 Makanan Ini Mengandung Kolesterol Tinggi, Wajib Dihindari saat Puasa

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Memenuhi asupan gizi yang seimbang saat menjalani ibadah puasa merupakan hal yang penting. Ada baiknya, hindarilah makanan kolesterol tinggi saat puasa.

Asupan gizi yang seimbang dan menghindari makanan berkolestrol tinggi dapat menjaga tubuh kalian tetap sehat dan bugar dalam menjalani berbagai macam aktifitas.

Untuk menjaga daya tahan tubuh saat puasa sebaiknya makanlah makanan yang sehat dan hindari makanan yang dapat berbahaya bagi tubuh. Makanan berkolestrol tinggi sangat dianjurkan untuk dihindari karena dapat meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh kita.

Baca Juga: Sulit Melihat saat Berkendara di Malam Hari? Cek, Mungkin Ini Penyebabnya

Efek sering mengonsumsi makanan kolesterol tinggi saat puasa

Kolesterol sendiri merupakan zat lunak yang dapat ditemukan dalam darah. Tubuh kalian membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat.

Akan tetapi seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi membuat kolesterol yang terdapat pada darah meningkat dan dapat menimbulkan penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat mengakibatkan endapan lemak yang berada di pembuluh darah berkembang sehingga menyulitkan aliran darah yang masuk ke arteri.

Endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi dapat diwariskan secara genetik, akan tetapi lebih banyak kasus yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Diet yang sehat, memilih makanan yang bergizi, serta olahraga teratur dapat mengurangi resiko kolesterol yang tinggi.

Baca juga: Mudah dan Alami, Begini 8 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Apa saja makanan kolesterol tinggi saat puasa yang harus dihindari?

Memilih makanan yang sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka puasa sangat dianjurkan. Makanan sehat membuat tubuh kita tetap kuat saat menjalani puasa. Sebaliknya, makanan yang mengandung kolesterol yang tinggi harus dihindari.

Untuk menghindari makanan berkolesterol tinggi sebaiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja makanan yang masuk ke dalam daftar makanan berkolesterol tinggi. Berikut daftar makanan berkolesterol tinggi yang harus dihindari:

1. Makanan dengan kandungan lemak trans

Lemak trans yang terkandung dalam makanan tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol jahat, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang baik bagi tubuh. Lemak trans merupakan lemak yang paling berbahaya bagi tubuh.

Pada tahun 2018, Amerika Serikat memberikan larangan nasional terhadap lemak trans. Beberapa kota telah melarang penggunaan lemak trans untuk digunakan dalam makanan di beberapa restoran.

Adapun beberapa makanan yang mengandung lemak trans adalah:

  • Kue kering
  • Donat
  • Keripik kentang
  • Crackers
  • Biskuit kaleng
  • Pop corn mentega

2. Say no to fast food!

Bagi kalian para pecinta fast food atau makanan cepat saji sebaiknya kalian hindari makanan ini pada saat berpuasa. Fast food biasanya merupakan makanan yang dibuat dengan cara digoreng. Misalnya saja hamburger, kentang goreng, pizza, dan sebagainya.

Kolesterol jahat akan mengalami peningkatan dalam tubuh karena kandungan lemak dari makanan yang digoreng dan terlalu berminyak akan meningkatkan terjadinya resiko terkena penyakit kardiovaskuler atau yang lebih dikenal sebagai penyakit jantung.

3. Telur dan daging olahan

Telur merupakan sumber protein dan nutrisi lain. Disamping memiliki kandungan protein dan nutrisi lain, telur juga memiliki jumlah kolesterol yang tinggi.

Namun, berbeda dengan lemak jenuh, kandungan kolesterol yang terdapat pada telur tidak terlalu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya, konsumsilah telur dalam jumlah yang wajar.

Selain itu, kamu pun juga harus menghindari daging olahan seperti sosis, nugget, dan olahan daging lainnya yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhmu.

Sebuah studi menyebutkan bahwa 50 gram daging olahan yang dikonsumsi per hari dikaitkan dengan resiko terkena penyakit jantung sebesar 42% lebih tinggi. Jika kalian tetap ingin mengkonsumsi daging olahan saat puasa, pilihlah daging tanpa lemak yang kadar kolesterolnya lebih rendah.

Baca Juga: Ramadan Tiba, Ini 6 Persiapan Puasa Ketika Lockdown

4. Hindari makan seafood

Seafood atau hidangan laut merupakan salah satu makanan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Udang yang dimasak memiliki kadar 59,8 miligram kolesterol, lobster yang dimasak memiliki kadar 41,4 miligram kolesterol, sedangkan kepiting memiliki kadar 29,8 miligram kolesterol.

Mengkonsumsi seafood secara berlebihan tentu saja sangat tidak baik bagi tubuh karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Akan tetapi, sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Aetherosclerosis pada Novermber 2017 menyebutkan mengkonsumsi ikan berminyak dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik bagi tubuh.

Lebih baik lagi jika kalian ingin mengkonsumsi ikan, konsumsilah ikan yang dimasak dengan cara direbus agar lebih aman.

Nah, sudah tahu bukan makanan berkolesterol tinggi apa saja yang harus dihindari saat sahur dan berbuka? Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih makanan ya agar kamu tetap sehat saat berpuasa.

Menjaga makanan saat berpuasa memang sangat penting. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami untuk bertanya seputar kondisi kesehatanmu melalui Aplikasi Grab Health.

Live Strong. Diakses pada tanggal 22 April 2020. Seafood That Is High Cholesterol

Mayo Clinic. Diakses pada tanggal 22 April 2020. High Cholesterol 

Medical News Today. Diakses pada tanggal 22 April 2020. Foods with High Cholesterol to Avoid and Include 

Verrywell Health. Diakses pada tanggal 22 April 2020. Foods to Limit or Avoid on a Low-Cholesterol Diet

 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin