Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Gula aren sudah banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki kandungan nutrisi tinggi. Namun, tahukah kamu, bahwa gula aren juga memiliki banyak manfaat lain?

Gula aren terbuat dari nira pohon enau yang diolah secara tradisional dan kemudain dicetak dengan batok kelapa. Gula ini dikenal sebagai gula alami karena melibatkan pemrosesan minimum dan tidak ada penggunaan bahan kimia.

Saat ini, banyak masyarakat yang beralih menggunakan gula aren dibandingkan dengan gula putih karena diklaim lebih menyehatkan.

Kandungan nutrisi gula aren

Gula aren. Sumber foto: https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Gula aren mengandung mineral seperti kalium, fosfor, zinc, zat besi, mangan, serta tembaga.

Gula ini juga mengandung sejumlah kecil fitronutrien, seperti polifenol, flavonoid, serta antioksidan. Gula aren kaya akan vitamin B, terutama inositol (Vit8) yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel sehat, seperti tiamin, riboflavin, asam folat dan kolin.

Nutrisi lain yang terkandung dalam gula ini juga mencakup 16 asam amino yang juga terdapat dalam getah pohon dari pohon aren. Asam amino sendiri merupakan bahan pembangun protein dan dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perbaikan sel.

Baca juga: Cara Mengatasi Gula Darah Tinggi yang Aman dan Sehat

Manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh

Berikut adalah manfaat gula aren yang dirangkum dari Health Benefits Times yang perlu kamu ketahui.

1. Sumber mineral

Gula aren memang kaya akan kandungan mineralnya. Mineral yang ditemukan dalam gula aren berasal dari molase yang ditambahkan ke gula.

Molase sendiri merupakan sumber mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Molase biasanya digunakan untuk mencegah atau mengobati anemia selama kehamilan.

2. Meredakan nyeri menstruasi

Siapa sangka bahwa gula aren juga dapat membantu meredakan nyeri atau kram menstruasi.

Kalium yang ditemukan dalam molase dapat membantu untuk mengendurkan otot, termasuk otot rahim dan memudahkan kontraksi yang terjadi selama menstruasi.

3. Merawat kesehtan kulit

Selain dapat memberikan rasa pada hidangan, gula aren juga sangat bermanfaat untuk perawatan kulit. Gula ini merupakan bahan penting dalam sejumlah produk perawatan kulit.

Gula aren dapat membantu untuk menghaluskan kulit serta dapat membantu menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati.

3. Membantu mencegah obesitas

Gula aren dianggap sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena dapat membantu mencegah obesitas. Hal ini dikarenakan gula aren mengandung lebih sedikit kalori jika dibandingkan dengan gula putih.

4. Dapat meningkatkan energi

Manfaat lain dari gula aren adalah dapat meningkatkan energi. Manfaat ini sama dengan manfaat yang juga dimiliki oleh gula putih.

Gula aren akan memberikan dorongan energi alami untuk waktu yang singkat, serta dapat memberikan kekuatan sementara.

5. Meningkatkan fungsi pencernaan

Gula aren juga dapat memberikan manfaat kesehatan pada sistem pencernaan. Meminum air yang direbus dengan jahe dan sedikit gula merah dapat membantu untuk mengobati sembelit.

6. Dapat mencegah asma

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, gula aren juga memiliki manfaat lainnya, yakni dapat mencegah terjadinya asma.

Untuk orang yang menderita penyakit asma sangat direkomendasikan untuk mengganti gula putih dengan gula aren. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki sifat antialergi.

Baca juga: Penting! Segala Sesuatu Tentang Asma yang Wajib Kamu Tahu

Gula aren memang memiliki banyak sekali manfaat, untuk itu jika kamu ingin membuat tubuhmu semakin sehat kamu dapat memilih untuk mengganti gula putih dengan gula aren.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Healthline (2018). Diakses pada 01 Juni 2020. Coconut Sugar – A Healthy Sugar Alternative or a Big, Fat Lie? 

Brilio.net (2018). Diakses pada 01 Juni 2020. Bentuknya Mirip, Ini Bedanya Gula Jawa, Gula Aren, dan Gula Palem

Health Benefits Times. Diakses pada 01 Juni 2020. Brown Sugar Facts and Benefits 

NDTV Foods (2017). Diakses pada 01 Juni 2020. What Is Palm Sugar? Is It Really Good for You?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin