Gizi Anak

Moms, Intip Trik Menyiapkan Bekal Sehat saat Si Kecil Mulai Sekolah Tatap Muka

November 5, 2021 | Dewi Nurfitriyana | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Beberapa bulan terakhir, sebagian sekolah telah melangsungkan pertemuan tatap muka (PTM) terbatas. Kendati hal ini disambut gembira oleh para orang tua, namun kebijakan tersebut juga menyisakan beberapa dilema.

Salah satunya adalah bagaimana menyiapkan bekal makanan yang sehat selama pandemi masih berlangsung. Apalagi kantin sekolah mungkin belum dibuka, dan jajan di luar pun masih belum diperbolehkan.

Yuk, simak artikel di bawah untuk mengetahui tips menyiapkan bekal anak selama sekolah di masa pandemi seperti sekarang.

Baca juga: Masih Was-Was Jajan di Luar, Ini 4 Tips Menyajikan Bekal Sehat untuk WFO

Apa saja yang perlu diperhatikan saat menyiapkan bekal?

Dilansir dari Standar Pangan, pada dasarnya nutrisi yang perlu ada dalam setiap menu makanan anak sekolah adalah karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

Selain itu Moms juga perlu memerhatikan jumlah kalori yang tersedia dalam bekal makanan tersebut. Pemerintah sendiri sudah menentukan kebutuhan kalori anak melalui standar angka kecukupan gizi (AKG).

Untuk anak usia 7 sampai 9 tahun misalnya, jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari ada pada kisaran angka 1850 kkal.

Moms bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyiapkan bekal makanan yang mengandung sekitar 550-650 kalori, atau sekitar 1/3 dari kalori yang dibutuhkan mereka dalam sehari.

Tips menyajikan bekal sekolah agar tidak membosankan selama pandemi

Terkadang anak-anak menyisakan atau bahkan tidak memakan bekalnya sama sekali karena merasa bosan. Untuk mengatasi hal ini, Moms bisa mencoba beberapa tips berikut.

1. Sajikan sumber nutrisi secara bergantian dan olah dengan cara beragam

Kemas bekal dengan berbagai nutrisi untuk mendukung kekebalan tubuh mereka. Pastikan untuk selalu menyertakan sumber karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air secara seimbang.

Agar tidak terasa monoton, gunakan jenis makanan secara bergantian dan olah pula dengan cara yang berbeda-beda. Ini akan mencegah si Kecil merasa bosan, sekaligus memberikan pengetahuan tentang jenis makanan yang bermacam-macam.

2. Cobalah bereksperimen dengan bumbu-bumbu

Membuat anak gemar makan sayur terkadang menjadi tantangan yang begitu sulit. Untuk menyiasati ini selama anak melakukan PTM terbatas, Moms bisa mencoba bereksperimen dengan bumbu-bumbu tertentu.

Tidak ada salahnya menambahkan sedikit garam atau kaldu agar bekal makanan anak terasa lebih menggugah selera. Bahkan, Moms juga boleh memberikan saus, atau topping yang renyah saat menyajikan sayuran pada bekal mereka.

3. Lengkapi dengan camilan yang sehat

Camilan baik untuk anak-anak karena membantu mereka tetap fokus di sekolah dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Aturan praktis yang mudah untuk camilan yang tepat, adalah memadukan makanan kaya protein dengan yang tinggi karbohidrat. Termasuk lemak sehat untuk meredakan rasa lapar lebih lama.

Untuk memenuhi hal tersebut, Moms bisa menyiapkan buah-buahan segar dengan yogurt, biskuit dengan keju, atau roti yang dioles dengan selai kacang secara bergantian.

4. Jangan lupakan air minum

Jumlah air yang dibutuhkan anak-anak bervariasi tergantung pada usia, ukuran, dan tingkat aktivitas mereka.

Anak berusia di bawah 8 tahun disarankan minum air putih minimal 4-6 gelas. Sementara anak-anak yang lebih tua dari itu dianjurkan minum minimal 6-8 gelas sehari.

Untuk memenuhinya, Moms bisa membekali si Kecil dengan air putih, susu, maupun jus buah-buahan yang tidak memakai gula tambahan.

Beberapa jenis makanan untuk bekal si Kecil dan nutrisinya

Dilansir dari HCSD.org, berikut adalah beberapa ide bekal makanan dan perkiraan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Moms bisa mencoba memadukannya sebagai bekal makan si Kecil selama menjalani PTM terbatas di sekolah.

Jenis makananTakaran penyajianKarbohidratKaloriproteinTotal lemakGaramGulaSerat
Roti putih2 lembar281404 gr2 gr280 mg4 gr 
Keju4 lembar2 gr20010 gr18 gr900 mg2 gr 
Nugget ayam5 potong14 gr18013 gr8 gra450 mg1 gr2 gr
Jus apel118 ml14 gr60  10 mg14 gr 
Bakso6 butir5 gr17016 gr9 gr490 mg1 gr2 gr

Ide menu bekal anak yang sehat sekaligus unik

Membekali anak dengan makanan yang sehat adalah salah satu upaya untuk menjaga mereka terhindar dari paparan virus Corona. Agar si Kecil semangat memakannya, Moms bisa berkreasi dengan beberapa contoh berikut:

1. Roti isi berbentuk hewan

Via Justonecookbook, 2021

Anak-anak kecil biasanya menyukai makanan berbentuk hewan. Oleh karena itu, Moms bisa membuat semacam roti isi yang dibentuk berbagai binatang.

Gunakan bahan-bahan yang sederhana, seperti roti, keju, ham, telur, dan sayuran. Dengan begitu si Kecil akan semangat melahap isi bekalnya.

2. Sandwich telur mayones

Via Justonecookbook, 2021

Jika Moms memiliki kesibukan yang padat, membuat sandwich salad telur yang sederhana dan lezat bisa menjadi solusi bekal untuk si Kecil. Caranya cukup masak telur dan sajikan bersama roti dan saus mayones.

3. Ayam goreng dan brokoli

Via Justonecookbook, 2021

Daging ayam adalah salah stau sumber protein yang baik untuk perkembangan anak. Saat hendak menjadikannya bekal sekolah, Moms bisa menyajikannya dengan telur dadar gulung, brokoli, tomat, bayam tumis, dan bola nasi. Yummy!

Baca juga: Catat 6 Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Sering-Sering Makan Mi Instan

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Standar Pangan diakses pada 5 November 2021

Michigan.gov diakses pada 5 November 2021

Telethon Kids Institute diakses pada 5 November 2021

Harvard.edu diakses pada 5 November 2021

Healthy Kids diakses pada 5 November 2021

HCSD.org diakses pada 5 November 2021

LA Times diakses pada 5 November 2021

Eating well diakses pada 5 November 2021

Jusconecook diakses pada 5 November 2021

    register-docotr