Suka Makan Jengkol Tapi Enggak Sama Baunya? Jangan Bingung, Hilangkan dengan Cara Ini!

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin

‘Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol’, apakah informasi ini yang sedang kamu cari di mesin pencari? Ya, setelah membaca artikel ini, kamu mulai bisa menerapkan cara-cara untuk menghilangkan aroma jengkol yang tertinggal di mulut.

Meskipun memiliki aroma yang tidak sedap, jengkol tetap dicintai oleh banyak orang. Lalu, bagaimana caranya, yuk, lanjutkan membaca artikel di bawah ini.

Baca juga: Kenali Penyebab Bau Mulut yang Bikin Kamu Minder

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol

Jengkol yang memiliki nama latin archidendron pauciflorum adalah tumbuhan khas yang berada di wilayah Asia Tenggara. Biji jengkol banyak diolah menjadi berbagai menu makanan seperti yang sering kamu temukan saat ini.

Meskipun jengkol difavoritkan oleh banyak orang, tetapi aroma jengkol yang menyengat terkadang dapat membuat tidak percaya diri lho. Namun, tak perlu khawatir, karena kamu dapat mencoba cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol di bawah ini.

1. Menyikat gigi

Penumpukan plak di dalam gigi dapat menyebabkan bakteri terkumpul di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang terperangkap di dalam gigi juga dapat menyebabkan masalah ini.

Menyikat gigi tidak hanya dapat mencegah penumpukan plak dan penyebab bau saja, tetapi menyikat sekaligus membersihkan gigi dengan benang (flossing) juga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi.

2. Gunakan obat kumur

Untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang ditinggalkan oleh jengkol, kamu juga dapat mencoba cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dengan obat kumur lho.

Tak hanya dapat membuat napas lebih segar, obat kumur juga dapat meningkatkan perlindungan ekstra dengan cara menyingkirkan bakteri. Rasa mint menyegarkan yang dimiliki oleh obat kumur dapat membuatmu lebih nyaman.

Selalu pastikanlah obat kumur yang kamu pilih dapat membunuh kuman penyebab bau mulut ya.

3. Mengunyah permen karet

Menghilangkan bau mulut dengan permen karet merupakan cara yang terpopuler dan paling mudah dilakukan.

Permen karet dengan pemanis alami atau xylitol dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Menguyah permen karet dapat membantu mulut untuk memproduksi air liur, yang mana hal ini dapat membantu membuang makanan dan bakteri dari gusi dan lidah.

Maka dari itu, jika kamu tidak nyaman dengan aroma yang dikeluarkan oleh jengkol tak ada salahnya lho menguyah permen karen untuk menghilangkan baunya.

4. Membersihkan lidah

Tak hanya menyikat gigi saja yang penting, membersihkan lidah pun penting untuk dilakukan jika kamu ingin menghilangkan aroma jengkol.

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghilangkannya, kamu dapat menyikat lidah dengan lembut menggunakan sikat gigi.

Jika sikat gigimu terlalu besar untuk menjangkau bagian belakang lidah, sebaiknya gunakanlah pembersih lidah khusus.

Pembersih lidah dirancang khusus untuk memberikan tekanan yang merata di seluruh permukaan area lidah. Ini dapat membantu untuk menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati.

5. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C

Vitamin C adalah sumber yang bagus untuk mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, beri, dan melon dapat membantu untuk mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh jengkol.

Tak sampai disitu saja, vitamin C juga dapat membantu mencegah infeksi gusi, yang pada akhirnya dapat meminimalkan bau mulut.

6. Meminum susu

Cara menghilangkan bau mulut setelah konsumsi jengkol selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan meminum segelas susu. Susu memiliki sifat yang menetralkan yang mana hal ini dapat membantumu untuk mengurangi aroma yang tidak sedap dari jengkol.

Baca Juga: Penting! Ini 7 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Mengganggu

7. Konsumsi banyak air putih adalah cara menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol

Bau mulut setelah makan jengkol juga dapat dihilangkan dengan meminum air putih yang cukup. Air putih dapat membantu untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri penyebab utama bau mulut. Oleh karenanya, air putih dapat mengendalikan bau mulut.

Pastikan selalu meminum air putih dalam jumlah yang cukup sebanyak 6-8 gelas setiap hari ya, ini berguna untuk menghindari mulut kering.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut yang perlu kamu tahu. Jika jengkol menjadi menu favorit, tak perlu khawatir lagi akan baunya, yuk coba cara menghilangkan bau mulut seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Punya pertanyaan lain terkait masalah ini? Silakan chat kami melalui Aplikasi Grab Health. Dokter terpercaya kami siap membantumu selama 24/7.

Delta Dental (2018). Diakses pada 27 September 2020. 9 Ways to Stop Bad Breath

Dr. Q (2010). Diakses pada 27 September 2020. 5 Top Foods Preventing Bad Breath

Listerin. Diakses pada 27 September 2020. Top 5 Treatments for Bad Breath

Merdeka.com (2019). Diakses pada 27 September 2020. 5 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Setelah Memakannya 

Webmd (2015). Diakses pada 27 September 2020. What You Can Do About Bad Breath 

Webmd (2018). Diakses pada 27 September 2020. What Causes Bad Breath? 

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on linkedin