Jangan Dulu Stres, Begini Cara Mengatasi Posisi Bayi Sungsang

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

Tahu kalau kita akan menjadi seorang ibu tentu hal yang sangat membahagiakan, tapi bagaimana kalau ternyata posisi bayi kita sungsang? Ketika tahu posisi bayi sungsang, jangan dulu stres ya Moms, karena ada beberapa cara mengatasi posisi bayi sungsang sebelum persalinan tiba.

Posisi bayi yang diketahui sungsang, masih bisa bergerak menjadi posisi normal dengan beberapa cara yang dapat mendorong bayi untuk bergerak. Penasaran seperti apa saja cara mengatasi posisi bayi sungsang? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Batuk Terus-menerus? Waspada, Bisa Jadi Itu Gejala Awal TB Paru!

Mengenal posisi bayi sungsang

Posisi bayi sungsang adalah saat kepala bayi yang seharusnya berada di panggul tapi justru vertikal dengan kepala berada di atas rahim, membelakangi jalur lahir. Setidaknya ini dialami sekitar 3 sampai 4 persen dari kehamilan. 

Pada kehamilan normal, bayi akan dengan sendirinya mengubah posisi dengan kepala mendekati jalur lahir. Jika bayi mengalami sungsang, proses bersalin normal akan sedikit sulit, dan biasanya dianjurkan proses caesar.

Ada tiga tipe sungsang, yaitu:

  • Sungsang total
  • Frank sungsang
  • Footling sungsang

Posisi bayi sungsang dapat diketahui dengan pemeriksaan kehamilan atau dengan USG.

Ilustrasi tipe posisi bayi sungsang. Foto www.spinningbabies.com

Cara mengatasi posisi bayi sungsang

Moms jika ternyata bayi berada dalam posisi sungsang, jangan dulu stres dan sedih, ya. Menurut data sekitar 30 persen bayi sungsang pada 30-32 minggu, hanya 3 persen yang masih sungsang pada saat term (37 minggu).

Itu artinya, Moms masih bisa membuat bayi berada pada posisi normal sebelum dilahirkan.  Berikut ini cara mengatasi posisi bayi sungsang yang bisa Moms coba.

1. ECV

ECV atau external cephalic version, adalah cara mengatasi posisi bayi sungsang dengan bantuan dokter. Dokter akan memanipulasi posisi bayi dengan mendorong perut dengan tangannya secara hati-hati.

Jangan takut, cara ECV aman, karena sebelum dan sesudah prosedur dokter akan memeriksa organ vital bayi. 

Menurut literatur medis, ECV memiliki tingkat keberhasilan sekitar 40 hingga 70 persen. ECV juga tidak memakan waktu yang lama, hanya beberapa menit tapi metode ini bisa membuat kamu merasa sakit.

2. Mengangkat pinggul

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengubah posisi bayi sungsang adalah dengan mengangkat pinggul setinggi 30 cm. Kamu bisa menggunakan bantal untuk melakukannya. Pastikan posisi badan telentang dengan lutut ditekuk dan kaki tetap menapak.

Lalu untuk menjaga posisi selipkan beberapa bantal di bawah punggung dan pada kepala, lakukan ini secara rutin 3 kali sehari selama 10 hingga 15 menit. 

3. Cara mengatasi posisi bayi sungsang dengan menyetel musik

Saat kandungan memasuki minggu ke-15, bayi sudah mulai bisa mendengar suara dari luar perut. Nah, kamu bisa membuat si bayi bergerak dengan suara-suara musik.

Cobalah dengan headphone putar lagu-lagu lembut, lakukan ini secara bertahap mulai dari sisi perut, lalu bergerak ke panggul ketika bayi sudah mulai bergerak.

4. Temperatur

Tidak hanya dapat merespons suara, bayi juga dapat merespons suhu loh Moms. Coba letakkan sesuatu yang dingin di bagian atas perut kamu di mana kepala bayi berada. Lalu, letakkan sesuatu yang hangat (tidak panas) di bagian bawah perut kamu.

Itu bisa mendorong bayi untuk bergerak ke sumber hangat.

5. Menerapkan terapi

Cara mengatasi posisi janin sungsang yang lain adalah dengan terapi. Kamu bisa mencoba moxibustion atau juga yang disebut moxa. Ini sebuah pengobatan tradisional Cina yang digunakan untuk mencoba mengubah janin sungsang.

Metodenya adalah dengan membakar tongkat yang disebut moxa yang terbuat dari ramuan yang disebut mugwort.

Setelah dibakar, lalu diletakan di titik akupresur kamu. Ini dapat memengaruhi aliran energi dalam tubuh kamu, mendorong bayi untuk berbalik.

Metode ini aman tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak memiliki efek samping yang merugikan. Cara ini bisa kamu lakukan ketika memasuki minggu ke 34, untuk durasi terapi bisa 15 menit sampai 60 menit.

6. Chiropractics atau teknik webster 

Ini adalah cara mengatasi asimetri di panggul dan tulang pinggul. Metode ini adalah tentang meluruskan kembali panggul dan mengoptimalkan ruang untuk penurunan janin. Seperti yang kita tahu, selama di dalam kandungan, bayi bergerak, dan geraknya mulai terbatas. 

Ketika badannya semakin membesar dan ketika tidak ada cukup ruang lagi untuk bergerak, maka itu bisa menyebabkan janin sungsang.

Baca Juga: Muncul Benjolan Kecil di Depan Vagina? Bisa Jadi Akibat Kista Bartholin

7. Cara mengatasi posisi bayi sungsang dengan mengubah posisi berbaring

Cobalah untuk mengubah posisi dengan memiringkan tubuh ke kanan dan ke kiri sambil berbaring. Ini karena, dengan mengubah-ubah posisi, panggul kamu menjadi fleksibel dan membantu bayi untuk bergerak. 

Coba juga tidur dengan posisi menghadap sebelah kiri agar membuat sirkulasi darah lancar.

Itulah beberapa cara mengatasi posisi bayi sungsang yang bisa kamu coba. Jika saat mencoba cara di atas kamu mengalami nyeri, tidak nyaman, atau terganggu, segera hentikan metode tersebut dan berkonsultasi dengan dokter.

Punya pertanyaan lebih lanjut mengenai cara mengatasi posisi bayi sungsang? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Caranya, buka aplikasi Grab kemudian pilih fitur Kesehatan, atau langsung klik di sini.

First Cry Parenting (2018). Diakses pada 05/07/20. Turning a Breech Baby Naturally

Family Doctor (2018). Diakses pada 05/07/20. Breech Babies: What Can I Do if My Baby is Breech?

Today Parents (2018). Diakses pada 05/07/20. 7 ways to turn a breech baby

Very Well Family (2020). Diakses pada 05/07/20. 6 Ways to Turn a Breech Baby

Baby Center (2019). Diakses pada 05/07/20. How can I turn my breech baby naturally?

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin