Menyusui

Rentan Terjadi pada Ibu Menyusui, Kenali Ciri-ciri Mastitis Payudara Sejak Dini

July 7, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Ario W. Pamungkas
no-image

Mastitis merupakan salah satu kondisi yang sering dialami oleh ibu menyusui. Kondisi ini dapat mengganggu pemberian ASI pada si kecil karena rasa tidak nyaman yang disebabkannya. Sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri mastitis payudara.

Kondisi masitis ini merupakan peradangan jaringan payudara akibat infeksi. Mastitis dapat menyebabkan payudara penderitanya berwarna merah, panas, serta terasa sakit.

Baca Juga: Kulit Gatal seperti Terbakar Bisa Jadi Kena Penyakit Eksim, Kenali Penyebabnya

Penyebab mastitis payudara

Infeksi pada payudara ini tidak terjadi begitu saja dan disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah penyebab mastitis payudara.

  • Saluran susu yang tersumbat: Jika payudara tidak sepenuhnya kosong saat menyusui, salah satu aliran ASI dapat tersumbat. Penyumbatan dapat menyebabkan ASI kembali, sehingga menyebabkan infeksi payudara
  • Bakteri masuk ke dalam payudara: Bakteri dari permukaan kulit dan mulut bayi dapat memasuki saluran susu melalui celah di kulit puting susu atau melalui lubang saluran susu. Susu yang stagnan di payudara yang tidak dikosongkan dapat menyediakan tempat berkembang biak bagi bakteri.

Meskipun sering dialami oleh ibu menyusui, tidak menutup kemungkinan bahwa mastitis juga dapat dialami oleh pria.

Adapun penyebab mastitis pada pria di antaranya disebabkan oleh merokok, kerusakan pada puting, implan payudara, sistem kekebalan tubuh yang lemah, atau bahkan akibat mencabut rambut di sekitar puting.

Baca juga: Payudara Sakit saat Ditekan? Mungkin Ini Penyebabnya

Ciri-ciri mastitis payudara

ciri-ciri mastitis payudara
Kondisi payudara ibu menyusui yang terkena mastitis. Foto: https://www.aboutkidshealth.ca

Sama seperti penyakit kebanyakan, mastitis juga memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dimiliki oleh penderitanya. Ciri-ciri mastitis payudara ini harus selalu diawasi dan diperhatikan.

Sebaiknya jika Moms mengalami ciri-ciri mastitis payudara di bawah ini, segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah ciri-ciri mastitis payudara.

1. Merah dan bengkak pada payudara

Ciri-ciri mastitis payudara yang utama sehingga mudah dikenali adalah area yang berwarna merah dan bengkak pada penderitanya. Tak hanya itu saja, payudara mungkin juga akan terasa panas dan sakit ketika disentuh.

2. Ciri-ciri mastitis payudara yakni penebalan jaringan payudara atau benjolan payudara

Benjolan pada payudara dapat timbul karena beberapa penyebab, salah satunya adalah mastitis. Jika Moms menderita kondisi ini, Moms mungkin saja akan memiliki benjolan pada payudara. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya penebalan pada kelenjar ASI payudara.

3. Rasa sakit saat menyusui

Ciri-ciri mastitis payudara yang lainnya adalah sakit saat menyusui. Jika bayi menyusui dengan benar, Moms mungkin akan mengalami 30 hingga 60 detik rasa sakit dari puting susu dan areola yang ditarik ke dalam mulut bayi, biasanya rasa sakit tersebut dapat mereda.

Namun jika rasa sakit terasa secara terus menerus atau hanya pada saat menyusui saja, Moms harus mewaspadai hal ini karena bisa saja itu merupakan tanda mastitis.

4. Keluar cairan pada payudara adalah salah satu ciri-ciri mastitis payudara

Keluar cairan pada payudara sebenarnya banyak dialami oleh wanita dari waktu ke waktu dan ini mungkin saja merupakan hal yang normal. Jika hal ini terjadi pada pria ini bukanlah hal yang normal.

Akan tetapi jika payudara mengeluarkan cairan berwarna putih atau mengandung garis-garis darah sebaiknya segeralah hubungi dokter, karena hal tersebut merupakan ciri-ciri dari mastitis payudara.

5. Memiliki gejala demam

Moms juga mungkin saja dapat mengalami gejala demam, seperti suhu tinggi hingga 37,5° Celcius, meriang, serta kelelahan.

Moms juga dapat merasa lelah, pegal-pegal, serta kedinginan yang mengira bahwa Moms terserang flu. Seseorang yang menderita mastitis terkadang mengalami demam lalu diikuti rasa nyeri pada payudara.

Baca Juga: Bintik Merah pada Kulit, Yuk, Kenali Jenis dan Penyebabnya

6. Abses payudara

Jika mastitis tidak segera diobati, abses payudara dapat terbentuk. Abses payudara sendiri adalah penumpukan nanah di payudara. Biasanya ini menyebabkan kulit terlihat merah dan bengkak, dan terasa hangat dan sakit saat disentuh.

Jika Moms mengalami kondisi ini sebaiknya segeralah hubungi dokter sebelum timbul komplikasi yang lebih serius.  

Ciri-ciri mastitis payudara harus selalu diperhatikan dan diwaspadai. Sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter dan segera mengobati mastitis jika Moms memiliki ciri-ciri yang telah disebutkan di atas.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Ask Dr Sears. Diakses pada 27 Juni 2020. Mastitis 

Kids Health (2015). Diakses pada 27 Juni 2020. Breastfeeding FAQs: Pain and Discomfort 

Healthline (2018). Diakses pada 27 Juni 2020. What Causes Lumps in Breasts of Breastfeeding Women? 

Mayo Clinic (2018). Diakses pada 27 Juni 2020. Mastitis

NHS (2019). Diakses pada 27 Juni 2020. Mastitis

NHS (2018). Diakses pada 27 Juni 2020. Nipple Discharge

Raisingchildren.net.au (2018). Diakses pada 27 Juni 2020. Blocked Milk Ducts, Mastitis, and Breast  Abscess 

    Berita Terkait
    register-docotr