10 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol, Ada yang Kamu Suka?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Ada beberapa jenis makanan untuk menurunkan kolesterol yang bisa kamu rutin konsumsi. Selain menyehatkan, makanan-makanan ini juga mudah diolah, lho.

Jenis makanan ini mengandung serat yang sifatnya mudah larut dan mengikat kolesterol, serta membuangnya keluar dari tubuh.

Seperti diketahui, tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa menyebabkan lemak menumpuk di pembuluh darah dan memiucu sumbatan, yang berakhir pada risiko penyakit jantung dan stroke.

Jenis-jenis makanan untuk menurunkan kolesterol

Apa saja ya jenis makanan yang bisa kamu konsumsi guna membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh? Berikut daftarnya:

1. Kacang polong

Mengonsumsi kacang polong bisa menghindarkan kamu dari kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kacang polong selain rendah lemak juga kaya akan serat.

Selain itu, kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah.

2. Kelapa

Mengonsumsi daging buah kelapa beserta airnya tidak hanya akan mengganti cairan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Konsumsi kelapa juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Brokoli

Makanan untuk menurunkan kolesterol selanjutnya adalah brokoli. Mengonsumsi beberapa potong brokoli bisa membantu menurunkan kolesterol jahat.

Brokoli adalah salah satu sayuran yang banyak mengandung serat. Sayuran ini bisa kamu olah dengan cara direbus atau dikukus sebentar.

 4. Kentang

Kentang juga bisa menjadi alternatif makanan untuk menurunkan kolesterol. Umbi kaya serat ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai salah satu menu pengganti nasi putih.

Satu buah kentang berukuran sedang memiliki sekitar 5 gram serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

5. Terong

Sayuran ini juga direkomendasikan sebagai makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Terong seberat 94 gram bisa mengandung serat sebanyak 2,4 gram.

6. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat larut, sehingga dapat menjadi salah satu makanan penurun kolesterol jahat dalam tubuh. Serat larut ini mampu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Mengonsumsi 5-10 gram atau lebih serat larut sehari dapat mengurangi kolesterol jahat. Satu porsi sereal sarapan dengan oatmeal yang mengandung 3-4 gram serat, bisa membantu kadar kolesterol dalam darah tetap terkendali.

7. Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga banyak mengandung serat, sehingga baik untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Antioksidan yang terkandung di dalam sayuran hijau seperti bayam mampu mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

8. Kale

Selain bayam, sayuran hijau lain yang juga kaya serat dan mampu menurunkan kolesterol yakni kale. Bahkan tak cuma serat, kale juga dikenal mengandung lutein dan karotenoid yang terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

9. Bawang putih

Di Indonesia, bawang putih populer sebagai bumbu wajib yang hampir ada di dalam setiap masakan. Nah, selain jadi bumbu masak, bawang putih yang mengandung allicin juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

10. Wortel

Wortel juga mengandung tinggi serat untuk memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran cerna, yang pada akhirnya membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

Pola hidup sehat untuk menurunkan kolesterol

Selain dengan mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kolesterol, pola hidup yang sehat juga penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berikut beberapa pola hidup yang bisa diterapkan:

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Pada akhirnya, kondisi ini membantu melancarkan sirkulasi darah dan juga menstabilkan tekanan darah.

2. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Luangkan waktu setidaknya luangkan 30 menit sehari, paling tidak 5 kali dalam seminggu untuk merasakan manfaatnya.

Untuk mengetahui dan berkonsultasi tentang kadar kolesterol di dalam tubuh, kamu bisa menghubungi dokter dengan mengakses Good Doctor atau Grab Health Apps.

 

– Mayoclinic, Cholesterol: Top foods to improve your numbers, diakses 14 Juli 2020

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-cholesterol/in-depth/cholesterol/art-20045192

 

– Healthline, 13 Cholesterol-Lowering Foods to Add to Your Diet, diakses 14 Juli 2020

https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-that-lower-cholesterol-levels

 

– Medicalnewstoday, What should my cholesterol level be at my age, diakses 14 Juli 2020  https://www.medicalnewstoday.com/articles/315900.php

 

– Medicinenet, Beans, Lentils, Peas: Your Recipe for Lower Cholesterol, diakses 14 Juli 2020

https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=177788

 

– WebMD, Super Foods for Lower Cholesterol and Heart Health, diakses 14 Juli 2020

https://www.webmd.com/diet/features/top-foods-lower-cholesterol#1

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin